-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

12 Fitur Menarik Yang Ada di Android 9 Pie

Kelebihan Dan Kekurangan Android 9 Serta Fitur Menarik di Dalamnya - Setelah di tunggu-tunggu akhirnya google merilis versi stabil pertama dari OS Android v9.0 P, Selain itu versi android terbaru ini sudah di berinama oleh google yaitu android PIE. Jadi secara resmi versi hp android terbaru ini akan di berinama OS Android V9.0 Pie.

12 Fitur Menarik Yang Ada di Android 9 Pie


Untuk kamu yang sudah penasaran dengan versi android terbaru ini jangan dulu terburu-buru untuk melakukan update ke versi android terbaru yang satu ini. Akan lebih baik jika kamu mengetahui berbagai hal termasuk vitur terbaru apa saja yang di tambahkan ke versi android terbaru ini yaitu versi android 9 Pie.

Baca Juga 
Ingin TV Bisa Internetan. Kamu Bisa Gunakan Android TV Box

Fitur yang ada di android 9 Pie

Nah jika kamu ingin update android lama kamu ke versi android 9 pie. Ada baiknya kamu untuk mengetahui beberapa fitur baru yang terdapat di dalam versi android terbaru ini.

Smart Reply notifikasi

Google sekarang telah menerapkan tampilan serba membulat di antarmuka grafis android pie, tampilan ini juga di tempatkan di bagian quick setting dan tray notifikasi.

12 Fitur Menarik Yang Ada di Android 9 Pie


Tema visual material design di Android Pie menambahkan white space dan sudut bulat. Tampilan setting juga kini menghadirkan ikon yang lebih berwarna warni.

Untuk notifikasi, Android Pie mampu menampilkan konten seperti gambar dari aplikasi pesan instan serta opsi untuk langsung membalas percakapan.

Background restrictions

Dengan menu yang satu ini, para pengguna handphone android dapat melihat rekomendasi di setting untuk membatasi aplikasi tertentu yang akan menggunakan terlalu banyak daya baterai.

Sehingga dengan menggunakan fitur baru ini, para pengguna dapat lebih banyak memiliki kendali atas baterai dari handphone android mereka.

App Actions

Fitur yang satu ini dapat kamu gunakan untuk memudahkan semua kinerja kamu saat menggunakan hp android kamu.

Dengan fitur ini smartphone android kamu akan memprediksi apa yang ingin kamu lakukan berdasarkan kebiasaan kamu sehari-hari di handphone kamu.

Android 9 Pie akan menampilkan aplikasi secara langsung di layar android dengan tujuan untuk menghemat waktu.

Mode gelap

Dalam keadaan tertentu, kamu pasti menginginkan tampilan antar muka berwarna lebih gelap karena akan lebih nyaman ketimbang warna putih seperti pada tampilan android biasanya.

Di versi android oreo Google juga sudah menyediakan opsi dark mode yang bisa kamu aktifkan dengan memilih wallpaper, Tapi fitur ini tidak di gunakan kembali.

Dark mode kini sudah ada kembali di Android Pie. Cara mengaktifkannya pun mudah, yakni cukup dengan membuka opsi display di menu settings, kemudian device theme, lalu kamu bisa pilih di antara tiga opsi, yakni otomatis berdasarkan wallpaper, terang, atau gelap.

Baca Juga
Ini Dia! 15 Game Online Terbaik Di Hp Android Wajib Kamu Mainkan

Simulasi "Poni"

Sekarang semakin banyak smartphone Android yang memiliki "notch" alis poni di bagian atas sebagai tempat kamera depan dan earpiece. Namun layar terus di lebarkan dan hanya menyisakan bingkai tipis di pinggir perangkat.

Untuk itu Android Pie telah menyediakan fasilitas simlasi notch untuk developer agar bisa melihat seperti apa tampilan aplikasinya di smartphone berponi.

Kamu cukup mengaktifkannya di menu Developer Mode, aktifkan opsi Simulate a display with d cutout di bagian Drawing.

Editing Screenshot

Di android Pie masih mendukung cara mengambil screenshot dengan menahan tombol power dan volume down secara bersamaan.

Selain itu, Di android pie juga memiliki fitur baru yang bisa kamu gunakan untuk melakukan editing screenshot. Fitur ini bisa kamu gunakan secara langsung setelah kamu penggunakan fitur screenshot ini.

Android Pie akan secara otomatis menampilkan menu edit di preview screenshot setelah kamu mengambil gambar layar handphone android kamu.

Kamu bisa melakukan Crop, highlight, dan menggambar. Fitur ini akan mempermudah dan mempersingkat pengguna yang ingin menyunting gambar screenshot sebelum di bagikan ke orang lain.

Slice

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang akan memberikan informasi yang relevan mengenai aplikasi yang sering kamu gunakan.

12 Fitur Menarik Yang Ada di Android 9 Pie


Misalkan kamu sering menggunakan aplikasi pencarian hotel, nanti akan secara otomatis muncul informasi diskon. Atau ketika kita mengetik sebuah tempat hiburan maka akan muncul foto-foto liburan dari aplikasi google photos.

Digital wellbeing

Fitur yang satu ini tidak diterapkan secara default di Android Pie, namun kamu bisa mendapatkan lewat keikutsertaan dalam program beta, namun dengan syarat pengguna memiliki perangkat seri pixel.

Digital wellbeing ini memiliki tujuan untuk mengurangi pemakaian handphone oleh pengguna, dengan melalui dashboard khusus yang menampilkan fitur-fitur pendukung.

Di sini ada App Timer yang membatasi waktu berjalannya aplikasi, do not disturb, serta wind down yang akan secara otomatis mengaktifkan night light dan merubah warna layar menjadi grayscale untuk mengingatkan pengguna agar segara istirahat untuk tidur apabila kita masih sibuk untuk memandang layar ponsel di kasur.

Lockdown

Di android Pie, terdapat fitur sekuriti baru untuk keamanan ekstra yang bisa kamu terapkan di hp android. Mode lockdown yang bisa kamu gunakan untuk mengunci perangkat, lalu menonaktifkan pemindai sidik jari dan voice unlock, serta tidak akan menampilkan notifikasi di lock screen.

Nantinya perangkat akan meminta kunci default seperti PIN atau Pattern. Nanti cara mengaktifkannya adalah dengan membuka di opsi security and location di menu setting yang ada di hp android. Kemudian lock screen preference, dan aktifkan show lockdown.

Gestur navigasi

Mungkin kamu sudah bosan dengan tiga tombol navigasi yang biasa ada di hp android sekarang ini. Namun tidak sekarang, karena di android Pie memiliki navigasi berbasis gestur swiping.

Sapukan jadi ke kanan untuk menjalankan fungsi "Back", ke kiri untuk berganti aplikasi yang terbuka, ke atas untuk melihat "recent apps" atau app drawer.

Tombol elips kecil on screen button di tengah layar yang memiliki fungsi layaknya timbol home fisik untuk membawa para pengguna kembali ke layar home.

Kunci Rotasi

Sebagian pengguna Android mungkin sering terpaksa melihat layarnya berubah otomatis karena tampilan mendadak layar yang berubah dari landscape menjadi portrait atau sebaliknya, saat perangkat berganti orientasi.

Berbeda dengan versi android sebelumnya yang hanya menyediakan opsi on dan off untuk ratasi otomatis. Android Pie bisa mengunci tampilan dalam orientasi tertentu.

Terdapat tombol khusus di pojok atas layar yang bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan kunci rotasi ini.

Baca Juga
16 Daftar HP Android Yang Terinstall Fitur NFC

Adaptive battery

Fitur ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk melacak pola penggunaan aplikasi oleh pengguna handphone android. Hal ini termasuk juga kapan saja waktu pemakaian dari aplikasi yang sering di gunakan.

12 Fitur Menarik Yang Ada di Android 9 Pie


Aplikasi yang sering di pakai akan mendapatkan prioritas resource dan baterai untuk berjalan di background. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan efisiensi daya dan menghemat baterai.

Untuk lebih mempermudah pengguna dalam memantau, indikator daya baterai yang tersisa akan ditampilkan di bagian bawah amient display (always on display), seperti yang sebelumnya sudah dilakukan oleh sebagian pabrikan android di perangkatnya.

Kamu bisa menikmati semua fitur baru yang ada di android 9 Pie jika kamu mengupgrade os di handphone android kamu. Namun kamu masih harus bersabar. Karena untuk pembaruan yang satu ini, kamu masih harus menunggu update dari os yang terinstall di handphone kamu yaaaaaa.......

Sekian dulu artikel kali ini dengan judul 12 Fitur Menarik Yang Ada di Android 9 Pie. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat. Sekian dari newbie dan terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "12 Fitur Menarik Yang Ada di Android 9 Pie"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel