Cara Partisi Harddisk Tanpa Software Di Windows 10


Cara Partisi Harddisk Dengan Tanpa Software Di Windows 10 - Saat membeli laptop baru atau harddisk baru untuk komputer biasanya kapasitas harddisk masih terlalu besar untuk kamu gunakan.

Cara Partisi Harddisk Tanpa Software Di Windows 10

Biasanya kebanyakan orang pasti akan membagi atau memecah harddisk komputer atau laptop yang akan di gunakan agar sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan.

Standarnya sebuah komputer akan memiliki dua partisi yaitu partisi C:/ yang digunakan untuk sistem operasi windows yang kamu gunakan dan partisi D:/ yang nantinya akan kita pergunakan untuk menyimpan data.

Untuk mempartisi harddisk di laptop yang kamu beli. Apalagi laptop yang kamu beli sekarang menggunakan sistem operasi windows 10. Kamu bisa mempartisi harddisk kamu tanpa software yang kamu install.

Biasanya cara ini bisa di lakukan setelah kamu install windows 10 di laptop kamu. Jika belum, kamu bisa mengikuti cara install ulang laptop menggunakan windows 7 atau windows 10

Selain itu kamu juga bisa partisi harddisk laptop kamu dengan menggunakan sofware AOMEI Partition Assistant 7.5 kamu bisa membaca di artikel saya sebelumnya dengan judul AOMEI Partition Assistant Software Gratis Untuk Partisi Harddisk.

Cara membagi partisi harddisk di windows 10

Cara partisi harddisk di windows 10 kali ini menggunakan aplikasi bernama shrink yang merupakan aplikasi partisi harddisk bawaan dari windowsnya.

Aplikasi ini aman dan tidak merusak data yang ada di dalam harddisk kamu. Namun ada baiknya untuk lebih aman, kamu backup data kamu juga ya.

Setelah kamu yakin semua data yang ada di harddisk kamu telah kamu amankan. Kamu bisa melanjutkan untuk merubah ukuran harddisk kamu dengan langkah-langkah di bawah ini.

Buka file exploler seperti pada gambar di bawah ini

Cara Partisi Harddisk Tanpa Software Di Windows 10

 Klik kanan pada tulisan This PC lalu kamu pilih Manage untuk masuk ke jendela selanjutnya


Cara Partisi Harddisk Tanpa Software Di Windows 10

Pilih Disk Management yang nantinya akan muncul kapasitas harddisk yang saat ini kamu gunakan seperti pada gambar di bawah ini

Cara Partisi Harddisk Tanpa Software Di Windows 10

Kebetulan di pc saya menggunakan dua buah harddisk dan saya ingin mempartisi harddisk kedua saya seperti pada gambar di atas. Jika kamu menggunakan 1 buah harddisk maka hanya akan tampil 1 buah partisi saja.

Pilih harddisk yang ingin kamu partisi lalu kamu klik kanan dan pilih shrink volume. Dan tahap selanjutnya akan tampil jendela seperti pada gambar di bawah ini


Cara Partisi Harddisk Tanpa Software Di Windows 10

Masukkan jumlah yang ingin kamu partisi dalam MB. Jika kamu ingin partisi harddisk kamu sebanyak 200GB kamu bias memasukkan ke dalam form di atas sebesar 200000 MB karena 1 GB = 1000 MB

Sisanya partisi yang kamu shrink akan menjadi partisi C:/ yang nantinya akan menjadi sistem windows 10 kamu.

Oiya jika kamu menggunakan windows 7. Cara di atas bisa kamu pergunakan juga karena aplikasi ini sebenarnya sudah di perkenalkan pada pengguna sistem operasi windows 7.

Namun sekarang masih di pergunakan pada sistem operasi windows 8 dan juga windwos 10.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Partisi Harddisk Tanpa Software Di Windows 10"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya