-->

Mau Beli Laptop, Pahami Dulu Perbedaan AMD dan Intel

AMD dan Intel merupakan produsen prosesor yang banyak di gunakan di laptop dan juga komputer yang mungkin sekarang kamu gunakan. Namun tahukan kamu, ternyata saat membeli laptop kamu wajib tahu perbedaan antara prosesor Intel dan Juga AMD.




Mau Beli Laptop, Pahami Dulu Perbedaan AMD dan Intel



Mau Beli Laptop, Pahami Dulu Perbedaan AMD dan Intel - Sekarang laptop merupakan benda wajib yang tidak mungkin di lupakan dari kehidupan manusia dan anak kos.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan jika kamu memiliki laptop yang memiliki performa yang bagus dan kencang.

Dari nonton film, mengerjakan tugas, sampai mencari uang online bisa kamu lakukan jika kamu memiliki laptop yang bagus dengan performa yang bagus.

Nah untuk kamu yang berencana untuk membeli laptop baru. Newbie akan memberikan terlebih dulu perbedaan antara Intel Dan AMD sehingga kamu tidak salah beli.

Perbedaan Prosesor Intel dan AMD

Untuk kamu yang sangat gemar bermain game atau memiliki pekerjaan sebagai desainer, prosesor adalah bagian laptop yang harus kamu perhatikan. Oleh karena itu kamu harus tau perbedaan antara prosesor intel dan AMD sebelum kamu membeli laptop baru

Sejarah AMD dan Intel

Dari sisi sejarah, intel telah memproduksi prosesor lebih awal dibandingkan dengan AMD, intel pertama kali membuat prosesor pada tahun 1971 yang dinamakan intel 4004 lalu 20 tahun kemudian barulah AMD mulai menciptakan prosesor pertama yaitu Am386.

Baca Juga
Wajib SIMAK!! Perbedaan RAM Memori DDR3 Dan DDR4

Segi Harga

Bisa kamu lihat jika AMD selalu menjual produk mereka dengan harga jauh lebih mudah dibandingkan dengan produk intel dengan spesifikasi yang sama dengan produk intel.

Hal inilah yang menjadi salah satu perbedaan AMD dan intel. Namun prosesor dengan level lebih tinggi harga yang di tawarkan AMD dan intel sama.

Kalau kamu ingin mencari laptop dengan harga murah namun spesifikasi tinggi, laptop prosesor AMD bisa menjadi pilihan kamu. Namun jika kamu lebih mementingkan performa multimedia yang lebih baik, kamu bisa memilih laptop dengan prosesor intel.

Suhu 

Biasanya intel memiliki rating Thermal Design Point yang lebih rendah dibandingkan dengan AMD. sehingga prosesor AMD bisa lebih cepat panas ketimbang dengan prosesor Intel.

Jika suhu semakin panas performa prosesor akan semakin menurun dan lebih boros listrik. Prosesor AMD memang lebih cepat panas karena prosesor AMD memiliki jumlah core yang lebih banyak dibandingkan dengan prosesor intel.

Memiliki jumlah core yang lebih banyak akan membuat performa laptop kamu jauh lebih kencang, namun sebagai akibatnya prosesor  bisa menjadi lebih panas.

Kualitas Grafis

Untuk kemampuan dan kualitas grafis AMD masih jauh lebih baik ketimbang Intel. Apalagi jika komputer yang menggunakan prosesor AMD dan di padukan dengan grafis Radeon sanggup mengalahkan prosesor intel yang mengandalkan grafis intel iris.

Nah sekarang intel masih belum bisa mengalahkan kemampuan grafis AMD apalagi sekarang AMD sudah di padukan dengan Ryzen generasi terbaru dengan rodeon.

Multimedia

Untuk sisi multimedia. Intel tetap lebih unggul dari segi multimedia. Perbedaan AMD dan intel adalah dari kemampuan multimedia.

Kualitas gambar dari laptop atau PC yang menggunakan Intel selalu lebih tajam. Sehingga proses untuk rendering video akan jauh lebih cepat jika kita menggunakan prsesor Intel di bandingkan dengan prosesor AMD.

Kecocokan GPU

Untuk performa GPU, intel lebih cocok untuk di sandingkan dengan NVIDIA ketimbang dengan prosesor AMD.

Jika kamu sandingkan GPU NVIDIA dengan prosesor intel kamu bisa menghasilkan frame rate hingga 30 fps lebih tinggi dibandingkan AMD.

Baca Juga
Bagus Mana? Ini Perbedaan ATI Radeon Dan NVIDIA GeForce

Overclocking

Overclocking merupakan upaya untuk mengingkatkan clock rate atau kecepatan prosesor agar dapat melampaui kecepatan maksimal dari prosesor itu sendiri.

Untuk proses overclocking, proses intel lebih unggul dibandingkan AMD. Peningkatan kecepatan yang dihasilkan overclock pada intel bisa sangat mengagumkan karena bisa mencapai 4.5 GHz.

Untuk proses overclocking ini kamu juga harus menyediakan sistem pendingin yang juga bagus karena harus menurunkan suhu prosesor itu sendiri.

Ketersediaan Motherboard

Untuk ketersediaan motherboard, saat ini motherboard intel lebih mudah di temukan ketimbang milik AMD.

Hal ini dikarenakan produk intel lebih dulu muncul di pasaran dan lebih banyak produsen motherboard membuat yang cocok untuk prosesor intel.

Sensitivitas virus

AMD memiliki fitur untuk mendeteksi virus/malware. Fitur ini dinamakan EVP atau Enchanced Virus Protection mampu untuk mendeteksi virus atau malware yang di selipkan ke dalam program atau file.

Jika terdeteksi, maka prosesor AMD tidak akan memproses aplikasi tersebut sehingga banyak pemilik laptop yang menggunakan prosesor AMD ketimbang Intel.

Kekuatan Brand

Intel memang lebih terkenal ketimbang prosesor AMD. Bukan hanya sebagai prosesor laptop, intel juga sudah masuk ke bidang prosesor smartphone dan smartwatch.

Harga

Nah untuk harga laptop biasanya sangat di pengaruhi banget oleh prosesornya. Laptop dengan prsesor intel selalu lebih mahal ketimbang AMD

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mau Beli Laptop, Pahami Dulu Perbedaan AMD dan Intel"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel