Ciri-ciri Hard Disk Yang Rusak Dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri Hard disk Yang Rusak Dan Cara Mengatasi Nya - harddisk merupakan salah satu komponen pc yang biasa kita pergunakan untuk menyimpan data pekerjaan kita di dalam komputer. Tanpa adanya harddisk di dalam komputer kita maka kita tidak akan bisa menjalankan komputer kita karena tidak adanya tempat penyimpanan data sistem operasi di komputer.

Ciri-ciri Hardisk Yang Rusak Dan Cara Mengatasi Nya

Oleh karena itu harddisk merupakan bagian yang paling berbahaya jika terjadi kerusakan karena di dalam sebuah harddisk terdapat semua data-data penting kita seperti data pekerjaan, lagu, film dan foto kenangan yang telah kita simpan di dalamnya.

Karena saking pentingnya fungsi harddisk maka kita harus waspada dengan ciri-ciri hardisk rusak yang akan newbie berikan berikut ini.

Cara mengetahui hard disk yang rusak

Komputer lambat

Hal yang paling terasa saat hardisk sudah mulai rusak adalah komputer kamu akan berjalan sangat lambat atau lemot. Jika kamu merasakan hal ini maka disarankan kamu untuk bersiap-siap untuk membeli hardisk baru atau kamu harus melakukan pengecekan hard disk kamu.

Selain itu kamu juga bisa mengikuti tips cara mengatasi laptop lemot agar laptop kamu bisa berjalan seperti laptop baru kamu beli 

Beberapa data file kamu rusak

Jika hard disk kamu akan rusak maka salah satu pengaruhnya adalah pada data yang di simpan di dalam hard disk kamu. Beberapa file ayang kamu simpan di dalam hard disk akan mengalami kerusakan atau corrupt dan tidak dapat kamu buka lagi.

Jika kamu mengalami hal seperti di atas kamu tidak perlu panik, karena kamu bisa mengembalikan data kamu yang di harddisk dengan cara mengembalikan data pada harddisk

Keluar suara aneh dari hard disk

Jika kamu dengarkan dengan seksama akan keluar suara aneh yang terjadi di dalam hard disk yang kamu pergunakan. Suara tersebut berbunyi seperti "Kretek-kretek" secara terus menerus dan agak kencang bunyinya.

Baca Juga
Sukses Mengembalikan Data Yang Hilang Dengan Easeus Data Recovery Wizard

 

Mengalami Blue Screen

Kamu tidak bisa login ke komputer kamu dikarenakan hard disk kamu rusak dan komputer kamu tidak akan mau booting atau bahkan mengalami blue screen. sekali pun kamu sudah melakukan install ulang, biasanya kasus seperti ini akan tetap terjadi.

Hasil cek dengan software tidak sehat

Kamu bisa mengecek hard disk kamu dengan menggunakan software cek harddisk gratis yang bisa kamu install di komputer kamu dan pastikan harddisk kamu lolos pengecekan. karena jika tidak, kamu harus siap-siap untuk membeli harddisk baru.

Cara mengatasi hard disk yang rusak

Jika kamu mengetahui hard disk kamu sudah mengalami kerusakan, kamu bisa memperbaiki dengan langkah-langkah yang akan newbie berikan berikut ini

Pasang harddisk di komputer lain

Coba cabut hard disk yang mengalami kerusakan lalu sambungkan hard disk tadi ke komputer lain yang kondisinya normal. Kamu bisa menyambungkan hard disk ini dengan menggunakan konektor sata to usb yang di jual di pasaran atau kamu bisa menyambungkan langsung di komputer teman kamu atau bisa juga menggunakan HDD Dock.

Backup data kamu

Setelah kamu berhasil menjalankan harddisk kamu atau kamu masih bisa mengakses data-data kamu, maka yang wajib kamu lakukan sekarang ini adalah membackup semaksimal data-data yang kamu harus selamatkan.

Kamu bisa menggunakan software backup harddisk yang sudah newbie berikan pada artikel yang ada di website ini 

Format hard disk dengan low level format

Setelah semua data sudah kamu backup maka langkah selanjutnya adalah melakukan format hard disk kamu dengan menggunakan aplikasi low level format atau kamu bisa memformat hard disk kamu dengan menggunakan aplikasi bawaan windows kamu.

Baca Juga
AOMEI Partition Assistant Software Gratis Untuk Partisi Harddisk

Tes kembali

Setelah kamu melakukan format hard disk kamu maka tahap terakhir adalah kamu bisa mengecek kambali hard disk kamu dengan menggunakan aplikasi cek hard disk. Kamu bisa berdoa jika hard disk kamu tidak rusak sehingga kamu bisa menggunakan hard disk kamu kembali.

Namun setelah melakukan format kamu tidak bisa mendapatkan hard disk kamu kembali maka sudah dapat di pastikan bahwa hard disk kamu sudah rusak dan kamu tidak dapat memperbaikinya selain menggantinya dengan yang baru.

Dengan menggunakan cara di atas maka kamu pasti tidak akan mengetahui jika hard disk kamu akan mengalami kerusakan. Dengan begitu kamu pasti akan mempersiapkan diri agar data penting yang ada di dalam komputer atau laptop kamu tidak hilang bersama dengan hard disk yang telah rusak.

Sekian tutorial dari newbie kali ini dengan judul Ciri-ciri Harddisk Yang Rusak Dan Cara Mengatasinya. Semoga artikel saya kali ini dapat membantu rekan-rekan sekalian. terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri-ciri Hard Disk Yang Rusak Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya