DDR3 VS DDR3L Apa Bedanya?


DDR3 VS DDR3L Apa Bedanya - Jika kamu pemilik komputer atau laptop dan ingin melakukan upgrade hardware khususnya RAM (Random Access Memory). Pada kasus ini saya pernah melakukan penambahan ram pada laptop saya yang menggunakan ram DDR3.

DDR3 VS DDR3L Apa Bedanya?

Namun pada saat melakukan penggantian ram pada laptop tersebut saya sedikit bingung dengan tipe ram yang terdapat pada laptop itu.

Akhirnya sebelum mengganti ram yang digunakan pada laptop saya melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan software cek hardware laptop bernama CPU-Z yang bisa melihat tipe hardware yang digunakan pada komputer.

Pada aplikasi CPU-Z memberikan informasi RAM yang dipergunakan pada laptop saya merupakan ram DDR3 namun ram tersebut memiliki daya tegangan yang berbeda yaitu 1,35 Volt.

Sedikit berbeda dengan laptop lainnya yang menggunakan RAM DDR3 biasa yang memiliki tegangan 1,5 Volt

Setelah mencari informasi di google akhirnya saya mengetahui jika ram yang saya gunakan pada laptop saya merupakan ram dengan tipe DDR3L atau DDR3 Low Voltage.


Perbedaan RAM DDR3 vs DDR3L

Perbedaan yang paling mencolok antara RAM DDR3 dan RAM DDR3L terlihat dari jumlah volt yang terdapat pada ram tersebut. 

Untuk RAM DDR3 menggunakan 1.5 Volt sedangkan RAM DDR3L menggunakan 1.3 Volt. Untuk perbedaan jelasnya kamu bisa menggunakan aplikasi bernama CPU-Z untuk melihat perbedaan ini.

Dan DDR3L lebih hemat energi ketimbang DDR3 biasa yang sering kita temukan di toko-toko komputer sekarang ini.

Harga DDR3 vs DDR3L

Untuk harga bisa di bilang DDR3 dan DDR3L tidak jauh berbeda. kisaran Rp 200.000 - 300.000 tergantung besaran kapasitas ram yang ingin kita beli.

Dan juga tergantung dari kapasitas ram misalkan ada ram yang lebelnya DDR3 12800 atau DDR3 10600 harganya akan berbeda pasti

Akibat salah beli ram DDR3L dan DDR3

Pernah sekali saya membeli ram untuk laptop yang menggunakan DDR3L, seharusnya ram tersebut di gunakan pada komputer dengan RAM DDR3 namun saya pergunakan untuk laptop dengan RAM RRD3L

Alhasil laptop tersebut tetap jalan namun jumlah volt yang di pergunakan berkurang. Ada lagi kasus di mana saat kita menggunakan ram yang salah. Laptop tersebut malah mati sehingga harus menggunakan RAM yang di haruskan.

Untuk lebih jelas mengenai penggunaan ram ini. Biasanya tiap laptop akan menyertakan penjelasan ini pada buku panduan yang ada pada kardus laptop pada saat kita membeli laptop pertama kalinya.

Cara mengetahui laptop menggunakan ram DDR3 atau DDR3L

Kita bisa mengetahui laptop kita menggunakan ram DDR3 atau DDR3L dengan 2 cara. Yaitu secara fisik dan juga dengan menggunakan sebuah aplikasi.

Dengan cara fisik

Untuk cara fisik. Kita bisa mengetahui laptop kita menggunakan ram DDR3 atau DDR3L dengan cara membuka casing laptop kita dan melihat secara langsung ram yang kita gunakan.

Untuk cara ini sebaiknya yang tidak biasa membongkar laptop bisa meminta bantuan orang yang ahli di bidangnya. Karena jika terjadi kesalahan ada kemungkinan laptop kamu akan rusak.

Dengan software

Jika menggunakan software. Kita bisa menggunakan software cek hardware laptop yang bisa kita download dan kita jalankan di komputer atau laptop kita. Aplikasi ini bersifat portable sehingga kita tidak perlu menginstallnya di komputer kita. 

Jadi komputer kita tidak pernuh dengan aplikasi yang bisa membuat komputer kita menjadi lemot

Agar kamu gak salah beli tipe ram. Sebaiknya sebelum membeli kamu mengecek dahulu tipe ram yang laptop kamu gunakan.

Alasannya mah sederhana. kebanyakan penjual ram tidak menyediakan jasa retur ram sehingga ram yang kamu beli tidak bisa di kembalikan.

Dari pada uang gak kembali lebih baik cek di awal kan. Nah sekian dulu ya tutorial kali ini dengan judul DDR3 VS DDR3L Apa Bedanya?.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DDR3 VS DDR3L Apa Bedanya?"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya