-->

6 Cara Mengatasi error Windows Media Player Cannot Play The File

Windows media player merupakan salah satu software windows yang dibuat khusus untuk sistem operasi windows yang biasa kita gunakan untuk membuka file video. Namun adakalanya windows media player mengalami error dan tidak bisa membuka format video.



Cara Mengatasi error Windows Media Player Cannot Play The File - Pesan error kadang muncul ketika kita ingin membuka sebuah file video.

Jika kamu yang sering membuka file video di komputer atau laptop, pasti pernah mengalami pesan error di mana kita tidak bisa membuka file video.

Windows media player merupakan aplikasi pemutar video yang sudah lama ada di sistem operasi widnows. Bahkan aplikasi ini sudah ada sejak windows xp yang di rilis sejal 2001.

Windows media player merupakan player yang bisa dibilang sangat ringan dan sangat mudah untuk digunakan di komputer yang menjalankan sistem operasi windows.

Sebab windows media player muncul pesan error Windows Media Player Cannot Play The File.
Ada beberapa sebab yang memungkinkan aplikasi windows media player mengeluarkan pesan error tersebut. Diantaranya sebagai berikut

Pengaturan sofware windows media player yang salah
  • Tipe Format Salah
  • Video Rusak
  • Tidak ada format pendukung
Baca Juga 
Video Corrupt. 8 Cara Memperbaiki File Video Rusak Dan Tidak Bisa Di Buka

Cara Mengatasi Windows Media Player Cannot Play The File

Untuk kamu yang ingin menggunakan aplikasi windows media player dan mengalami pesan error di atas.

Kamu bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini.

Periksa format video

Format video yang didukung windows media player cukup banyak namun tidak semua format video bisa di jalankan di aplikasi ini.

Format utama yang paling banyak di pakai adalah MKV dan MP4. Selain format video ini ada beberapa format video lain namun kita harus melihatnya terlebih dulu.

Selain itu bisa saja windows mengeluarkan pesan error tertentu salah satunya format Not Recognized.

Lalu muncul lagi pesan error Windows media Player Cannor Play The File.

Nah kamu bisa cek dulu format video sebelum kamu memutar video yang kamu punya. Caranya cukup klik kanan file video kemudian pilih Propertis. Dan di sini pastikan format video sudah sesuai dan mendukung.

Untuk referensi, format video bisa kamu lihat di halaman support microsoft

Update Windows media Player 12

Format file video tidak sama. Bisa aja ada pengembangan yang mengeluarkan suatu format video khusus yang sekarang sudah menjadi populer.

Microsoft sendiri sebenernya selalu melakukan update format file video di waktu-waktu tertentu. Shingga, jika kamu mendapat pesan Cannot play the file yang di sebabkan karena file video tidak didukung harusnya dengan update ini sudah bisa di atasi.

Untuk cara updatenya kamu bisa langsung saja masuk ke windows Update. Lakukan pembaruan versi sistem secara otomatis semua aplikasi juga akan di perbaharui.

Untuk langkah sistem secara keseluruhan. Untuk media player secara khusus kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini.

Buka windows media player > tools > option > tab player. Di kolom Automatic Update, kamu bisa beri tanda centang pada once a day lalu klik OK.

Selanjutnya kamu bisa buka menu codec. Codec ini memiliki fungsi untuk membaca sekaligus menjalankan suatu format tertentu pada media player.

Dengan cara mengupdate codec, kita dapat meningkatkan kompabilitas file yang telah di dukung media player juga. Untuk caranya seperti berikut ini

Kita buka windows media player > buka tools > lalu pilih options. Kemudian tekan tab player dan pilih download Codec automatically dan klik ok

Langkah terakhir kamu bisa buka file video dengan format MP4. Lalu klik install setelah muncul menu install codec

Close windows media player dan kemudian buka kembali menggunakan file video dengan format lain.

Baca Juga
Cara Setting Email Ke Microsoft Outlook 2019

Memperbaiki video yang rusak

Video rusak sering kita dapatkan biasanya hal ini terjadi karena proses transfer file yang gagal.

Misalkan memindahkan data dari flaskdisk ke komputer lalu kamu mendapat pesan error atau di tengah-tengah proses mati lampu, Download yang gagal, atau ada beberapa kapasitas harddisk yang rusak alias bad sector.

Proses gagalnya memindahkan data dari satu tempat ke tempat lainnya ini bisa dibilang file tersebut corrupt dan video yang sudah corrupt sangat susah untuk di perbaiki.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki video yang sudah rusak. Misalnya menggunakan beberapa aplikasi khusus untuk memperbaiki video.

Cek driver audio

Audio, Bukannya yang rusak adalah saat memutar video kenapa kita harus cek file audio terlebih dulu sebelum menjalankan video?

Ada beberapa hal yang membuat windows media player tidak dapat memutarkan video. Salah satunya adalahs rusak atau hilangnya driver audio.

Kamu bisa langsung cek driver audio melalui Device Manager. Kamu bisa akses Device manager dengan cara

  • Masuk ke kolom search dan ketikkan Device manager.
  • Masuk ke kolom sound, video, game controller
  • Klik kanak di driver audio, lalu klik uninstall this device.

Tunggu proses di atas sampai selesai lalu kamu bisa melakukan restart. Setelah itu kamu bisa mencoba kembali aplikasi pemutar video dari windows.

Proses uninstall di atas tidak akan menghapus driver audio. Nantinya driver audio akan kembali berjalan setelah kita restart komputer atau laptop kita kembali.

Hapus Cache di windows

Kamu bisa menghapus datas cache di windows karena di beberapa kondisi bisa membantu untuk menghilangkan error yang terjadi.

Untuk menghapus cache di windows adalah dengan cara masuk ke kolom search > ketik run > ketik temp.

Di folder temp kamu bisa hapus semua data yang ada di sana dan untuk lebih afdolnya kamu bisa restart komputer kamu.

Selanjutnya kemu bisa ketik %temp% lalu klik OK. nanti di folder %temp% akan terdapat data-data cache yang bisa kamu hapus.

Baca Juga
Cara Koneksi VPN Di Windows 10

Install aplikasi lain

Nah kalau semua cara di atas tidak bisa menghilangkan pesan error yang kamu dapat. Kamu bisa menginstall aplikasi lain.

Salah satu aplikasi yang memiliki dan bisa menjalankan berbagai format video adalah media player classic, VLC, Winamp, dan beberapa aplikasi pemutar video yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Aplikasi ini bukan milik windows namun aplikasi ini menggunakan tampilan dari windows media player yang model jadul yang biasa kita lihat di windows xp.

Setelah install kamu bisa langsung menjalankan berbagai format video yang ada di harddisk kamu untuk kamu tonton.

Nah sekian dulu artikel kali ini dengan judul  Cara Mengatasi error Windows Media Player Cannot Play The File. Mudah-mudahan artikel newbie kali ini dapat membantu rekan-rekan semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Cara Mengatasi error Windows Media Player Cannot Play The File"

Post a comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel