-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Pengertian, Fungsi dan Cara Menambahkan Meta Description pada Template Blogger

Pengertian, Fungsi dan Cara Menambahkan Meta Description pada Template Blogger - Meta Description merupakan salah satu dari banyak meta tags yang dapat digunakan pada sebuah halaman web, meta description masih sangat penting, sama seperti titel tags, baik untuk mesin pencari google yang digunakan untuk usaha sebagai search engine optimization (SEO) maupun oleh pengunjung google yaitu manusia.

Fungsi dari meta description pada Blog

Google telah memberitahukan bahwa, title tags dan meta description masih dijadikan sebagai acuan
serta akan simpan pada database google. meta description memiliki fungsi sebagai snippet deskripsi dari listing hasil pencarian yang dihidangkan kepada pengguna google. Dengan tampilan snippet ini, diharapkan ada description halaman/konten yang jelas sesuai dengan yang dicari oleh pengguna dari google tersebut.

Perbedaan tulisan di meta description untuk manusia dan Mesin Pencari.

Meta description masih sangat penting, tapi, yang lebih penting lagi adalah ini dari meta description tersebut. walaupun saat ini keyword masih sangat penting namun bukan berarti kita harus mengisi meta description tersebut dengan keyword sebanyak-banyaknya, hindarilah melakukan spamming terhadap google jika Anda tidak ingin blog yang Anda tidak kelola di blokir oleh google. selain itu, konten meta description, yang seharusnya menjadi media untuk mendeskripsikan konten, bisa menjadi rusak hal ini dikarenakan descripsi tersebut hanya berisi dengan kata-kata yang tanpa makna. lebih baik buatlah meta description yang bermanfaat bagi manusia, karena meta description yang baik dapat meningkatkan CTR(Click Through Rate), persentase listing yang yang ditampilkan dan diklik. Meta description adalah sarana untuk mengajak pengguna mesin pencari untuk membuka dan mengunjungi blog kita, bukan untuk menghindari orang lain untuk mengakses blog yang kita kelola.

baca juga Cek Settingan Robots.txt Pada Blogger

Manfaat yang meta description bagi blog Anda.

Banyak sekali manfaat yang di dapat oleh blog yang kita kelola dengan menggunakan meta description ini salah satu manfaatnya adalah. Meta description digunakan sebagai media pengajak, perayu ke pada user agar user dan pengguna search engine tertarik untuk mengunjungi halaman anda. Sekaligus manfaatkan meta description untuk memberikan gambaran relevan mengenai konten blog/web di mata search engine.

berikut ini contoh dari meta description pada google.


Meta description harus unik pada setiap halaman.

Meta description mengetengahkan dari isi halaman yang hendak dilihat/dibaca. oleh karena itu, seperti title tag, meta description pada setiap halaman harus unik dan mewakili satu halaman saja. meta description tidak boleh sama persis dengan halaman lain. jika meta description persis dengan halaman lain maka search engine akan mengira ada dua halaman memiliki konten yang sama. sehingga dapat menurunkan kualitas hasil pencarian dan dapat membuat halaman tersebut mengalami penurunan peringkat.

Untuk membuat unik meta deskripsi pada setiap halaman blog atau artikel blog kita, kita dapat  mengaktifkan search description dari setiap artikel blog kita dengan cara dari artikel saya yang berjudul Cara Mengaktifkan Search Description Pada Setiap Artikel Blog. disini kita akan mengaktifkan meta deskripsi dengan tujuan agar meta deskripsi pada setiap artikel yang kita miliki berbeda satu dengan yang lainnya.

Hindari membuat meta description secara otomatis dengan bantuan plugin, sebaiknya gunakan plugin meta description kosong yang dapat kita isi secara manual, luangkan sedikit waktu untuk menuliskan isi meta description sebaik-baiknya dengan memberikan masing-masing halaman meta deskripsi berbeda.

baca juga Cara reset printer canon MP237 dengan langkah mudah ini

Cara memasang meta description pada blogger.

Hal pertama yang harus kita lakukan, kita harus mempersiapkan diri kita agar tidak panik jika terjadi hal-hal yang di luar kuasa kita :D hehehehe

1. kita pilih Template

2. selanjutnya kita pilih edit html

3. setelah masuk pada edit html, slanjutkan kita cari kode <title>


4. masukan kode berikut di bawah code </title>
<meta content='ganti' name='description'/>
Jika template blog anda telah mendukung SEO maka code diatas sudah tersedia pada template anda dan anda dapat memasukkan keyword dan description pada  code tersebut, pada kata 'ganti' silahkan isi dengan kata kunci yang anda bidik. Setelah semua selesai silahkan Anda simpan Template anda tadi.

Untuk membuat meta deskripsi yang baik di mata google maka kita dapat membaca artikel saya yang berjudul Cara Membuat Meta Deskripsi Yang Baik Di Mata Search Engine Google.

kita harus dengan benar membuat meta deskripsi tersebut, ingat blog kita bukan hanya dibaca oleh mesin namun untuk membuat blog kita dapat dibilang berkualitas oleh mesin pencari google maka blog kita harus juga berkualitas di mata para pembaca blog kita

Kesimpulan

penggunaan meta description masih sangat penting dan pengunaannya sangat dianjurkan oleh google sebagai salah satu sarana untuk melihat relevansi halaman web, namun, akan lebih baik lagi apabila meta description berisikan ringkasan dari blog anda dengan jelas dan tidak membingungkan pengguna search engine sehingga mendorong pengguna google untuk membaca keseluruhan konten yang anda buat.
terimakasih rekan sekalian telah membaca Menambahkan Meta Description pada Thamplate Blogger

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Fungsi dan Cara Menambahkan Meta Description pada Template Blogger"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel