-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

12 Cara Atasi Windows 7, 8 dan 10 Gagal Update Error Code 80072EFE

Update windows sangat di perlukan namun kadang terjadi error dimana kita tidak dapat melakukan update windows lagi karena error  Code 80072efe

12 Cara Atasi Windows7,8 dan 10 Gagal Update Error Code 80072EFE

cara atasi windows 7 gagal update error Error Code 80072efe - Windows update memang sangat di butuhkan bagi pc dan laptop yang menjalankan sistem operasi windows 7, windows 8 atau windows 10

Namun kadang sistem operasi itu mengalami masalah saat update dan kamu mendapatkan pesan error 80072efe saat kamu mencoba untuk melakukan update.

Untuk melakukan update windows 7 kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah pernah saya berikan sebelumnya di artikel saya.

Dan jika kamu masih mendapatkan pesan error code 80072efe saaat update windows. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan di berikan newbie berikut ini.

Penyebab error 80072efe di windows

Sebelum melangkah cara memperbaiki pesan error 80072EFE, Newbie akan terlebih dulu memberikan rekan-rekan mengenai informasi kenapa kita mendapatkan pesan error 80072EFE

Pesan error 80072EFE saat update windows ini terjadi karena kita sudah sangat lama tidak melakukan update sistem operasi windows yang kita gunakan.

Jadi pastinya ada perubahan yang tidak kita ketahui megenai perubahan sistem selama kita tidak melakukan update sistem operasi windows.

Memang kadang update windows tidak mengenal waktu sehingga saat kita sedang butuh cepet tiba-tiba windows kita melakukan update dan itu kadang bisa seharian penuh sehingga kita menonaktifkan update windows.

Tapi apapun pilihan kamu jika kamu mendapatkan pesan error 80072EFE newbie akan memberikan cara untuk memperbaikinya.

Baca Juga 

4 Cara Update Internet Explorer 11 di Windows 7

Cara atasi windows 7,8 dan 10 gagal update

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika windows 7 kamu mengalami gagal update sistem saat kamu mencoba untuk melakukan update.

Dan berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Hapus Folder CatRoot2

Di sistem Windows32 terdapat folder catroot2 yang merupakan folder sistem Windows yang di perlukan saat melakukan proses update windows untuk berjalan.

Folder catroot2 memiliki tanggung jawab untuk menyimpan signature dari paket pembaruan windows setiap kali sistem operasi milik microsoft ini melakukan update.

Dan jika kamu menghapus folder catroot2 kamu juga bisa memperbaiki beberapa masalah di pembaruan windows termasuk juga kesalahan 80072EFE

Untuk langkahnya bisa kamu lakukan di bawah ini

Untuk menghapus folder ini langkah pertama kamu bisa masuk ke service windows dengan cara tekan tombol Windows+R dan ketikkan perintah services.msc

Di windows services kamu bisa cari dan klik dua kali Cryptographic Services di tab general dan pilih stop.

Selanjutnya kamu cari dan masuk ke folder  C:\windows\system32 dan kamu hapus folder Catroot2

Selanjutnya kamu cukup restart komputer atau laptop kamu.

2. Pakai script WUReset 

Script WUReset bisa kamu gunakan untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi saat kamu tidak bisa melakukan update window.

Untuk langkah-langkah cara membuat script ini sudah saya buat dengan lengkap di artikel saya dengan Cara bikin script update WUReset.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada diartikel WUReset dan kamu juga menjalankan script setelah kamu berhasil memebuat.

3. Scan Virus

Kamu juga wajib untuk melakukan scaning komputer dan latop yang kamu pakai, alasannya karena kejadian ini juga bisa terjadi karena ada malware atau virus di komputer kamu.

Kamu bisa scan komputer yang kamu pakai dengan menggunakan antivirus gratis seperti antivirus avast atau avg yang memberikan perlindungan komputer dan laptop secara gratis.

Jika kamu ingin proteksi yang lebih bisa kamu gunakan beberapa antivirus berbayar yang bisa kamu beli di toko online.

4. Koneksi Internet stabil

Pastikan koneksi internet saat kamu ingin melakukan update windows stabil dan memiliki kecepatan interenet yang cukup kencang.

Alasannya karena saat melakukan update kamu pasti akan mendapatkan pemberitahuan untuk tidak mematikan komputer dan memutuskan koneksi internet.

Jika hal ini terjadi ada kemungkinan kamu akan mendapatkan pesan error seperti di atas dan kamu tidak bisa melakukan update komputer kamu.

5. Gunakan aplikasi tdsskiller.exe

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi buatan Kaspersky yang memiliki fungsi untuk mencegah dan membatasi kemampuan reaksioner dari aplikasi windows Defender.

Untuk menggunakannya kamu cukup download aplikasi tdsskiller.exe dan jalankan aplikasi yang sudah kamu download untuk melakukan scan di pc kamu.

6. Gunakan fitur troubleshooting

Kamu bisa melakukan perbaikan update windows untuk permasalahan error 80072EFE. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Silahkan buka control panel 
  2. Cari menu troubleshooting
  3. Pilih View All dan kamu bisa klik Windows Update yang ada di bawah
  4. Dan selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah petunjuk yang ada di di layar sebelum kamu mengakses Update windows.

Baca Juga 

5 Tipe SSD Terbaik Untuk Kamu Pakai Di Laptop


7. Hapus File Sampah

Jika kamu sudah memakai pc selama bertahun-tahun, pastinya dalam beberapa tahun kamu akan mendapatkan file sambah yang sudah menumpuk.

Untuk menghapus file sampah yang sudah menumpuk, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Buka Command Prompt dengan klik kanan Run Administrator
  2. Ketikkan cleanmgr
  3. Nantinya tools ini akan melakukan scanning dan akan menghitung berapa banyak ruang terpakai yang ada di harddisk.
  4. Pilih juga centang untuk semua pilihan dan juga file temporary.

Nantinya tools ini akan bekerja dan akan menghapus semua file sampah yang ada di sistem setelah itu kamu bisa mencoba untuk mengecek apakah error code 80072EFE sudah bisa di perbaiki.

8. Update Driver

Driver yang tidak pernah di update juga bisa mengakibatkan masalah code error microsoft 80072efe. kamu juga bisa memperbaiki masalah ini dengan cara

  1. Buka windows explorer
  2. Klik kanan di my computer
  3. Pilih Device Manager
  4. Ketik chdsk /f /r
  5. Jika sudah kamu bisa restart

Setelah proses di atas telah selesai, pc akan melakukan restart untuk melakukan pemeriksaan harddisk untuk menyelesaikan masalah error code 80072EFE.

9. Menjalankan system file checker

Untuk mengatasi pesan error windows 80072EFE, kamu bisa menjalankan system File Checker yang berguna untuk mengatasi beberapa kesalahan termasuk juga error 80072EFE.

Aplikasi windows ini bisa kamu gunakan untuk melakukan scan dan memperbaiki beberapa file yang rusak sehingga menyebabkan error di sistem operasi yang kamu pakai.

Untuk menggunakan aplikasi ini kamu bisa lakukan adalah

  1.  Kalian buka "Command Prompt" sebagai administrator dengan cara klik kanan - run as administrator
  2. Kalian cek semua perangkat dan pastikan tidak ada tanda seru kuning
  3. Klik kanan pada perangkat yang ada tanda kuningnya dan update drivernya

10. Restore Windows

Cara selanjutnya adalah dengan cara melakukan restore sistem operasi windows yang saat ini kamu pakai.

Dengan melakukan restore, kamu akan membuat sistem operasi windows kamu kembali ke sebelum kejadian kamu mendapatkan pesan error 80072EFE.

Baca Juga 

Cara Download Windows 10 Free Gratis Full Version


11. Download patch update KB3138612

Langkah terakhir dan bisa kamu coba adalah untuk melakukan download pacth update sistem operasi windows yang memiliki kode KB3138612.

Untuk memperbaiki sistem operasi windows yang sudah lama tidak kamu update, kamu bisa download patch update windows KB3138612 dan install di sistem operasi windows kamu.

Setelah kamu install pacth di atas, kamu bisa restart pc dan coba lakukan update windows di pc kamu kembali.

12. Install ulang 

Cara terakhir ini bisa kamu lakukan saat kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas namun tidak membuahkan hasil yang optimal.
 
Untuk melakukan install ulang windows 7 jangan lupa juga untuk melakukan backup data penting yang ada di komputer yang kamu pakai.
 
Selanjutnya kamu bisa melihat apakah pc atau laptop yang kamu pakai sudah bisa melakukan update sistem operasi windows atau tidak.
 
Sekian dulu tutorial newbie kali ini dengan judul 12 Cara Atasi Windows7,8 dan 10 Gagal Update Error Code 80072EFE

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "12 Cara Atasi Windows 7, 8 dan 10 Gagal Update Error Code 80072EFE"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel