-->

7 Tips memilih Web Cam / Kamera Web Untuk Sekolah Dan Meeting Online

WebCam adalah sebuah alat komunikasi yang bisa kita pakai untuk melakukan video call dengan menggunakan komputer atau laptop dengan berbagai aplikasi seperti Zoom, Skype, Cisco Webex dan berbagai aplikasi rapat online lainnya.



Tips memilih Web Cam / Kamera Web Untuk Meeting Online - Untuk kamu yang sering menggunakan aplikasi video call pasti tidak akan lepas dari perangkat yang bernama webcam / kamera web.

Perangkat ini mampu membantu kamu untuk tetap bisa berhubungan dengan teman yang berada di jarak yang jauh.

Saat ini produsen webcan sudah cukup banyak sehingga banyak sekali variasi dari webcam yang bisa kamu pilih.

Untuk kamu yang ingin membeli webcam newbie akan memberikan tips memilih wabcam yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Baca Juga
Cara Reset Printer Epson L405 All In One Wifi Printer

Panduan memilih webcam

Jika kamu ada rencana untuk membeli webcam dengan tujuan untuk mempermudah kamu sekolah online atau rapat online di kantor.

Sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal agar kamu tidak salah memilih webcam agar hasil video yang di hasilkan cukup jernih dan bagus.

Berikut ini beberapa hal yang wajib kamu perhatikan jika kamu ingin memilih kamera web untuk kamu pakai dengan komputer dan laptop kamu.

Pixel pada webcam

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli sebuah webcam adalah resolusi dari webcam yang akan kamu pilih.

Alasannya karena webcam merupakan perangkat yang memiliki kaitan erat dengan lensa yang mereka gunakan untuk mengambil gambar.

Hal ini sama seperti dengan kamera-kamera lain yang ada di pasaran yang menggunakan kapasitas megapixel.

Namun biasanya kamera yang ada di dalam sebuah webcam memiliki resolusi lebih kecil ketimbang resolusi yang ada di dalam kamera lainnya.

Kita kemungkinan tidak akan mendapatkan resolusi yang bagus dalam sebuah webcam. Karena webcam kebanyakan memiliki webcam dengan resolusi kamera 2 megapixel.

Namun dengan resolusi kecil seperti itu, sebuah webcam sudah dapat menghasilkan gambar yang cukup bagus.

Resolusi 

Selain kamu harus memperhatikan kekutan megapixel yang terdapat pada sebuah webcam. Kita juga harus memperhatikan resolusi yang di tawarkan oleh webcam yang kamu pilih.

Kebanyakan kekuatan resolusi yang di tawarkan oleh sebuah webcam berkisar 320 x 240 pixel.

Dan dengan ukuran resolusi tersebut, tampilan video yang di tampilkan oleh sebuah webcam untuk kamu pakai di notebook atau pc yang memiliki ukuran layar yang tinggi kamu bisa menggunakan 640 x 480 pixel.

Baca Juga 
Cara Membuat File ISO Gratis Di Windows 10

Kecepatan Frame

Kecepatan frame per detik juga wajib di miliki oleh webcam yang kamu inginkan. Semakin cepat pengambilan frame dalam sebuah wabcam akan akan semakin baik pula hasil rekaman webcam tersebut.

Kecepatan pengambilan frame bisa kita ukur dengan satuan fps kamera yang berada di angka 10 hingga 30 fps.

Jadi kamu sebaiknya membeli wabcam yang memiliki kecepatan pengambilan frame yang berada di angka antara 15 dan 30 fps.

Alasannya karena kecepatan minimal 15 fps, kamu bisa mendapatkan video yang tidak terlalu jelek dan tetap nyaman untuk di lihat.

Jadi saat kamu melakukan gerakan tiba-tiba, video akan nambak sedikit blur, namun hasilnya tidak akan jelek.

Lensa

Jika kamu membeli webcam dengan harga terjangkau, kamu akan mendpatkan webcam dengan lensa fixed yang artinya pengguna tidak akan bisa merubah fokus yang ada dari lensa. Selain itu bahan lensa yang kamu beli biasanya akan terbuat dari plastik.

Webcam yang bagus memiliki lensa yang terbuat dari kaca, pengguna juga memiliki kemampuan untuk bisa mengubah-ubah fokus dari lensa.

Jika kebutuhan kamu untuk melakukan berbagai kegiatan pemantauan, kami sarankan anda untuk memilih webcam yang memiliki kemampuan lensa yang bisa mengatur fokus.

Sensor

Sensor merupakan salah satu yang juga harus kamu perhatikan dalam membeli webcam. Hal ini karena sensor memegang peranan penting.

Sensor pada webcam memiliki peranan yang sangat penting di mana sebuah webcam memiliki sensor CMOS dan CCD yang berguna untuk merubah cahaya menjadi sebuah gambar digital

Harga

Untuk harga kamu gak perlu khawatir karena sekarang harga webcam sudah terjangkau untuk setiap masyarakat dan instansi.

Untuk harga webcam saat ini bisa dibilang sangat murah yaitu di bawah Rp 400.000. Tapi semua tergantung dengan merek dan juga spesifikasi webcam tersebut.

Baca Juga 
3 Cara Cek Status Pengiriman Pesanan Di Shopee

Aksesoris

Selain dengan perangkat utama yaitu sebuah webcam. Sebuah webcam juga memiliki aksesoris yang mempu mendukung fitur-fitur yang ada.

Oleh karena itu, kami memasukkan aksesoris ke dalam salah satu pertimbangan yang harus kamu pikir kan dalam memilih webcam.

Dengan adanya aksesoris, pengguna akan semakin nyaman dalam menggunakan webcam yang ada.

Fitur yang wajib ada adalah fitur untuk merekam suara/audio. Jika kamu ingin mendapatkan fasilitas tersebut. Di sarankan untuk memilih webcam yang memiliki fitur microphone dan speaker.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Tips memilih Web Cam / Kamera Web Untuk Sekolah Dan Meeting Online"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel