-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Akses NAS File Server

Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Akses NAS File Server - Saat pertama kali install windows 10. Perasaan saya sangat senang sekali karena akhirnya kantor saya menggunakan sistem operasi dari windows yang paling baru yaitu windows 10.

 Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Akses NAS File Server

Saat pertama kali selesai intalasi windows 10 ke komputer yang ada di kantor dan melakukan first booting. Tampilan dari windows 10 membuat saya terkagum-kagum.

Baca Juga
80+ Tombol Shortcuts Keyboard Yang Para Master Adobe Photoshop Wajib Tau

Selain windows 10 memiliki tampilan yang sangat mengagumkan karena jauh lebih bagus ketimbang windows  8 dan memiliki banyak fitur baru yang kita para pengguna windows 7 tidak mempunyai.

Walau di tempat saya windows 7 masih menjadi primadona karena cara penggunaan yang sangat mudah dan simple.

Namun jika kamu sudah bosan dengan tampilan windows 7 kamu, kamu bisa mencoba untuk install komputer kamu dengan sistem operasi terbaru yaitu windows 10

Namun ada sedikit masalah setelah saya install windows 10 di komputer kantor saya.

Saat pertama kali ingin mengkases file server di NAS kantor saya. Komputer yang terinstall windows 10 tidak dapat mengakses file server NAS.

Waduh bisa gawat kalo gak bisa akses file server. Alasannya sederhana karena semua data pekerjaan di taruh di sana dan jika user tidak bisa akses, lalu bagaimana user bisa menyelesaikan pekerjaan mereka di Windows 10.

Namun jangan khawatir lagi. Setelah newbie coba atasi masalah ini. Ternyata ada proses di windows 10 yang harus kita nyalakan secara manual agar kita bisa akses NAS file server.

Cara Akses NAS File Server di Windows 10

Setelah di cari tahu oleh newbie, ternyata ada proses yang tidak jalan di sistem operasi windows 10, Proses tersebut bernama SMB 1.0/CIFS Client dan SMB 1.0/CIFS Server yang di nonaktifkan secara default oleh windows 10.

namum proses ini sudah di perbaiki setelah kita melakukan update windows 10 yang akan memakan waktu yang cukup lama.

Namun untuk menunggu update, pasti memerlukan waktu yang cukup lama karena sistem operasi windows 10 sendiri sudah berjalan menemani para teman IT begitu lama.

Untuk kamu yang tidak ingin menunggu proses update yang memakan waktu lama, kamu bisa juga mengaktifkan proses ini dengan cara manual.

Untuk mengaktifkan proses ini kamu bisa langsung saja ketikkan Turn Windows Features On or Off seperti pada gambar di bawah ini


Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Akses NAS File Server

Selanjutnya kamu bisa cari SMB 1.0/CIFS file sharing support seperti gambar di bawah

Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Akses NAS File Server

Jika saat ketemu tidak dalam keadaan tercentang. Maka kamu aktifkan centang di setiap service seperti pada gambar di atas.

Baca Juga 7 Hal Yang Menyebabkan Komputer Dan Laptop Kamu Rusak

Selanjutnya kamu cukup untuk merestart komputer kamu dan cobalah untuk mengakses file sharing yang terdapat di dalam NAS server kamu.

Sekian dulu ya artikel kali ini dengan judul Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Akses NAS File Server

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Akses NAS File Server"

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel