-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Ini Perbedaan Access Point Dan Router

Ini Perbedaan Access Point Dan Router - Untuk kamu yang ingin menambahkan WIFI di rumah atau di kantor pasti sering bertanya-tanya apa perbedaan Access poin dan Router. Biasanya di pasaran jika kita membeli WIFI pasti kita sering diberikan oleh penjaga konter komputer adalah router.

apa itu router, pengertian access poin, cara kerja access poin


Sampai saat ini masih banyak yang menanyakan pengertian dan perbedaan access point dan juga wireless router. Walau terlihat sama yaitu sama-sama bisa kita gunakan untuk mengakses internet tanpa kabel namun kedua barang ini memiliki perbedaan.

Perbedaan utama antara Wireless access point dan wireless router adalah terletak pada fungsi firewall (Nat). Biasanya wireless access point tidak memiliki fitur nat dan juga fitur firewall namun biasanya access point digunakan untuk memperluas jaringan tanpa harus menggunakan router.

Pengertian NAT

Network Address Translation adalah suatu fitur yang harus ada pada semua jenis router. Nat merupakan metode utama untuk menterjemahkan IP Address yang ada di belakang router agar ip address yang terdaftar bisa mengakses internet.

Lalu apa yang membedakan dari wireless access poin dan juga wireless router dan fungsi dari access point dan wireless router yang telah kita beli.

Baca Juga
3 Cara Merubah Tipe Network Di Windows 10 Dari Public Ke Private

Pengertian access point dan wireless router

Untuk kamu yang masih penasaran dengan perbedaan wireless router dan wireless access point sebelumnya kamu wajib mengetahui pengertian dari kedua wireless tersebut.

Pengertian Access Poin

Access point merupakan sebuah perangkat yang memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa wireless client komputer atau perangkat wireless handphone yang terhubung dalam sebuah jaringan yang sama.

Jika kita menggunakan kabel dalam sebuah jaringan kantor atau rumah. Maka Access point kita bisa anggap sebuah swicth yang menghubungkan beberapa komputer dengan menggunakan kabel LAN. Namun yang membedakannya adalah jika access point menggunakan gelombang radio.

Apa itu Router

Wireless router adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network lainnya baik itu sebuah jaringan Lan ke Lan atau Lan ke WAN sehingga kita bisa berhubungan dengan host yang memiliki jaringan berbeda.

Perbedaan access poin dan wireless router

Dengan penjelasan yang sudah saya berikan di atas kita sekarang sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan access poin dan juga wireless router. Selain perbedaan di atas terdapat juga perbedaan yang lain yang harus kamu ketahui misalkan.

Wireless Router

  • Dengan menggunakan wireless router kita bisa menghubungkan beberapa jaringan wireless yang berbeda atau beda subnet.
  • Wireless router dapat menjadi DHCP server, sehingga kita tidak perlu lagi untuk membuar server untuk fasilitas DHCP server ini
  • Dapat digunakan untuk membelokkan paket data yang di tunjukan ke server tertentu (redirect port)
  • Dapat kita gunakan untuk memetakan port service yang ada di pc/server ke port yang berbeda (Port Forwading)
  • Dapat digunakan untuk sharing internet atau akses internet ke beberapa komputer
  • Dapat melakukan NAT, dimana ip public internet dari isp berbeda dengan ip di komputer.
  • Dapat digunakan sebagai firewall sehingga komputer lain yang ada di internet tidak dapat mengakses komputer di jaringan anda
  • Dapat menggantikan sebuah server jaringan yang menyediakan akses internet sharing atau bandwidth manager
  • Wireless router dapat melakukan traffic shaping/bandwith management
  • Dapat difungsikan sebagai moden dialler sehingga kita dapat langsung terkoneksi dengan internet tanpa harus memasang modem ke komputer.

Baca Juga 
Ciri-ciri Hard Disk Yang Rusak Dan Cara Mengatasinya

Access Poin

  • Fungsi Access poin adalah sebagai gerbang untuk mengguna wifi untuk masuk ke dalam jaringan internet.
  • Tidak dapat menjadi dhcp server
  • Tidak memiliki port forwading
  • Tidak memiliki port redirecting
  • Tidak dapat menggantikan server jaringan
  • Tidak memiliki fitur NAT
  • Akan semakin lambat jika banyak user yang mengakses
  • Tidak memiliki fitur bandwidth Management

Dari penjelasan yang sudah saya berikan di atas maka sekarang kita sudah mengetahui pengertian AP client Router dan juga wireless router. Sehingga dengan begini jika kamu ingin membeli wireless untuk keperluan kantor atau rumah kamu. Kamu sudah bisa membedakan antara wireless access point dan juga wireless router.

Sekian dulu artikel kali ini dengan judul Ini Perbedaan Access Point Dan Router. Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Perbedaan Access Point Dan Router"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel