12+ Cara Mengatasi Komputer Lemot, Lambat dan Sering Hang Dengan Mudah


Cara Mengatasi Komputer Lemot, Lambat dan Sering Hang Dengan Mudah - Komputer sekarang ini sudah menjadi barang yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Selain bisa kamu gunakan untuk mengerjakan pekerjaan kamu. Komputer juga bisa kamu jadikan sebagai sarana untuk menghibur diri karena fungsinya yang sangat lengkap dan banyak.

12+ Cara Mengatasi Komputer Lemot, Lambat dan Sering Hang Dengan Mudah


Bagi kamu pengguna komputer pasti akan sangat menyebalkan jika kamu menghadapi komputer yang lelet. Sehingga membuat pekerjaan kamu tidak cepat selesai apalagi di saat-saat kamu menghadapi deatline pekerjaan yang harus kamu kerjakan secepat mungkin.

Jika kamu saat ini menghadapi menghadapi komputer dan pc lemot atau sering hang, lelet dan semacamnya. Kamu wajib untuk menyimak cara yang bisa kamu lakukan agar pc kamu tidak lemot dan pekerjaan kamu bisa cepat selesai.

Cara mengatasi komputer lemot dan lambat

Cek kapasitas harddisk

Semakin kamu menggunakan komputer, Maka akan semakin sedikit juga kapasitas penyimpanan yang ada pada harddisk komputer kamu. Oleh karena itu, Kamu harus lebih sering mengecek jumlah memori kosong yang ada di komputer kamu.

Semakin banyak kapasitas harddisk yang kosong. Maka semakin cepat juga kinerja komputer kamu dalam menjalankan setiap pekerjaan. Untuk kapasitas kosong yang wajib ada di komputer kamu adalah sekitar 15%.

Kamu bisa cek kapasitas harddisk kamu dengan cara klik kanan "Computer" klik kanan pada salah satu partisi yang kamu inginkan lalu pilih propertis.

Nanti jendela baru akan muncul dan memperlihatkan sebuah diagram lingkaran yang memperlihatkan kapasitas harddisk komputer kamu.

Baca Juga AOMEI Partition Assistant Software Gratis Untuk Partisi Harddisk

Mempersihkan file yang tidak terpakai

Saat kita menonton film secara streaming atau melakukan download tapi gagal. Biasanya file-file ini masih tersimpan di dalam komputer kita dan tidak akan di hapus sampai kita menghapus file-file ini. File ini biasanya bernama temporary file dan file temporary bisa kita hapus dengan cara mengetikkan "Disk Cleanup" pada run di start menu.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi cleaner gratis dengan download aplikasi cleaner di sini

Hapus file di direktori temp

Selain menggunakan Disk Cleanup. Kamu juga bisa menghapus file direktori temp. Buka menu Run dengan memilih Start >> Run atau tekan bersama kombinasi tombol keyboar windows key + R lalu ketikkan %temp% dan OK

Hapus file direktori prefetch

Sama seperti cara di atas kamu bisa mengetikkan "Prefetch" nantinya akan muncul jendela baru yang isinya file-file yang tidak terpakai. Kamu bisa menghapus file tersebut tanpa ragu untuk memperbesar kapasita harddisk kamu.

Jangan letakkan file ukuran besar di desktop

Biasanya kita sering meletakkan file-file kita di desktop komputer kita dengan tujuan untuk mempermudah kita menemukan file yang kita cari. Namun sebaiknya kita harus menghindari hal ini karena  menyimpan terlalu banyak aplikasi dan file pada dekstop akan membuat komputer kamu lemot.

Disarankan untuk memindahkan semua file kamu yang ada di dekstop ke partisi lain yang ada di komputer kamu. Selain cara ini bisa membuat konerja komputer kamu jadi cepat. cara ini juga bisa mengamankan data kamu jika terjadi kerusakan pada sistem operasi windows.

Defragment harddisk

Biasanya komputer akan terfrakmentasi ke dalam ratusan bagian file di berbagai lokasi seiring berjalannya waktu. Hal ini akan memperlambat respons dan kinerja komputer kamu.

Untuk memperepat konerja komputer. kamu bisa melakukan defragment. Dengan proses ini semua data yang tersebar akan dikumpulkan berdasarkan tipenya sehingga membuat komputer tidak terlalu banyak memakan waktu dan lebih mudah untuk mencarinya.

Windows kamu memiliki program  defragment bawaan dan kamu bisa menjalankan program ini dengan cara mengetikkan "Disk Defragmenter" pada menu run di start.

Cek Disk Error

Disk error di pastikan membuat komputer anda lemot. Hal ini biasanya disebabkan oleh berbagai hal seperti komputer mati tiba-tiba saat mati lampu, data korup, dan software korup.

Oleh sebab itu. anda harus sering-sering mengecek disk error dengan melakukan langkah-langkah seperti di bawah ini.

  • Klik "Start" lalu klik "Computer" atau "My Computer".
  • Klik kanan pada salah satu partisi harddisk
  • Pilih "Properties" lalu pilih "Tool"
  • Klik "Check Now" 
Baca Juga 14 Aplikasi Untuk Cek Kesehatan Hardisk PC Dan Laptop

Hapus atau uninstall program yang sudah tidak digunakan

Tidak ada gunanya tetap mempertahankan program yang sudah tidak anda gunakan lagi. Segera hapus program-program yang tidak kamu gunakan untuk menambah ruang kosong harddisk

Kamu bisa menghapus aplikasi yang terinstall di komputer kamu dengan cara hapus apliaksi di komputer dengan masuk ke Start > Control Panel pilih "Uninstall a program" lalu kamu hapus semua aplikasi yang tidak kamu gunakan di komputer kamu.

Kelola program startup

Program di startup adalah program-program yang akan langsung di jadwalkan begitu komputer kita nyalakan. beberapa program yang berjalan memang sangat dibutuhkan oleh sistem operasi di komputer begitu dinyalakan namun tidak semua dibutuhkan

Kamu bisa menghapus program yang tidak perlu dijalankan secara otomatis agar kinerja komputer kamu semakin cepat.

Untuk melakukannya kamu bisa buka menu run lalu ketikkan "msconfig" > "Startup" dan kamu bisa pilih aplikasi yang menurut kamu tidak perlu dijalankan seperti aplikasi selain milik microsoft.


Menghilangkan visual effect windows

Kamu bisa menghilangkan efek yang di jalankan windows agar komputer kamu bisa berjalan lebih cepat dari biasanya.

Kamu bisa pilih "start" lalu ketikkan "view advanced" dan pilih "view advanced system setting" selanjutnya pilih tab "Advanced" pilih "setting" pada menu "Performance"



Pilih custom dan hilangkan tanda centang pada efek visual. Nantinya tampilan windows kamu akan menjadi tidak sebagus sebelumnya namun dengan kamu gunakan cara ini, komputer kamu akan berjalan jauh lebih cepat dari biasanya.


Install antivirus

Jika kamu sering berselancar di dunia maya, dan kamu suka download aplikasi gratis yang kamu butuhkan. Biasanya aplikasi gratis itu akan di masukkan virus komputer dan juga malware sehingga komputer kamu akan berjalan sangat lemot.

Kamu bisa mencari aplikasi antivirus yang ringan dan cukup install satu antivirus karena antivirus membutuhkan RAM yang lebih besar.

Memasang dua antivirus di komputer kamu dapat menyebabkan komputer kamu berjalan lebih berat dan lemot.

Baca Juga 12 Antivirus Terbaik Dan Gratis Untuk Sistem Operasi Windows Kamu

Hapus gadget yang tidak di perlukan

Jika kamu menggunakan sistem operasi windows ke atas kamu bisa menggunakan gadget seperti calender, Clock dan lainnya. Semua gadget ini dijalankan pada saat komputer menyala karena itu pakailah gadget yang memang diperlukan. Jika perlu kamu tidak usah menggunakan gedget apapun.

Tambah Memori RAM

Sebagus apapun komputer anda. Jika memiliki RAM yang kecil akan membuat komputer kamu berjalan sangat lemot atau lambat terutama karena sekarang ini beberapa program komputer atau aplikasi komputer membutuhkan memori yang cukup besar.

Di atas merupakan langkah-langkah 12+ Cara Mengatasi Komputer Lemot, Lambat dan Sering Hang Dengan cara mengatasi komputer lemot tanpa install ulang.

Sekian dulu tutorial kali ini semoga artikel kali ini dapat membantu rekan-rekan newbie sekalian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12+ Cara Mengatasi Komputer Lemot, Lambat dan Sering Hang Dengan Mudah"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya