-->

7 Hal Yang Menyebabkan Komputer Dan Laptop Kamu Rusak

Hal Yang Menyebabkan Komputer Dan Laptop Kamu Rusak -  Komputer yang awet dan tahan lama merupakan salah satu dambaan setiap pemilik komputer yang ada di seluruh dunia. Apalagi jika kamu memiliki komputer dengan spesifikasi DEWA dan memiliki harga yang sangat lumayan.

 7 Hal Yang Menyebabkan Komputer Dan Laptop Kamu Rusak

Namun apakah kamu sekarang sudah memperlakukan komputer kamu dengan layak atau kamu hanya memberikan resiko yang sangat besar kepada komputer kamu sehingga komputer kamu memiliki waktu hidup yang sangat singkat.

Oleh karena itu sekarang newbie akan memberikan hal-hal yang dapat memperpendek jangka waktu hidup komputer atau laptop yang kamu miliki.

Baca Juga
Ingin Gunakan Office 2019. Yuk Cek Spesifikasi Minimalnya

Ventilasi yang buruk

Komputer dan laptop sangat membutuhkan ventilasi udara yang sangat bagus. Saat ini sudah banyak komputer yang memiliki casing tanpa lubang udara, karena komputr membutuhkan sirkulasi udara yang bagus hal ini berpengaruh dengan suhu hardware komputer kamu.

Semakin tinggi suhu hardware yang di sebabkan oleh fentilasi udara yang tidak baik maka akan semakin cepat komputer kamu akan rusak.

Kebanyakan dari kita tidak memperdulikan mengenai hal ini sehingga kamu menempatkan komputer atau laptop kamu di sembarang tempat yang menyebabkan komputer kamu tidak mendapatkan udara dingin yang cukup dan mengeluarkan udara panas dari dalam.

Posisi di bawah meja atau menghadap tembok adalah posisi yang paling buruk untuk menepatkan komputer karena komputer kamu tidak akan mandapatkan udara dingin yang cukup.

Debu menumpuk

Komputer yang bagus pasti akan memiliki sistem pendingin yang bagus, di lengkapi dengan kipas yang berjalan secara konstan dengan ventilasi yang bersih. seiring berjalannya waktu, kipas komputer yang kita pergunakan pasti akan kotor dan penuhi oleh debu yang sangat mengganggu.

Hal ini terjadi karena kamu menempatkan komputer kamu di bawah meja dan di sana pasti banyak debu yang akan langsung masuk ke dalam komputer kamu. Dampak yang paling berbahaya dari debu yang menumpuk ini akan menurunkan performa komputer karena suhu dari hadware yang kamu gunakan tidak terkendali sehingga hardware kamu akan cepat panas.

Kabel longgar/Rusak

Kamu pasti tidak pernah memperhatikan kabel yang ada di dalam komputer kamu. Kabel yang ada di dalam komputer kamu memiliki andil yang sangat besar yang dapat memperpendek usia komputer kamu apabila kamu tidak mengaturnya dengan baik.

Kabel yang longgar atau rusak kerena berbagai hal dapat menyebabkan komputer kamu rusak di karenakan konsleting listrik atau hal lainnya.

Lonjakan listrik

Kadang listrik yang kita pergunakan tidak stabil, terkadang memiliki voltasi yang pas, atau kadang tiba-tiba listrik yang kita pergunakan turun, atau listrik kamu melonjak tinggi karena perngaruh dari luar seperti tersambar petir.

Biasanya komputer yang langsung tersambung  dengan saklar listrik tanpa adanya stabilizer akan memiliki risiko yang sangat tinggi untuk merusak perangkat keras yang ada di dalamnya. Listrik yang turun secara tiba-tiba dan berkala bisa menyebakan komputer kamu rusak begitu juga dengan komputer yang melonjak secara tiba-tiba.

Baca Juga 
12+ Cara Mengatasi Komputer Lemot, Lambat dan Sering Hang Dengan Mudah

Mati Listrik

Listrik yang mati mendadak dapat menyebakan perangkat komputer kamu rusak secara perlahan. Hardware yang paling merasakan kerugian terhadap situasi ini adalah harddisk dan jika harddisk kamu rusak maka data yang ada di dalam komputer kamu akan hilang selamanya.

Kerusakan fisik

Jika pc kamu pernah jatoh atau di banting akan memiliki resiko yang besar untuk mengalami kerusakan. komponen yang paling terancam ketika komputer kamu mengalami guncang adalah harddisk dan DVD ROM.

Jika terjadi goncangan yang melebihi toleransi yang di tentuka, maka risiko terjadinya gesekan di dalamnya akan menjadi besar dan merusak seluruh komponen.

Gangguan software

Software yang bermasalah atai bahkan virus juga memiliki peranan yang besar terhadap berkurangnya umur komputer kamu. virus dan software yang bermasalah akan memakan resource yang besar, dan komputer kamu akan bekerja dengan sangat keras sehingga mengakibatkan ran dan prosesor kamu menjadi lebih mudah panas dan menurunkan daya tahan dari komponen ini.

Hal-hal seperti di atas bisa menyebabkan komputer atau bahkan laptop kamu rusak dan kamu pasti tidak menginginkan jika laptop kesayangan kamu rusak dan semua data yang ada di dalamnya hilang.

Sekian dulu artikel kali ini dengan judul 7 Hal Yang Menyebabkan Komputer Dan Laptop Kamu Rusak. Sekian dulu dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Hal Yang Menyebabkan Komputer Dan Laptop Kamu Rusak"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel