-->

Sistem Aplikasi Komputer Yang Dapat Memudahkan Tugas Manusia

Sistem Aplikasi Komputer Yang Dapat Memudahkan Tugas Manusia - Jika kamu akan terjun di dunia IT mungkin kamu akan di hadapkan dengan banyak aplikasi-aplikasi yang ada di komputer yang merupakan perangkat lunak sistem operasi.

Sistem Aplikasi Komputer Yang Dapat Memudahkan Tugas Manusia

Kamu sendiri harus mengetahui kegunaan dari semua aplikasi komputer yang ada dan dapat kamu pergunakan untuk tujuan apa.

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang paling penting untuk menjalankan komputer. Fungsinya adalah mengelola memori komputer dan proses-proses yang berjalan di komputer, serta semua perangkat lunak dan perangkat keras. 

Dengan demikian, Anda dapat berinteraksi dengan komputer tanpa mengetahui bahasa komputer.

Sedangkan aplikasi komputer merupakan suatu perangkat lunak komputer yang memiliki tugas atau fungsi tertentu yang sesuai dengan tujuan yang di inginkan oleh si pembuat aplikasi atau programmernya.

Dalam dunia IT, sistem operasi dan aplikasi dari suatu komputer disebut dengan istilah perangkat lunak (software).

Aplikasi-aplikasi komputer pada sistem komputer biasanya di buat dengan tujuan untuk mempermudah kita sebagai pengguna komputer dalam mengerjakan tugas-tugas di dalam sebuah komputer.

Sedangkan cara membuat aplikasi komputer itu bisa sangat sulit dan sama seperti kita membangun sebuah gedung agar tidak roboh karena bug atau sistem yang crash.

Kamu perlu melakukan beberapa pekerjaan yang bisa dibilang cukup rumit yang membuat pembuatan aplikasi komputer cukup mahal.

Pekerjaan tersebut meliputi pengolahan data, perhitungan, pembuatan atau keperluan editing yang saat ini bisa kita kerjakan di sebuah komputer.

Ada banyak aplikasi yang bisa kita pergunakan sebagai cara membuat aplikasi di komputer namun tidak banyak orang yang bisa mengerjakannya.

Saat ini di jaman yang sudah sangat canggih ini sistem aplikasi komputer dapat kita temui di kehidupan sehari-hari kita, misalnya untuk keperluan bisnis, pendidikan maupun untuk hiburan.
   

Dengan adanya aplikasi komputer yang memudahkan kita untuk mengerjakan sesuatu data atau apapun di dalam komputer dapat memudahkan kita dan menghemat waktu kita untuk mengerjakan pekerjaan yang di berikan kepada kita.

Berikut ini beberapa jenis aplikasi komputer yang dapat membantu kita untuk memudahkan kita dalam mengerjakan tugas sehari-hari kita.

  • Aplikasi software komputer Word Processing adalah adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. seperti  Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.

  • Desktop Publishing Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. seperti Ventura Publisher, Page Maker.

  • Program Speadsheet Merupakan program yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Seperti Microsoft Excell, Lotus Improv.

  • Database Management System Salah satu kegunaan komputer didalam sebuah organisasi atau perkantoran adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Yang dapat kita pergunakan untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian dapat kita pergunakan untuk menghasilkan informasi.Untuk menghasilkan informasi yang kita butuhkan tersebut diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.

  • Graphics Salah satu kebutuhan pengguna komputer di dunia adalah membuat gambar. Untuk itu kita bisa menggunakan program atau aplikasi yang di khususkan untuk digunakan membuat gambar atau graphics. Contoh aplikasi yang dapat kita pergunakan untuk membuat gambar adalah : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio.
  • Program Akuntasi merupakan sebuah aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis atau dunia kerja saat ini, aplikasi-aplikasi yang banyak di pakai di dunia bisnis salah satunya adalah aplikasi accounting yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh dari program akuntansi adalah  DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting, Accurate, Abipro, Zahir.

  • Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statisca.

  • Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video.

  • Game merupakan program untuk permainan yang sering kita pergunakan untuk menghilangkan kesuntukan pada saat mengerjakan sesuatu. Contoh game yang ada dan bisa kita mainkan di pc adalah: Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia.

  • Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh aplikasi antivirus yang bisa kita pergunakan untuk menghapus virus yang ada di komputer kita adalah : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG.
Windows 10 Selalu Minta Update? Begini Cara Mematikannya

Itu semua merupakan sistem aplikasi komputer yang ada dan dapat kita pergunakan untuk membantu memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari kita.

Terimakasih sudah membaca artikel saya yang berjudul Sistem Aplikasi Komputer Yang Dapat Memudahkan Tugas Manusia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sistem Aplikasi Komputer Yang Dapat Memudahkan Tugas Manusia"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel