-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Sharing Folder dan Printer Di Windows 10

Sistem operasi windows memiliki fitur dimana kita bisa melakukan sharing file dan sharing printer yang memudahkan para pengguna windows untuk berbagi file dan folder antar perangkat.

4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Sharing Folder dan Printer Di Windows 10

Langkah Cara Atasi Tidak Bisa akses Sharing folder Windows 10 - Fitur ini bisa di bilang sangat membantu para pengguna sistem operasi windows untuk mengakses file di pc yang berbeda dengan mudahnya.

Namun kadang beberapa sebab di windows 10, fitur ini tidak bisa berfungsi sehingga kita tidak bisa  sharing printer atau membuat file sharing di windows 10.

Dan karena beberapa masalah ini sehingga para pengguna windows 10 mencoba untuk mencari cara untuk mengatasi tidak bisa sharing Folder/File di Windows 10.

Fitur bawaan windows ini sehingga memudahkan para pengguna windows untuk bisa saling bertukar file dan folder jauh lebih mudah tanpa harus melakukan kontak dengan menggunakan perangkat lain.

Untuk menggunakan fitur sharing ini kamu cukup mengaktifkan fitur file sharing folder windows pada perangkat komputer yang kamu miliki.

Baca Juga 

12 Alasan Kenapa Kamu Wajib Pakai SSD


Cara atasi tidak bisa sharing Folder/File di windows 10

Bagi kamu yang ingin menggunakan fitur sharing Folder atau file windows 10 tapi memiliki kendala, newbie akan memberikan kamu cara untuk mengatasinya.

Bagaimana cara mengatasi masalah tidak bisa sharing data?

Komputer tidak bisa sharing data dikarenakan beberapa permasalahan yang bisa kamu atasi dengan cara berikut ini

1. Mengatasi masalah jika folder tidak bisa di akses

Salah satu masalah jika kamu tidak bisa sharing di windows 10 adalah karena folder yang kamu ingin akses tidak bisa di akses.


Jika kamu mengalami permasalahan ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka windows file explorer yang ada di perangkat komputer dan kemudian kamu bisa mencari folder yang ingin kamu bagikan.
  • Selanjutnya klik kanan di folder dan kemudian pilih opsi propertis.
  • Saat jendela propertis terbuka, kamu bisa klik tab security.
  • Selanjutnya cek pada bagian kolom group of user names dan kemudian klik pada bagian kotak edit.
  • Jika sudah, pastikan di dalamnya harus pilih kategori user berupa everyone agar orang lain bisa akses folder tersebut.
  • Pilih kotak bagian add dan kemudian kamu bisa pilih opsi advanced dan kemudiakan klik opsi find now untuk menambahkan user yang ingin kamu bagikan file atau folder.
  • Selanjutnya akan ada banyak user yang bisa kamu pilih. selanjutnya kamu bisa klik bagian Everyone dan kemudian tekan tombol OK.
  • Centang juga pada bagian alasan mengapa kamu memilih user everyone dan silahkan klik OK untuk mengkonfirmasi.
  • Cek juga bagian kolom group of user names dan kemudian klik di bagian edit.
  • Pilih kategori user everyone agar orang lain bisa akses folder tersebut.

Dengan cara di atas, kamu bisa membuat folder yang kamu sharing bisa di akses oleh semua orang yang ada di jaringan lokal kamu.

Jika begini kamu wajib untuk berhati-hati ketika kamu ingin menggunakan cara sharing file dan folder di windows 10.

Pastikan jika kamu ingin mengaktfkan fitur ini, kamu berada di dalam jaringan yang terpercaya dan dengan orang-orang yang kamu percayai.

2. User tidak bisa akses folder sharing

Penyebab lain kenapa kamu tidak bisa akses folder sharing kamu dengan pengguna lain di sistem operasi windows 10 adalah karena user yang ingin akses tidak bisa masuk ke dalam jaringan yang sama dengan perangkat laptop atau pc yang kamu gunakan.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi tidak bisa sharing folder/file di windows 10

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah klik pada bagian logo Windows yang ada di bagian pojok kanan bawah layar kompter atau laptop kamu
  • Klik pada bagian ikon bergambar gerigi untuk masuk ke menu settings.
  • Saat menu settings terbuka, silahkan kamu bisa pilih pada bagian Network and sharing center dan kemudian kamu bisa pilih bagian opsi change advance sharing settings.
  • Selanjutnya kamu bisa klik pada bagian opsi All Network dan kemudian kamu bisa bergulir ke arah bagian bawah untuk menemukan opsi bertuliskan Turn on password-protected sharing serta turn off password-protected sharing.
  • Pilih opsi turn off password-protected sharing untuk memberikan akses komputer lain untuk bisa berbagi file dan folder pada komputer kamu.
  • Jika sudah kamu bisa klik save changes untuk menyimpan perubahan pengaturan tersebut.
  • Silahkan kamu bisa meminta teman kamu untuk mencoba menghubungkan ulang ke jaringan untuk mencoba berbagi file dan folder secara nirkabel.

Dengan langkah di atas kamu bisa membuat komputer lain terhubung ke jaringan komputer kamu lebih mudah.

Tapi jika proteksi password di matikan maka orang lain di dalam jaringan kamu bisa dengan mudah mengkases file yang kamu sharing 

Jadi kamu wajib untuk berhati-hati salam melakukan sharing windows di komputer atau laptop kamu.

3. Firewall

Firewall adalah fitur yang di miliki oleh sistem operasi windows 10 yang melakukan blokir akses berbahaya yang masuk ke komputer kamu.

Kamu bisa mematikan fitur firewall jika komputer kamu sudah memiliki antivirus berbayar sehingga kamu bisa akses folder sharing antar komputer atau laptop kamu.

Baca Juga 

10 Cara Gampang Atasi Suara Laptop Tidak Keluar


4. Antivirus

Selain permasalahan di atas, salah satu penyebab kamu tidak bisa akses folder yang di sharing pada komputer lain di windows 10 adalah antivirus.

Di dalam fitur antivirus terdapat vitur di mana hanya jaringan yang terpercaya saja yang dapat mengkases ke komputer yang memiliki sharing folder.

Jadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara menonaktifkan antivirus di komputer yang ada sharing foldernya.

Namun cara ini sangat berbahaya karena banyak banget virus berbahaya yang bisa menyebabkan data kamu hilang atau terencripsi seperti ransomware.

Ada cara yang bisa kamu gunakan untuk menonaktifkan fitur keamanan jaringan di antivirus kamu sehingga kamu dapat dengan mudah sharing folder di windows 10.

Sekian dulu tutorial newbie yang menginfokan Bagaimana cara mengatasi masalah tidak bisa sharing data

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Sharing Folder dan Printer Di Windows 10"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel