-->

5 Cara Mengatasi Printer Sharing Tidak Terkoneksi

Sharing printer bisanya sering di lakukan oleh para pengguna PC yang memiliki lebih dari 1 buah komputer di area kerja atau rumah. 

Printer sharing ini di lakukan agar para pengguna komputer lebih mudah mencetak dan lebih hemat karena kita tidak perlu membeli 1 buah printer hanya untuk 1 PC dan untuk keperluan mencetak kita hanya perlu menggunakan jaringan LAN atau WIFI


Cara Mengatasi Printer Sharing Tidak Terkoneksi - Untuk keperluan mencetak, bisanya sebuah kantor yang memiliki komputer yang banyak hanya menyediakan 1 buah printer yang di hubungkan ke sebuah komputer server.

Hal ini jauh lebih hemat ketimbang membeli 1 buah printer untuk 1 buah pc. Pastinya sebuah kantor memiliki banyak sekali PC dan sangat tidak mungkin untuk membelinya semua.

Untuk mengakali hal ini kebanyakan kantor membeli beberapa buah printer dan setiap printer dapat digunakan untuk mencetak dokumen dari beberapa komputer yang terhubung ke jaringan internet.

Baca Juga 
Cara Sharing Printer Pada Jaringan Kantor Atau Rumah Dengan Mudah

Cara mengatasi printer sharing tidak terkoneksi

Namun ada beberapa masalah yang sering di hadapi oleh para pengguna printer sharing ketimbang printer yang memang memiliki kartu jaringan atau wifi.

Untuk itu newbie akan memberikan beberapa langkah untuk memperbaiki printer sharing yang tidak bisa terkoneksi

Beberapa langkah tersebut adalah

1. Cek kabel lan dan wifi

Kadang kala kita lupa jika printer sharing menggunakan fasilitas jaringan lan atau wifi untuk mengirim dan mencetak dokumen ke printer server.

Coba cek terlebih dulu jaringan lan dan wifi di kantor kamu apakah berjalan dengan semestinya atau tidak yang di tandai dengan tanda seru pada icon wifi atau komputer yang ada di sebelah kanan bawah dengan jam di pc.

Jika hal di atas terjadi coba lah untuk merestart modem jaringan kamu di kantor jangan-jangan ada masalah pada jaringan kantor kamu.

2. Cek kembali kamu mencetak ke mana

Biasanya sebuah komputer kantor memiliki banyak sekali printer yang bisa di hubungkan dengan menggunakan jaringan internet.

Dan biasanya juga 1 buah komputer terhubung ke beberapa printer yang ada di dalam kantor itu.

Oleh sebab itu ada baiknya jika kamu mengecek kembali apakah benar jika kamu mencetak dokumen kamu di printer server yang semestinya atau tidak.

Jangan-jangan kamu sudah lama menunggu tau-tau dokumen pribadi kamu keluar di printer atasan kamu lagi whehehehe.

3. Restart print spooler

Kamu bisa merestart print spooler yang merupakan server dari printer jaringan atau printer lokal yang ada di komputer kamu.

Print spooler ini bisa kamu gunakan untuk merestart printer yang mengalami kertas tersangkut atau jaming atau menghapus data printer yang sudah kamu delete namun dokumen terakhir yang kamu cetak tidak hilang sehingga kamu tidak bisa mencetak dokumen kamu.

Untuk merestart print spooler di windows 10 kamu bisa tekan windows + R hingga keluar menu jendela seperti di bawah lalu ketik services.msc


Di jendela selanjutnya kamu cukup mencari printer dengan nama print spooler dan pada menu bagian kiri kamu pilih restart.


Jika menu di sebelah kiri tidak tampil, berarti kamu harus membukanya dengan akses administrator terlebih dulu.

Baca Juga 
2 Cara Atasi Windows 10 Error 0x80004005 Saat Sharing Folder NAS

4. Restart Printer Server

Langkah yang paling ampuh adalah dengan cara merestart komputer kamu sehingga semua service yang berjalan di dalam komputer kamu berjalan seperti semua seperti pada saat komputer kamu nyalakan pertama kali.

Cara ini memang paling ampuh untuk mengatasi printer yang di jadikan printer sharing menggunakan komputer sebagai print servernya.

Komputer yang dijadikan printer server yang di restart akan menjalankan kembali service-service yang ada di dalam komputer dari awal lagi.

Permasalahan ini terjadi biasanya ada service untuk menajalankan dan mencetak dokumen ke printer yang tidak berjalan dengan semestinya.

Sehingga kamu tidak dapat mencetak dokumen kamu menggunakan fasilitas printer sharing yang ada di kantor kamu. 
 

5.Update Windows

Selain permasalahan di atas, ada juga permasalahan di karenakan update windows 10 yaitu update KB5005565 yang menyebabkan saat pc yang menggunakan windows 7 tidak dapat mencetak di printer sharing windows 10.
 
Di windows 7 kamu akan mendapatkan pesan error 0x0000011b dan untuk memperbaikinya kamu bisa memperbaikinya dengan cara  Cara Atasi Printer Sharing Error 0x0000011b

Nah sekian dulu artikel newbie dengan judul  Cara Mengatasi Printer Sharing Tidak Terkoneksi kali ini. semoga bisa membantu rekan-rekan sekalian

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Mengatasi Printer Sharing Tidak Terkoneksi"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel