Simulator Venturimeter Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Keperluan Sehari-Hari

Simulator Venturimeter Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Keperluan Sehari-Hari -  Jika kamu bekerja di bidang konstruksi maka kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Venturimeter.
Venturimeter adalah sebuah alat yang memiliki nama pipa venturi. Pipa venturi merupakan sebuah pipa yang memiliki penampang yang pada bagian tengahnya lebih sempit dan biasa di letakkan mendatan dengan dilengkapi dengan pipa pengendari agar dapat diketahui permukaan air yang ada, sehingga kita bisa mengetahui dan menghitung besarnya tekanan air.

Venturimeter dapat kamu gunakan untuk melakukan pengukuran laju alur fluida dan biasanya kita pergunakan untuk menghitung lalu aliran air atau minyak yang mengalir melalui pipa. Namun kebanyakan digunakan untuk mengukur volume cairan dan biasanya digunakan untuk mengukur aliran cairan yang mengalir setiap detiknya.

Sebelum kita melangkah lebih lanjut mengenai simulator venturimeter ada baiknya kita mengetahui beberapa hal terlebih dahulu mengenai Hukum Bernoulli

Hukum Bernoulli

Hukung Bernoulli biasanya akan diterapkan pada zat cair yang mengalir dengan kecepatan berbeda di dalam satu pipa.

Prinsip Bernoulli

Prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika fluida yang menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida, peningkatan paa kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut. 

Prinsip ini sebenarnya merupakan penyerderhanaan dari persamaan bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energi pada suatu titik di dalam suatu aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energi di titik lain pada jalur aliran yang sama.

Prinsip ini diambil dari nama ilmuwan belanda/swiss yang bernama Daniel Bernoulli. Dalam bentuk yang sudah di sederhanakan, secara umum terdapat dua bentuk persamaan bernoulli, pertama berlaku untuk aliran tak termampatkan (incompressible flow), dan yang lain adalah untuk fluida termampatkan (Compressible flow).

Baca Juga

Penerapam Prinsip Bernoulli pada kehidupan sehari hari

Ternyata selain bisa digunakan pada bidang konstruksi Perinsip bernoulli bisa kamu temui dan kamu gunakan pada kehidupan sehari-hari seperti

Penerapan prinsip dan asas bernoulli pada alat penyemprot

Alat penyemprot yang menggunakan prinsip bernoulli yang sering kita gunakan adalah pada alat penyemprot racun serangga yang sering kamu lihat seperti pada gambar berikut ini

rumus venturimeter, venturimeter dengan manometer, venturimeter tanpa manometer
image: http://fisikazone.com
Ketika kita menekan batang penghisap, udara dipaksa keluar dari tabung pompa melalui tabung semping pada ujungnya. Semburan udara yang bergerak dengan cepat mampu menurunkan tekanan pada bagian atas tabung tandon yang berisi cairan racun. Hal ini menyebabkan tekanan atmosfer pada permukaan cairan turun dan memaksa cairan naik ke atas tabung. Semburan udara berkelanjuan tinggi meniup cairan sehingga cairan dikeluarkan sebagai semburan kabut halus.

Penerapan asas bernoulli pada karburator

Karburator merupakan alat yang berfungsi untuk menghasilkan campuran bahan bakar dengan udara, Campuran ini akan memasuki silinder masin untuk tujuan pembakaran. Untuk memahami cara kerja karburator pada kendaraan bermotor, perhatikan gambar berikut:

rumus venturimeter, venturimeter dengan manometer, venturimeter tanpa manometer
image :http://fisikazone.com

 
Penampang pada bagian atas jet menyempit, sehingga udara yang mengalir pada bagian ini bergerak dengan kelajuan yang tinggi. Sesuai asas Bernoulli, tekanan pada bagian ini rendah. Tekanan di dalam tangki bensin sama dengan tekanan atmosfer. Terkanan atmosfer memaksa bahan bakar tersembur keluar melalui jet sehingga bahan bakar bercampur denga udara sebelum memasuki silinder mesin.

Baca Juga

Penerapan asas bernoulli pada gaya angkat sayap pada pesawat terbang

Pesawat terbang dapat terangkat ke udara karena kelajuan udara yang melalui sayap pesawat. Pesawat terbang tidak seperti roket yang terangkat ke atas karena aksi-reaksi antara gas yang disemburkan oleh roket tersebut.

Roket menyembur gas ke belakang, dan sebagian reaksinya gas mendorong roket maju. Jadi, roket dapat terangkat ke atas walaupun tidak ada udara, tapi berbeda dengan pesawat terbang, karena pesawat terbang tidak terangkat jika tidak ada udara.

Sebuah pesawat terbang dapat terangkat ke atas jika gaya angkat lebih bersar daripada berat pesawat. Jadi, seuatu pesawat dapat terbang atau tidak terngantung dari berat pesawat, kelajuan pesawat, dan ukuran sayap pesawat semakin besar. Sama juga dengan semakin besar ukuran sayap pesawat semakin besar pula gaya angkatnya.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihatnya pada gambar berikut ini:


rumus venturimeter, venturimeter dengan manometer, venturimeter tanpa manometer
image : http://fisikazone.com

Penerapan Prinsip Bernoulli pada venturimeter

Rumus venturimeter

Fluida yang mangalir dalam pipa mempunyai masa jenis p. Kecepatan fluida mengalir pada pipa sebelah kanan, maka tekanan pada pipa sebelah kiri lebih besar. Perbedaan tekanan fluida di dua tempat tersebut diukur oleh manometer yang diisi dengan fluida dengan masa jenis p’ dan manometer menjunjukkan bahwa perbedaan ketinggian permukaan fluida di kedua sisi adalah H. Dengan menggunakan persamaan kontinuitas dan persamaan bernoulli.

Untuk venturimeter tanpa manometer , kelajuan aliran pada masing-masing titip adalah seperti pada gambar berikut ini.

rumus venturimeter, venturimeter dengan manometer, venturimeter tanpa manometer
Dengan rumus
rumus venturimeter, venturimeter dengan manometer, venturimeter tanpa manometer
Untuk venturimeter dengan manometer, dimana terdapat fluida lain di dalam manometer, maka kelajuan aliran pada masing-masing titik adalah sperti pada gambar ini

rumus venturimeter, venturimeter dengan manometer, venturimeter tanpa manometer


Dengan rumus


rumus venturimeter, venturimeter dengan manometer, venturimeter tanpa manometer

Keterangan
V1 : Kecepatan aliran pada permukaan 1(m/s)
V2 : Kecepatan aliran pada permukaan 2(m/s)
A1 : Luas penampang 1(m2)
A2 : Luas penampang 2(m2)
h : Beda ketinggian permukaan fluida pd manometer (m)
ρ : Massa jenis fluida pada venturimeter (kg/m3)
ρ’ : Massa jenis fluida pada manometer (kg/m3)
g : Kecepatan gravitasi (m/s2) 

Baca Juga

Untuk kamu yang ingin mencoba menerapkan asas Prinsip Bernoulli pada venturimeter tanpa manometer atau venturimeter dengan manometer. Kamu bisa mencoba untuk menggunakan simulator venturimeter dengan manometer dan venturimeter tanpa manometer,


Untuk kamu yang belajar fisika pasti sudah mengetahui rumus-rumus di atas sehingga kamu bisa menerapkannya pada kehidupan sehari-hari kamu.

Terima kasih sudah membaca artikel saya kali ini dengan judul Simulator Venturimeter Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk KeperluanSehari-Hari semoga atikel saya kali ini dapat membantu rekan-rekan sekalian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Simulator Venturimeter Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Keperluan Sehari-Hari"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya