Penyebab Blue Screen Windows 7, 8 Dan Windows 10 Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Blue Screen Windows 7, 8 Dan Windows 10 Dan Cara Mengatasinya - Bagi kamu pengguna windows pasti sering mendengar komputer atau laptop yang terkena Blue Screen Of Death atau BSOD.



Kamu sebagai pengguna sistem operasi windows pasti tidak ingin komputer atau laptop kamu terkena pesan error kematian ini.

Namun sebenarnya Blue Screen pada windows merupakan pesan dari sistem operasi windows karena adanya software atau hardware yang mungkin rusak atau crash. Atau terjadi kerusakan fatal yang terjadi pada sistem sehingga sistem operasi windows kamu terpaksa mengeluarkan pesan error BSOD dan pc kamu harus di restart.

Untuk mencegah hal ini terjadi pada komputer kamu. Newbie akan memberikan penyebab dan cara mengatasi Blue Screen di windows.

Penyebab Blue Screen di Windows

Penyebab yang menyebabkan Blue Screen Of Death biasanya terdapat masalah dengan hardware atau software driver yang kamu gunakan di komputer kamu. Blue Screen Of Death terjadi ketika masalah hardware atau software yang berjalan pada tingkat kernel windows mengalami kerusakan.

Hal ini terjadi ketika windows bertemu dengan Error Stop sehingga dapat terjadi kegagalan yang menyebabkan windows crash dan berhenti bekerja. Dan untuk memperbaiki hal ini adalah dengan cara merestart windows kamu.

Untuk menghindari kehilangan data. Kamu sebaiknya backup data penting kamu karena kegagalan ini terjadi dengan cepat dan kamu tidak akan memiliki kesempatan untuk menyimpan data karana blue screen terjadi tiba-tiba.

Saat windows terjadi. sistem operasi windows akan membuat mini dump yang menampilkan informasi tentang crash yang terjadi dan menyimpannya kedalam harddisk kamu.

Dengan informasi mini dump kamu bisa memperbaiki penyebab terjadinya bluescreen.

Penyebab blue screen

Ada dua penyebab saat terjadi blue screen pada windows 8 atau windows lainnya yaitu kerusakan pada hardware atau kerusakan pada software.

Hardware

Jika blue screen terjadi dan kamu tidak pernah menginstall software apapun saat terjadi bluescreen. Berarti bisa di pastikan kalo kerusakan ini terjadi karena permasalahan hardware komputer atau laptop kamu.

Hardware yang sering terserang adalah VGA atau RAM. Untuk RAM kamu bisa mencoba dengan mengganti dengan ram yang baru untuk melakukan pengecekan. Sama juga seperti VGA.

Software

Saya sering mengalami permasalahan software hingga menyebabkan komputer saya terkena blue screen. Kamu bisa cek software terakhir yang kamu install di komputer kamu. Hapus saja aplikasi yang kamu anggap membuat blue screen seperti Game dan Aplikasi Desain atau virtual OS seperti virtual box atau Android Emulator.

Jika saat Bluescreen terjadi setelah kamu install sebuah aplikasi di komputer kamu. Segeralah untuk uninstall aplikasi itu dengan Cara Uninstall Program Aplikasi Pada Sistem Operasi Windows Dengan Benar

Cara mengatasi komputer restart tiba-tiba

Secara default, sistem operasi windows akan melakukan restart setiap komputer yang terkena blue screen. Jika komputer kamu mati tanpa diketahui penyebabnya, mungkin itu karena blue screen.

Namun ada cara agar komputer kamu tidak restart tiba-tiba restart ketika blue screen. Untuk mengatasi hal ini caranya kamu cukup masuk ke system scurity > system dan klik change settings.

Pada bagian computer name, domain dan workgroup settings. , setelah pilih tab Advanced > setting pada startup and recovery, lalu hilangkan centang pada automatically restart




Baca Juga
7 Hal Yang Menyebabkan Komputer Dan Laptop Kamu Rusak

Cara melihat penyebab BSOD

Kamu juga bisa melihat penyebab terjadinya blue screen yang terjadi pada komputer atau laptop kamu. Ada dua cara yaitu dengan menggunakan software gratis dari NirSoft's yaitu bluescreenview dan menggunakan windows event viewer.

Kedua aplikasi ini digunakan untuk mencari file minidump yang dibuat windows ketika blue screen terjadi. Selain itu juga akan menampilkan crash yang terjadi pada windows


Cara mengatasi blue screen windows

Cara mengatasi blue screen Di windows 10 atau windows 7 ke versi terbaru. Informasi Blue Screen ditampilkan di action center dan jika kamu pengguna windows 7 dan windows terbaru kamu bisa membukanya dan mengklik check for solutions pada menu maintenance.

Dengan cara ini windows akan memeriksa kenapa terjadi bluescreen dan berbagai error yang terjadi pada komputer kamu dan dengan begini kamu sudah dapat mengatasi bluescreen.

Ada beberapa cara untuk mengatasi blue screen. Kamu bisa mengikuti berbagai cara di bawah ini agar blue screen tidak terjadi.

System restore

Kamu bisa mengatasi blue screen dengan cara menggunakan system restore untuk mengatasinya. Namun cara ini harus kamu gunakan saat kamu sudah membackup data kamu.

Kenapa, karena sistem ini akan membalikkan windows kamu ke keadaan sebelum terjadi bluescreen atau tanggal yang kamu pilih.

Data yang kamu simpan akan hilang atau kembali pada keadaan tanggal sistem restore yang kamu pilih.

Cara ini bisa kamu gunakan jika bluescreen yang terjadi merupakan kesalahan dari windows atau software yang kamu pakai di pc.

Malware

Malware bisa menembus jauh ke dalam windows apalagi jika sampai di dalam kernel windows. Hal ini akrena sistem kernel merupakan sistem paling inti sebuah sistem operasi dan ini bisa menyebabkan windows kamu bluescreen.

Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan scan windows kamu dengan menggunakan antivirus yang sudah kamu update.

Update driver

Sebuah driver yang salah install atau tidak pernah di update bisa juga menyebabkan hal ini terjadi. Download lah driver terbaru dari website perusahaan hardware yang kamu gunakan untuk memperbaiki masalah BSOD.

Save Mode

Ketika komputer kamu pertama kali di nyalakan dan kamu mengalami BSOD. Kamu bisa masuk dengan menggunakan safe mode. Pada safe mode, windows hanya akan mengambil driver-driver yang penting untuk dijalankan.

Jika kamu salah menginstall software. maka dengan cara ini kamu bisa mengatasi masalah BSOD yang terjadi.

Masalah hardware

Seperti yang sudah di ketahui jika blue screen terjadi ketika terjadi kesalahan hardware. Untuk mengetahuinya kamu bisa mengetikkan Memory Diagnostics tool pada start menu.

Install ulang

Hal ini merupakan pilihan terakhir yaitu dengan cara install ulang windows kamu. Dengan cara ini sistem windows kamu akan kembali ke keadaan semula. Dan jika setelah hal ini kamu lakukan dan kamu masih mengalami permasalahaan blue screen. berarti kamu mengalami permasalahan hardware.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Blue Screen Windows 7, 8 Dan Windows 10 Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel