-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

[Solved] Webcam dan Mic Laptop Tidak Berfungsi Saat Zoom Meeting, 2 Cara Atasinya

Saat zoom meeting tiba-tiba webcam dan juga mic laptop tidak berfungsing sehingga orang lain tidak dapat melihat video dan juga mendengar suara kita.

Cara Atasi Webcam Laptop dan Mic tidak berfungsi Saat Menggunakan Zoom

Cara Atasi Webcam Laptop dan Mic tidak berfungsi Saat Menggunakan Zoom - Di era serba digital seperti saat ini, banyak dari kita menggunakan zoom meeting untuk melakukan rapat internal atau external tanpa harus keluar kantor.

Apa lagi saat covid-19 merebak, banyak kantor-kantor yang melakukan ajuran pemerintah untuk bekerja dan berkegiatan di rumah saja (Work From Home).

Karena banyak yang WFH maka banyak kantor-kantor tutup dan mereka melakukan meeting dengan menggunakan aplikasi google meet, microsoft teams dan yang paling terkenal adalah zoom.

Aplikasi zoom meeting saat ini memang sudah banyak sekali para penggunanya di seluruh dunia.

Sehingga untuk melakukan meeting digital banyak yang bilang meeting zoom padahal kadang kita menggunakan aplikasi lain seperti meet dan juga teams.

Untuk itulah banyak dari kita yang menggunakan aplikasi zoom untuk melakukan meeting jarak jauh jadinya kita tidak perlu lagi bertatap muka.

Namun kadang ada saja kendala saat kita melakukan zoom meeting salah satunya di mana mic laptop dan juga webcam bawaan laptop tidak berfungsi saat zoom.

Pastinya itu sangat menyusahkan kita dimana di saat tersebut kita akan melakukan meeting yang sangat penting dengan atasan atau bahkan dengan client kita.

Kebetulan newbie baru saja mengalaminya dimana webcam laptop berfungsi dengan baik namun di layar tampilannya hanya hitam saja seperti terhalang dengan sesuatu.

Dan mic laptop juga tidak berfungsi dengan baik dan kamu mendapatkan pesan error "Faild to detect your microphone and speaker. Please make sure your devices are properly connected".

Jika kamu mengalami hal di atas maka newbie akan memberikan kamu cara mengatasi error zoom yang satu ini.

Baca Juga 7 Tips memilih Web Cam / Kamera Web Untuk Sekolah Dan Meeting Online

Cara atasi Webcam dan juga mic tidak berfungsi di zoom

Saat mengalami pesan error zoom, newbie menggunakan laptop merek HP, dimana laptop ini tidak bisa digunakan saat zoom meeting.

Error yang newbie hadapi adalah webcam tidak berfungsi dan hanya menampilkan layar hitam saja selama meeting zoom.

Mic laptop juga tidak berfungsi dengan menampilkan pesan error "Failed to detect your microphone and speaker. Please make sure your devices are properly connected".

Untuk webcam saya juga mencoba dengan menggunakan webcam bawaan dan juga webcam usb dengan merek logitech.

Namun kedua webcam tersebut juga mengalami masalah yang sama di mana hanya menampilkan layar hitam selama zoom berlangsung.

Namun anehnya hal ini terjadi saat setelah kita melakukan update zoom meeting ke versi 5.12.2

setelah update ke versi tersebut tiba-tiba mic dan juga webcam laptop tidak berfungsi dengan baik saat melakukan zoom meeting.

Untuk mengatasinya kamu bisa update atau down grade zoom meeting ke versi sebelumnya dimana saya menggunakan versi 5.10.

Di versi 5.10, mic dan juga webcam dapat berfungsi dengan baik dan sangat lancar digunakan untuk melakukan zoom meeting.

Cara downgrade versi zoom meeting

Jika kamu sudah terlanjur melakukan update zoom meeting ke versi 5.12 maka jalan satu-satunya adalah dengan cara melakukan downgrade software zoom.

Untuk itu kamu terlebih dulu harus melakukan uninstall zoom meeting terlebih dulu sebelum kamu menginstall versi sebelumnya.

Cara uninstall software di windows 10 sangat mudah kamu bisa melakukannya tanpa harus menjadi orang IT

Setelah kamu melakukannya kamu bisa install old versi dari zoom meeting, di sini saya sarankan untuk install zoom meeting versi 5.11 agar lebih aman.

Untuk download versi old dari zoom meeting kamu bisa langsung saja ke download old version zoom meeting.

Setelah kamu download maka kamu sudah bisa mencoba untuk melakukan zoom meeting kembali dengan rekan kerja kamu.

Baca juga Trik Cara Rubah Tampilan Background Di ZOOM

Mematikan update zoom meeting

Lankah selanjutnya dalah kamu bisa mematikan update zoom meeting agar zoom meeting yang sudah ada di laptop kamu tidak terupdate ke versi 5.12.

Namun cara ini bisa di bilang tidak bagus karena kemungkinan ada update penting yang mewajibkan kita harus melakukan update versi terbaru aplikasi zoom.

Untuk mematikan update zoom meeting kamu bisa simak langkah-langkahnya di cara mematikan update zoom meeting.

Banyak kasus yang menyebabkan hal ini terjadi pada zoom meeting, salah satunya adalah bug yang terdapat pada update zoom meeting.

Update ini mungkin terlewat oleh bagian quality control dari developer zoom meeting sehingga terjadi hal speerti ini.

Bagi kamu yang sedang mengalami hal ini maka kamu bisa melakukan langkah-langkah yang newbie berikan di atas untuk memperbaiki zoom meeting yang sedang kamu pergunakan saat ini.

Sekian dulu tutorial newbie kali ini dengan judul [Solved] Webcam dan Mic Laptop Tidak Berfungsi Saat Zoom Meeting, Ini Cara Atasinya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "[Solved] Webcam dan Mic Laptop Tidak Berfungsi Saat Zoom Meeting, 2 Cara Atasinya"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel