-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Untuk Yang Belum Tau! Ini Perbedaan Windows 32bit Dan 64bit

Untuk Yang Belum Tau! Ini Perbedaan Windows 32bit Dan 64bit - Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak di gunakan oleh pengguna komputer dan laptop di seluruh dunia. Sistem operasi windows saat ini telah masuk ke versi windows 10 dan sampai sekarang masih banyak juga yang menggunakan sistem operasi windows 7.

Untuk Yang Belum Tau! Ini Perbedaan Windows 32bit Dan 64bit


Saat ini terdapat dua jenis sistem yang berbeda yang bisa kita gunakan yaitu 32bit dan 64bit. Namun kadang kala para pengguna komputer tidak memperhatikan apakah sistem operasi yang mereka gunakan adalah sistem operasi 32bit dan 64bit. Akibat dari sistem yang tidak kita ketahui tersebut berdampak pada kinerja komputer yang kamu gunakan.

Untuk kamu yang belum tau ini nih kelebihan dan kekurangan jika kamu menggunakan sistem operasi windows 32bit atau windows 64bit.

Baca Juga
2 Cara Mengetahui Prosesor 32Bit Atau 64bit Di Os Windows 10

Jumlah ram yang digunakan

Untuk mengetahui perbedaan yang paling mendasar untuk mengetahui apakah sistem operasi kamu menggunakan windows 32bit atau windows 64bit adalah maksimal jumlah ram yang dapat kamu gunakan.

Untuk windows dengan sistem 32bit memilih jumlah batasan RAM yang lebih kecil dari pada 64bit. Windows 32bit memiliki batasan penggunaan ram kurang dari 4GB dan akan bekerja lebih optimal jika menggunakan ram 2 GB.

Untuk windows yang menggunakan sistem windows 64bit dapat menggunakan RAM lebih dari 4GB. Jika kamu memaksakan memasang ram 4GB di windows dengan sistem 32bit maka akan terbaca 3GB saja, Hal ini karena keterbatasan dan perbedaan arsitektur prosesor antara 32bit dan 64bit.

Dari segi performa

Berbeda sistem antara 32bit dan 64bit ternyata berpengaruh kepada perfroma dan kinerja komputer kamu. Dan kemampuan ini ditentukan oleh prosesor yang kamu pergunakan. Teknologi 64bit lebih baru ketimbang 32bit. Sistem operasi windows 32bit dengan prosesor 32bit akan memiliki kemampuan di bawah sistem operasi yang menggunakan sistem 64bit.

Sehingga kombinasi windows dan prosesor ini hanya cocok untuk melakukan pekerjaan ringan dan membuka aplikasi yang tidak terlalu berat. Sedangkan windows dengan sistem prosesor 64bit sangat cocok untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih berat seperti desain, video editing, game dan lain sebagainya.

Kemampuan memproses data

Perbedaan ini tentu akan sangat berpengaruh kepada performasi komputer itu sendiri dalam meproses data. angka 32 dan 64 bit itu merupakan perwakilan dari jumlah data yang dapat diproses dalam satu kalu putaran, 32bit memiliki arti ketika sistem windows melakukan satu kali proses, daya yang dimuat adalah sebesar 32bit begitu juga 64bit sehingga sistem operasi dengan os 64bit akan lebih cepat.

Software

Untuk aplikasi dan software yang digunakan juga sangat berpengaruh besar dengan aplikasi yang dapat di gunakan dan install di sistem operasi ini. Untuk windows 32bit tidak akan dapat menjalankan aplikasi dengan sistem 64bit. Namun untuk windows yang 64bit dapat di install aplikasi dengan sistem 32bit dan 64bit.

Setelah kita mengetahui berbagai kemampuan yang di miliki oleh sistem 32bit dan 64bit saatnya kita mengetahui kekurangan dan kelebihan sistem operasi windows yang menggunakan sistem 32bit dan 64bit.

Kelebihan windows 32bit

Kamu bisa menjalankan aplikasi dan software lawas yang berbasis 16it dan lebih kompatible dengan driver yang lebih lama sehingga cocok untuk kamu pergunakan pada laptop dan komputer lama dengan ram 2GB.

Kekurangan windows 32bit

Tidak banyak software baru yang dapat digunakan pada sistem operasi ini dan kamu tidak dapat menggunakan atau menambah ram lebih dari 3GB dan tidak bisa menggunakan beberapa aplikasi dan game berat yang membutuhkan sistem 64bit.

Kelebihan windows 64bit

Komputer kamu akan lebih cepat dan efisien lalu mampu membuat kinerja prosesor kamu jadi lebih optimal sehingga dapat menjalankan software dengan sistem 32bit dan 64bit. Dengan sistem operasi 64bit ini kamu bisa menjalankan software terbaru yang mengutamakan grafis.

Kekurangan windows 64bit

Kekurangan dari sistem windows 64bit hanyalah tidak dapat digunakan pada komputer tua. Hal ini dikarenakan pada komputer tua. belum mendukung prosesor dengan sistem 64bit.

Baca Juga
6 Alternatif Pemendek Shortener URL Pengganti Goo.gl

Untuk kamu yang ingin menggunakan komputer atau laptop yang kamu gunakan sehari-hari untuk keperluan bermain game atau desain. disarankan untuk mengupgrade komputer kamu dengan menambahkan ram sehingga bisa menggunakan sistem operasi windows 64bit.

Sekian dulu ya artikel newbie kali ini dengan judul Untuk Yang Belum Tau! Ini Perbedaan Windows 32bit Dan 64bit. Semoga artikel kali ini dapat membantu rekan-rekan sekalian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Untuk Yang Belum Tau! Ini Perbedaan Windows 32bit Dan 64bit"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel