-->

Video Corrupt. 8 Cara Memperbaiki File Video Rusak Dan Tidak Bisa Di Buka

Kita sering mendownload video yang ingin kita tonton nanti di rumah, namun adakalanya file video yang kita ingin tonton atau rekam mengalami kerusakan yang membuat kita tidak bisa menjalankan video film yang kita inginkan.



Video Corrupt. Cara Memperbaikin File Video Rusak Dan Tidak Bisa Di Buka - Kebanyakan dari kita selesai merekam dan merecord video pasti langsung di buka dan ingin di lihat dan di tonton.

Namun kadang kala, video yang ingin kita tonton itu corrupt sehing rusak dan tidak bisa di buka untuk kita lihat hasilnya.

Kadang masalah ini pernah terjadi kepada siapapun juga dan masalah ini sering membuat kerepotan apalagi jika file video tersebut sudah susah-susah kita ambil dan kita buat. Mau gak mau kita harus merekam ulang video yang ingin kita lihat.

Untuk mengatasi masalalah ini newbie akan memberikan sedikit tips cara yang bisa kita pakai untuk memperbaiki video kamu yang tidak bisa di buka.

Baca Juga
6 Cara Cek Kondisi Kesehatan Baterai Laptop Dengan Aplikasi

Sebab video rusak

Sebelum membahas lebih lanjut. Kita akan mencari tau terlebih dulu beberapa penyebab video yang sudah kita rekam itu rusak.

Mungkin kamu pernah melakukan dan merasa beberapa hal di bawah ini
  • Salah settingan kamera
  • Kamera tiba-tiba berhenti atau saat kamu memakai kamera handphone handphone kamu tiba-tiba mati
  • Storage memori kamera kamu mengalami error
  • Saat simpan video tidak sempurna
  • Copy paste file video yang tidak sempurna

Video yang rusak biasanya tidak bisa di putar dan kadang muncul pesan error cannot reader the file. Jika kamu mendapatkan pesan error ini berarti kamu sudah tidak bisa menjalankan video yang sudah kamu buat atau kamu download

Untuk memperbaiki memang mungkin namun tidak akan 100% sukses. Karena jika resource videonya yang rusak maka kita harus merekam ulang video yang sudah kita buat.




Namun jika kamu ingin mencoba untuk memperbaiki kamu bisa mengikuti caranya berikut ini.

Menggunakan VLC video player

VLC merupakan video player yang memiliki resource yang open source, dan support berbagai jenis format video dengan memiliki berbagai macam Codec.



Kita bisa menggunakan VLC untuk merubah jenis codec bawaan dari video ke tipe lain yang bisa di baca oleh format video player kita.

Kadang dengan cara merubah format video yang ada di kita. Kita bisa memperbaiki file video yang rusak dan bisa kita lihat dan di buka kembali.

Caranya bisa kamu ikuti di bawah ini

Silahkan buka software VLC. Kamu bisa download VLC di situs resminya yaitu www.videolan.org/vlc.

Selanjutnya buka aplikasi dan masuk ke media > comvert / Save

Klik Add > pilih video yang kamu inginkan > selanjutnya klik Convert/save

Dibagian kolom profile kamu bisa memilih codec lain dan kemudian kamu isi destination filenya sesuai kebutuhan dan klik start

Setelah selesai kamu bisa langsung membuka file video yang sudah kamu convert dan lihat hasilnya.

Menggunakan software Video Repair

Selain menggunakan software VLC kamu juga bisa menggunakan software lain bernama Stellar Video Repair yang merupakan sebuah softeware yang memiliki fungsi untuk memperbaiki video rusak, error, corrupt atau tidak bisa di putar



Cara pakainya cukup kamu bisa mengikutinya dengan cara

  • Kamu bisa install dulu softwarenya lalu buka
  • Tekan tomol add kemudian tambahkan video yang diinginkan
  • Kamu juga menambahkan lebih dari 1 video dan jika sudah cukup kamu tinggal klik tombol repair
  • Silahkan tunggu proses repairnya
  • Kamu juga bisa klik review untuk melihat hasil video yang kamu repair 
Software ini bekerja dengan cara mendeteksi serta memperbaiki secara otomatis jenis kerusakan yang ada di video. Seperti:
  • Error di header atau slider
  • Error di movemnt
  • Error di durasi dan,
  • Error yang terjadi pada suara video.

Menggunakan Yodot AVI Repair

Kalau kamu ambil video dengan menggunakan kamera DSLR atau Camcorder dengan format video AVI. Kamu bisa mencoba aplikasi yang satu ini



Untuk pemakaian kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini

Install terlebih dulu aplikasi lalu langsung buka aplikasi yang sudah kamu install

Klik browse dan pilih video yang di inginkan lalu repair.

Jika sudah kamu bisa langsung melakukan preview videonya

Nah ini yang paling mudah karena bukan video dengan format AVI saja karena aplikasi ini juga support fotmat DIVX dan XVID.

Dan untuk input video, Disarankan untuk menyalinnya duku ke komputer, agar proses perbaikannya bisa lebih mudah

Baca Juga
Cara Hapus Kata Sandi Yang Tersimpan Di Dalam Browser Mozilla FireFox

DivFix ++

DivFix ++ adalah salah satu software perbaikan video terbaik yang disediakan dan bisa kamu download secara gratis dan software ini bisa memperbaiki video dengan format AVI.



Untuk cara pemakaiannya cukup mudah kamu bisa klik add file untuk menambahkan video ke daftar perbaikan.

Kamu juga bisa melakukan perbaikan beberapa video yang rusak secara bersamaan dengan aplikasi repair video gratis ini.

Kamu cukup klik opsi strip index untuk menghapus bagian indeks dari file video. kemudian klik perbaiki untuk memperbaiki file AVI.

Opsi periksa kesalahan memungkinkan kita untuk melakukan pemeriksaan cepat pada file video sehingga kita dapat mengetahui kesalahan tanpa memperbaikinya.

Klik tombol radio cut out bad parts untuk memotong bagian yang rusak saat memperbaiki file video yang ingin kamu perbaiki.

Kamu juga bisa menyimpan file output setelah perbaikian video ke folder yang sama dengan yang asli.

Digital video Repair

Aplikasi Digital Video repair adalah software yang digunakan untuk memperbaiki file AVI dan bisa kamu dapatkan secara gratis.



Software ini bisa menangani video kamu yang rusak dan tidak dapat di putar. Kamu cukup klik pada input file untuk menambahkan video yang rusak ke dalam aplikasi ini. Klik priksa kesalahan untuk mengetahui apakah ada kesalahan yang dapat dideteksi oleh software video ini.

Jika video yang rusak terdeteksi, Maka aplikasi ini akan menampilkan status file. Klik repair untuk memproses video yang rusak.

Kamu juga dapat memilih folder keluaran untuk menyimpan video kamu. Aplikasi ini juga memiliki menu bantuan yang bisa kamu gunakan.

P4 Video Recovery Tool

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk memperbaiki video dengan format MP4 di sistem operasi windows yang rusak.

Kamu cukup klik pada opsi select Corrupt Video yang rusak untuk menambahkan video MP4nya. Lalu kamu pilih juga pilih video MP4 yang tidak rusak di dalam select working video.

Nantinya aplikasi ini akan melakukan perbaikan file MP4 dan menggunakan file video yang tidak rusak sebagai referensi, mengekstrak data, dan kemudian menghasilkan video yang di perbaiki.

Baca Juga
Penyebab Blue Screen Windows 7, 8 Dan Windows 10 Dan Cara Mengatasinya

Get My Video Back

Aplikasi get my Video Back digunakan untuk mengembalikan video yang rusak dengan langkah-langkah yang sangat sederhana dan mudah.

Kamu cukup membuka file video yang rusak lalu tetapkan folder tujuan dan kamu sudah bisa memperbaiki video yang rusak tadi.

Software ini dapat memperbaiki berbagai format video mulai dari MP4, AVI, MPEG, DivX, 3GP, FLV, dan lain sebagainya.

Ganti video player

Beberapa format dan beberapa jenis codec video, kadang tidak dapat diputar di video player. Kalaupun kamu coba, akan muncul pesan error atau gambar yang dihasilkan hanya hitam atau tidak ada gambar.

Nah, Kamu bisa mencoba untuk mengganti tipe vormat video player sehingga mungkin bisa membantu kamu menyelesaikan masalah ini.

Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi pemutar video seperti VLC, Media Player Classic, dan lain sebagainya. Untuk android kamu bisa menggunakan MXPlayer, VLC versi android dan lainnya untuk membuka video kamu yang rusak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Video Corrupt. 8 Cara Memperbaiki File Video Rusak Dan Tidak Bisa Di Buka "

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel