-->

10 Cara Screenshot di Komputer Windows 11

Cara Screenshot di Komputer adalah cara untuk mengambil gambar yang ada di layar laptop sehingga tampilan layar laptop kamu bisa kamu gunakan pada blog atau sebagai sumber pembelajaran.

10 Cara Screenshot di Komputer Windows 11

 

10 Cara Screenshot di Komputer Windows 11 - Misalkan jika kamu sedang ada kelas online dan kamu menemukan materi yang ingin kamu simpan

Kamu bisa menggunakan fasilitas Printscreen untuk menangkap gambar layar laptop atau layar komputer yang kamu gunakan.

Bagi kamu yang merupakan seorang blogger yang ingin menampilkan gambar layar komputer kamu untuk sebuah tutorial.

Cara print screen di komputer ini bisa juga kamu pakai untuk menangkap gambar yang kamu gunakan.

Lalu bagaimana cara screenshot di laptop windows 10?

Sebelumnya saya juga sudah membuat artikel tutorial cara menangkap layar screenshoot hp android yang bisa kamu baca langkah-langkahnya.

Dan di artikel saya kali ini saya akan memberikan rekan-rekan newbie cara untuk printscreen layar komputer dan layar laptop kamu yang menggunakan sistem operasi windows 10.

Baca Juga 

12 Alasan Kenapa Kamu Wajib Pakai SSD


Cara Screenshot di Komputer Windows 11

Ada beberapa cara screenshot di komputer menggunakan keyboard, atau kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi tambahan yang gratis atau berbayar.

Untuk cara screenshot di komputer menggunakan keyboard bisa juga kamu gunakan langkah-langkahnya di bawah ini

1. Tekan tombol printscreen atau PrtScn

Cara Screenshot di Komputer yang bisa kamu gunakan untuk menangkap layar laptop kamu yang pakai windows 10 adalah dengan menekan tombol PrtScn atau tombol Printscreen di keyboard yang kamu gunakan.


10 Cara Screenshot di Komputer Windows 11


Dengan menekan tombol yang ada di keyboard laptop maka seluruh tampilan layar akan secara otomatis tertangkap dan masuk ke dalam clipboard yang ada di komputer

Tapi ada beberapa Cara Screenshot di laptop yang mewajibkan kamu untuk menekan tombol Fn untuk dapat menggunakan fitur ini.

Namun cara screenshot windows 10 tanpa aplikasi ini tidak langsung menyimpan gambar layar komputer yang kamu tangkap namun kamu harus menggunakan langkah selanjutnya.

Untuk menampilkan gambar yang kamu tangkap, kamu bisa membuka aplikasi Microsoft Paint, dan kemudian klik kanan pilih paste.

Nantinya tangkapan layar tadi akan muncul dan selanjutnya kamu bisa menyimpannya dengan klik logo disket di kiri atas.


2. Alt + Print Screen

Jika pada cara sebelumnya kamu akan menangkap seluruh layar, di langkah selanjutnya kamu bisa menangkapnya dengan Cara Screenshot di Komputer windows 10 di komputer dengan keyboard untuk hanya windows atau jendela yang sedang aktif saja.

Untuk caranya kamu cukup menekan tombol Alt + Printscreen

Hal ini bisa kamu gunakan untuk melakukan screenshot hal yang penting saja ketika kamu sedang membuka banyak jendela di windows.

Untuk menampilkannya kamu bisa menggunakan aplikasi microsoft pain dan menyimpannya di hardisk kamu.


3. Win + Printscreen

10 Cara Screenshot di Komputer Windows 11


Kombinasi selanjutnya adalah Cara Screenshot di Komputer dengan kombinasi tombol Windows + Print Screen dengan kombinasi tombol ini kamu bisa langsung menyimpan hasil foto layar komputer kamu ke folder screenshot.

Dengan cara ini kamu sudah tidak perlu lagi untuk membuka aplikasi microsoft paint dan di dalam folder tersebut kamu akan mendapatkan gambar dengan berekstensi .png


4. Win + H

Di windows 10 kamu bisa langsung membuka tangkapan layar kamu dan langsung di buka menggunakan aplikasi tertentu.

Caranya kamu cukup menekan kombinasi tombol windows + H lalu kombinasi tombol ini akan men-screenshot jendela yang aktif dan akan memunculkan dialog box untuk membuka gambar di aplikasi lain.


5. Windows + Shift + s

Dengan kombinasi tombol Cara Screenshot di Komputer ini nantinya kamu bisa menangkap tampilan layar lebih sesuai dengan keinginan kamu.

Dengan menekan tombol tersebut, tampilan layar akan menjadi lebih gelap dan krusor akan berubah menjadi logo Plus.

Kamu cukup melakukan click and drag saja untuk menangkap tampilan layar sesuai dengan area yang kamu inginkan.

Nantinya tampilan layar ini akan tersimpan di clipboard dan untuk membukanya kamu dapat menggunakan aplikasi microsoft paint dan menyimpannya.


6. Snipping tool

10 Cara Screenshot di Komputer Windows 11

Fasilitas Snipping tool sudah ada semenjak kita menggunakan sistem operasi windows 10, Cara screenshoot di laptop windows 10 ini bisa kamu lakukan tanpa kamu harus mengingat banyak kombinasi tombol.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk menangkap tampilan layar sesuai area yang kamu inginkan dan tak hanya itu tanpilan yang sudah kamu tangkap bisa kamu crop kembali jika di rasakan kurang sesuai.

Kamu juga bisa menambahkan tulisan di hasil tangkapan layar kamu dengan snipping tools agar kamu bisa dengan mudah menjelaskan dan dapat mudah di pahami.

Baca Juga 200+ Tombol Shortcut Pada Keyboard Dan Fungsinya Yang Wajib Anda Ketahui


8. Game Bar

Windows 10 memiliki fitur tersediri yang bisa para gammer gunakan untuk screenshot layar laptop atau layar komputer mereka.

Di Windows 10 kamu bisa membuka aplikasi Xbox, dan kemudian buka menu setting dan tekan tab game DVR.

Setelah itu, kamu bisa centang kotak yang bertuliskan "record game clips and screenshot using game DVR"

Selanjutnya, saat sedang menjalankan suatu game, kamu cukup menekan kombinasi tombol Windows + G.

Saat muncul overlay pop up sebagai menu yang bisa kamu pilih. kamu bisa memilih icon kamera untuk menangkap tampilan game dalam bentuk gambar.

Fitur ini bisa berjalan dalam game dan aplikasi xbox dan hasilnya dapat kamu lihat di folder Video/Capture.


9. Dengan aplikasi Gratis GreenShot

Selain dengan aplikasi bawaan dari windows 10 untuk kamu bisa melakukan screenshoot layar laptop  yang kamu pakai.

Kamu juga bisa menggunakan Cara Screenshot di Komputer menggunakan aplikasi pihak ke tiga dengan nama GreenShot yang bisa kamu pakai untuk menangkap tampilan layar dan menyimpannya di hardisk komputer kamu.

Selain itu aplikasi ini gratis dengan memiliki banyak fitur lengkap yang bisa kamu pakai di windows 10.

Untuk cara melihat hasil screenshot di laptop windows 10 kamu bisa melihatnya di dalam folder picture atau secara defaul di desktop layar laptop kamu. 

Baca Juga 

12 Cara Atasi Windows Was Unable To Connect Wifi


10. Apowersoft screen capture pro

Selain dengan aplikasi gratis yang sudah ok, kamu juga bisa screenshot di windows 10 dengan menggunakan aplikasi berbayar Apowersoft Screen Capture Pro.

Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar dengan fitur dan fasilitas yang lengkap banget sehingga bisa kamu gunakan untuk menangkap layar dan mengeditnya langsung dengan mudah.

Semua cara di atas bisa kamu gunakan untuk 10 Cara Screenshot di Komputer Windows 11

Dengan cara ini dapat memudahkan kamu untuk menangkap semua informasi yang penting dan menyimpannya di dalam komputer kamu.

Sekian dulu artikel newbie kali ini dengan judul 10 Cara Screenshot di Windows 10.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Cara Screenshot di Komputer Windows 11"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel