-->

Ini Perbedaan Windows OEM, OLP dan FPP Di Microsoft Windows

Ini Perbedaan Windows OEM, OLP dan FPP - Microsoft Windows merupakan sistem operasi buatan perusahaan Microsoft yang sangat banyak di gunakan oleh para pengguna pc dan laptop di seluruh dunia.

Ini Perbedaan Windows OEM, OLP dan FPP Di Microsoft Windows


Selain menggunakan sistem operasi ini sangat mudah, Tampilan dari windows juga sangat bagus. Kamu bisa melihatnya pada sistem operasi terbaru yaitu windows 10.

Selain itu sistem operasi ini juga memiliki dukungan yang sangat bagus dengan cara selalu memberikan update terbaru pada setiap kesempatan agar pengguna sistem operasi ini merasa aman dan nyaman dengan sistem operasi yang mereka gunakan.

Pada dasarnya dalam dunia teknologi informasi pasti kita akan selalu berkaitan dengan yang namanya software aplikasi. Kita pasti nantinya akan bekenalan dengan sebuah lisensi yang memiliki kaitan dengan penggunaan software secara resmi.

Lisensi sebuah software memang sengaja di buat yang berguna untuk melindungi hak paten pihak pengembang aplikasi dari berbagai resiko pembajakan aplikasi secara ilegal.
 

Namun sama seperti aplikasi lainnya. Sistem operasi windows memiliki beberapa lisensi yang harus kamu tau terlebih dahulu sebelum kamu ingin membeli OS windows 10.

Baca Juga 
Yuk Kenali 7 Gejala Jika eMMC HP Android Kamu Rusak

3 Tipe lisensi Windows Asli

Sistem operasi windows memiliki 3 tipe lisensisi yang wajib untuk kamu ketahui. ketiga lisensi tersebut adalah OEM, OLP, Dan FPP.

Ketiga lisensi tersebut memiliki kelebihan tersendiri yang nantinya bisa kamu pergunakan pada komputer dan juga laptop kamu.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimaknya di bawah ini.

Lisensi OEM (Original Equipment Manufacturer)

Jika kamu membeli lisensi windows dengan tipe OEM. Kamu akan mendapatkan stiker lisensi yang nantinya bisa kamu tempelkan pada komputer, laptop atau server yang kamu install sistem ini.

Biasanya lisensi ini harus di jual bersama dengan hardwarenya. Dengan demikian. Lisensi OEM terintegrasi secara langsung dengan pc, laptop, atau server yang kamu gunakan.

Lisensi ini akan selalu melakat dengan hardware yang terinstal sistem operasi ini dan tidak bisa di pindahkan ke pc lain dengan hardware berbeda.

Dengan kata lain, jika terjadi kerusakan pada hardware pc maka kamu harus mengganti hardware dengan yang lain terutama jika kamu mengganti motherboard. Dengan begitu lisensi OEM pada pc yang rusak menjadi tidak berlaku lagi.

Untuk harga lisensi EOM windows 10 original biasanya lebih murah ketimbang lisensi windows lain yang akan kita bahas selanjutnya

Lisensi OLP (Open License Program)

Lisensi ini berbeda dengan lisensi yang pertama karena tipe lisensi OLP windows memiliki harga yang lebih mahal. Lisensi ini memiliki minimum pembelian sebanyak 5 lisensi serta pembelian harus di sertai dengan CD media kit untuk mendukung instalasi.

Enaknya lisensi OLP ini tidak tergantung dengan komputer sehingga jika terjadi kerusakan pada hardware komputer, lisensi ini masih berlaku pada komputer lain.

Alasannya karena lisensi OLP tidak berbentuk stiker yang di tempelkan pada PC melainkan lisensi OLP bersertifikat.

Lisensi OLP ini sangat cocok kamu pergunakan oleh perusahaan atau organisasi yang menggunakan komputer yang banyak. Untuk pembeliannya kamu harus menyertakan data-data perusahaan seperti nama perusahaan pembeli, alamat, no telp dan fax.

Untuk proses pembelian membutuhkan proses waktu kurang lebih 2-4 minggu.

Lisensi FPP (Full Packet Product)

Lisensi FPP memiliki bentuk produk berupa CD atau buku. Sehingga biasanya lisensi FPP ini di jual dalam bentuk paket box yang isinya berupa CD, buku manual, dan lisensi. Lisensi FPP memang memiliki kemiripan dengan lisensi EOM. Dimana kamu hanya bisa menggunakan lisensi ini di satu komputer saja.

Namun lisensi ini memiliki kelebihan yaitu kamu bisa memindahkan lisensi ini jika komputer pertama yang kamu install memiliki kerusakan hardware. Kamu bisa memindahkan ke komputer lain selama itu milik kamu sendiri.

Baca Juga
7 Tips memilih Web Cam / Kamera Web Untuk Sekolah Dan Meeting Online

Oleh karena itu lisensi ini jauh lebih mahal ketimbang lisensi EOM yang ada di pasaran saat ini. Namun sangat di rekomendasikan karena kamu hanya perlu membeli 1 buah software saja dan kamu tidak perlu membeli lagi dengan alasan hardware rusak.

Tipe lisensi windows di atas wajib kamu ketahui karena setiap lisensi memiliki kelebihan tersendiri yang dapat memudahkan kamu dalam menggunakan software windows original ini.

Sekian dulu ya artikel kali ini dengan judul Ini Perbedaan Windows OEM, OLP dan FPP Di Microsoft Windows. Semoga artikel ini dapat membantu rekan-rekan sekalian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Perbedaan Windows OEM, OLP dan FPP Di Microsoft Windows"

Post a comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel