-->

6 Cara Cek Kondisi Kesehatan Baterai Laptop Dengan Aplikasi

Laptop merupakan sebuah komputer portable yang bisa kita bawa kemana-mana. Alasannya karena sebuah laptop di lengkapi dengan baterai cadangan yang mampu menyimpan daya yang cukup. Namun ada kalanya kita merasa mengisi daya betarai namun laptop tetap tidak menyala.

Cara Cek Kondisi Keshatan Baterai Laptop Dengan Aplikasi - Kadang kala kita merasa kondisi baterai laptop kita baik-baik saja.

Namun saat kita menggunakan laptop kita. Barulah kita merasakan jika laptop yang kita pakai cepat mati karena kondisi baterai yang sudah lemah.

Jika kondisi ini kamu biarkan maka baterai laptop kamu akan semakin lemah dan dalam jangka waktu tertentu baterai laptop bisa saja rusak.

Kondisi baterai bisa kamu lihat dari jumlah kapasitas baterai yang ada, Tingkat drop dari baterai hingga sirkulasi charger.

Cara cek kondisi baterai laptop

Pasti kamu bingung untuk bisa mengetahui kondisi baterai laptop kamu secara manual. Karena jika di lihat secara manual. Baterai laptop kamu tidak ngegelembung.

Untuk itu newbie akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melihat kondisi baterai laptop kamu dengan menggunakan apliakasi.

Kita akan memcoba mengecek kesehatan baterai laptop yang menggunakan berbagai sistem operasi mulai dari sistem operasi windows 10 atau yang menggunakan windows 7.

Untuk aplikasi cek kesehatan baterai laptop bisa kamu lihat di bawah ini

Baca Juga
13 Aplikasi Desain Interior Terbaik Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Mendesain Rumah

Cek kesehatan baterai laptop dengan BatteryBar

Bateraibar merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk pengecekan baterai laptop yang hasilnya bisa di bilang sangat akurat.

Dalam aplikasi akan di tampilkan berupa statistik dari kondisi baterai, yang membuat menarik adalah aplikasi ini memiliki dua versi yaitu versi gratis free dan juga versi pro yang berbayar.

Perbedaannya itu terdapat di informasi yang di tampilkan. Namun jika kamu ingin tidak semua informasi di tampilkan kamu cukup menggunakan versi free saja.

Kamu bisa download aplikasi ini langsung dari situs resminya dengan alamat  https://batterybarpro.com

Setelah kamu download dan kamu install kamu akan mendapatkan informasi mengenai baterai laptop kamu di bagian taskbar. Akan muncul informasi terkait betai laptop seperti jumlah persen baterai tersisa, jumlah kapasitas keseluruhan baterai dan lain sebagainya.

6 Cara Cek Kondisi Kesehatan Baterai Laptop Dengan Aplikasi
Di atas kamu akan mendaptkan informasi lengkap mengenai kondisi baterai yang saat ini kamu gunakan
  • Percent    Menjelaskan presentase baterai
  • Capacity    Menjelaskan kapasitas baterai laptop yang kamu pakai
  • Discharge Rate    Presentasi konsumsi daya baterai
  • Time Remaining     Perkiraan daya tahan baterai
  • Elapsed Time     Waktu yang sudah dihabiskan ketika baterai dipakai
  • Full Runtime     Waktu yang sudah dihabiskan baterai ketika dipakai
  • Battery Wear     Kualitas baterai
Kamu bisa melihat pada bagian Battery Wear jika presentasi di kolom tersebut sudah turun hingga 50%, maka baterai harus kamu ganti dengan baterai yang baru.

Apalagi jika ada masalah-masalah seperti laptop suka mati tiba-tiba sebelum waktu baterai laptop habis di pakai.

Menggunakan Command Prompt (CMD)

Banyak di antara kita yang tidak mengetahui jika Command Promp (CMD) bisa jiga kita gunakan untuk mengecek dan melihat kesehatan beterai laptop kamu.

Kelebihannya adalah kamu gak usah mendownload dan menggunakan aplikasi tambahan. Karena pada dasarnya Command promp sudah ada di semua versi windows. Dari windows 7, Windows 8 dan windows 10.

Caranya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini

Buka Command Prompt dengan cara masuk ke tombol start>Command Prompt

Selanjutnya kamu cukup ketikkan powercfg /batteryreport.

Nantinya akan muncul folder baru yang memiliki isi yang berkaitan dengan baterai laptop yang kamu pakai.

6 Cara Cek Kondisi Kesehatan Baterai Laptop Dengan Aplikasi

Nah memang cara ini berbeda dengan cara yang sebelumnya dan jika baterai kamu sudah mencapai 50% di sarankan kamu untuk mengganti baterai laptop kamu.

Kolom informasi ini berbeda pada setiap versi windows. Saat ini saya sedang mengecek kapasitas baterai saya menggunakan sistem operasi windows 10. Namun untuk informasi yang di sampaikan kurang lebih seperti di atas.

Baca Juga
10 Cara Mengatasi Laptop Windows 10 Tidak Bisa Koneksi WIFI & Internet

Cek kondisi baterai dengan Batteryinfoview

Aplikasi Batteryinfoview merupakan salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melihat kondisi baterai laptop kamu.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Dengan ukuran yang cukup kecil dan ringan untuk di jalankan. Dan aplikasi ini bisa kamu dapatkan dengan cara download di alamat www.nirsoft.net

6 Cara Cek Kondisi Kesehatan Baterai Laptop Dengan Aplikasi

Di dalam aplikasi ini terdapat menu yang menyediakan catatan log pengunaan baterai secara lengkap.

Di menu aplikasi kamu bisa tekan tombol F8 untuk mengakses halaman dan F7 untuk kembali dari halaman log.

Halaman log ini dapat membantu, misalkan ketika baterai tiba-tiba drop atau sejenisnya, nanti akan terlihat dan kita bisa mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya.

Aplikasi cek baterai Battery Care

Sama dengan aplikasi sebelumnya. Kita bisa memantau kesehatan baterai laptop kita menggunakan Batterycare.

Kita dapat salah satu informasi yang dapat kita manfaatkan adalah BatteryCycle. Dan informasi yang kamu dapat akan terlihat seperti dibawah ini.

6 Cara Cek Kondisi Kesehatan Baterai Laptop Dengan Aplikasi

Di atas terdapat beberapa tab yang bisa kamu lihat informasinya seperti dibawah ini.
  • Basic Information     Terdapat informasi dasar, seperti status baterai, presentase baterai, estimasi sisa waktu baterai dan lain-lain.
  • Detailed Information     Terdapat informasi model baterai, kapasitas daya keseluruhan baterai, wear level baterai, designed capacity, dan lain-lain.

Cek kesehatan baterai laptop dengan Battery Status Monitor

Kalau kamu ingin menampilkan status baterai yang agak sedikit detail, kamu bisa menggunakan aplikasi Battery Status Monitor.

6 Cara Cek Kondisi Kesehatan Baterai Laptop Dengan Aplikasi


Battery Status monitor ini akan menampilkan grafik lengkap dari power, CPU Speed, sampai CPU temperator.


Jika terdapat masalah dengan laptop kamu pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara restart atau cabut charger laptop kamu.

Untuk kamu yang suka bekerja di laptop dan  membuka game atau aplikasi yang cukup berat. Aplikasi ini sangat berguna sakali untuk kamu.

Baca Juga
8 Aplikasi Alternatif Visio Gratis Dan Power Full Untuk Kamu Gunakan

Battery Mon

Aplikasi ini memiliki tampilan yang mirip dengan battery status monitor yaitu berupa grafik. Namun yang membedakan di aplikasi ini adalah kamu bisa melihat perubahan grafik kekuatan baterai ketika kamu pakai.

6 Cara Cek Kondisi Kesehatan Baterai Laptop Dengan Aplikasi


Kamu juga bisa membandingkan kekuatan baterai laptop kamu apakah sama dengan status 1 hari yang lalu, minggu lalu, atau bahkan 1 bulan lalu, jadi kamu bisa terus memantau apakah baterai kamu masih kuat atau tidak.

Aplikasi di atas bisa kamu gunakan untuk melihat status baterai laptop kamu apakah harus di ganti atau baterai kamu masih bagus.

Dengan artikel Cara Cek Kondisi Kesehatan Baterai Laptop Dengan Aplikasi. semoga bisa membantu kamu

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Cara Cek Kondisi Kesehatan Baterai Laptop Dengan Aplikasi"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel