-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Cara Cek Kecepatan Loading Blog Agar Blog Cepat Terindex Google

Pasti kita sebagai seorang blogger ingin mengetahui kecepatan loading dari blog yang sudah kita modifikasi template nya, namun kecepatan loading suatu blog atau website yang telah kita modifikasi juga sangat tergantung dengan keadaan koneksi internet yang kita miliki saat ini, tidak semua orang yang akan membuka website yang anda miliki mempunyai koneksi jaringan internet yang memadai, sebagai contoh ada tempat dimana koneksi internet yang cukup kencang speed downloadnya maka akan semakin cepat juga orang tersebut mengakses informasi yang ada pada blog atau website yang kita miliki, namun jika tempat yang ingin mengunjungi blog kita memiliki koneksi internet yang kurang memadai alias lemoot maka bisa jadi blog anda tidak terbuka sama sekali.

Kecepatan loading sebuah blog atau website sekarang ini juga menjadi tolak ukur oleh google untuk melakukan penilaian apakah website atau blog tersebut layak untuk menduduki peringkat pertama mesin pencari tersebut atau tidak. Untuk dapat mempercepat koneksi blog kita, kita dapat  mempergunakan template blog yang memang sudah didesain untuk hal ini dan kebanyakan template tersebut dipergunakan untuk kegiatan optimasi SEO, Untuk mengetahui apa itu seo anda dapat membaca artikel saya dengan judul Apa Itu SEO.

Untuk dapat mencari template blog yang memang mendukung dengan kecepatan loading yang sangat cepat kita dapat mencarinya pada mesin pencari google dan banyak template tersebut dibagikan secara gratis oleh pembuatnya, namun yang lebih bagus lagi adalah template yang memang dibuat secara premium oleh pembuatnya alias kita harus bayar untuk dapat mempergunakan template tersebut.

Cara mengetahui speed load dari sebuah blog atau website.

Pada artikel saya kali ini, saya akan memberikan dua cara untuk kita dapat melakukan pengecekan kecepatan load dari website yang kita miliki, dan kedua cara ini pasti akan menghasilkan perbedaan hasil atara keduanya jadi anda tinggal mengikuti saja yang mena menurut anda paling tepat.

Cara cek kecepatan loading blog dengan Gtmatrix.

Hasil dari pengecekan pada gtmatrix ini bisa dibilang cukup akurat, tool ini dapat kita pergunakan secara gratis dan cara penggunaannya juga sangat mudah dan tidak ribet. Dengan tampilan yang mudah untuk kita memahami bahkan kita newbie pun akan cepat memahami cara mempergunakan tool Gtmartix ini. Untuk dapat melakukan pengecekan blog atau website kita, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.


  1. Kunjungi alamat website www.gtmetrix.com
  2. Silahkan masukkan alamat blog atau website yang anda miliki pada form yang telah tersedia di sana.
  3. Tunggu sampai proses penghitungan selesai.
  4. Setelah selesai kita akan mengetahui seberapa berat loading dari blog yang anda miliki, disini semakin kecil jumlah pesentasenya maka semakin membuat lemoot koneksi internet para pengunjung blog anda.

Cara Cek Kecepatan Loading Blog Agar Blog Cepat Terindex Google
hasil cek pada www.gtmetrix.com
Wah ternyata kecepatan loading dari blog www.nbcdns.com masih cukup lumayan, walaupun memakan kuota 2 mb dan kecepatan untuk membukanya adalah 7 detik masih lumayan lah hehehehe.

Cara cek kecepatan loading blog dengan page speed insight
Cara yang berikut ini merupakan cara kedua yang dapat kita pergunakan untuk melakukan pengecekan kecepatan loading blog atau website yang kita miliki, kita dapat melakukan pengecekan speed load blog milik kita dengan mudah pada tools berikut ini.

  1. Silahkan kunjungi alamat website berikut ini https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
  2. Silahkan anda masukkan alamat blog atau website miliki anda.
  3. maka tidak berapa lama hasil dari pengecekan tersebut akan keluar.


Dengan mempergunakan tools ini, kita dapat juga melihat kecepatan speed loading dari blog miliki kita dari perangkat mobile atau handphone kita dan juga dari perangkat desktop atau dapat kita sebut dari sebuah laptop atau pc milik pengunjung. 

Dengan mempergunakan tools ini kita juga diberitahukan apa saja penyebab dari lambatnya speed loading dari blog yang kita miliki tersebut.

hasil cek pada peagespeed

Wah ternyata blog milik saya merupakan blog yang cukup berat untuk di akses pengguna saya yang memiliki kecepatan internet yang tidak memadai hehe. Kenapa saya bisa bilang hal ini, dikarenakan jika blog kita memiliki nilai dibawah 75 maka blog milik kita termasuk blog yang memiliki kecepatan loading yang cukup berat untuk di akses oleh pengunjung kita. Namun jika blog yang kita miliki tersebut memiliki kecepatan diatas 75 maka blog anda merupakan blog yang cukup ringan untuk di akses pengguna.

Sebenarnya masih banyak cara yang dapat kita pergunakan untuk melakukan pengecekan kecepatan loading dari blog atau website yang kita miliki, namun dengan mempergunakan dua tools tersebut saya rasa sudah cukup untuk mewakili dan memberikan informasi kepada kita mengenai kecepatan loading blog yang kita miliki.

Saya rasa cukup sekian dulu artikel dari saya yang membahas cara untuk melakukan pengecekan kecepatan loading blog dan semakin cepat loading dari blog yang kita miliki tersebut maka blog kita akan dianggap sangat baik oleh mesin pencari google dan kemungkinan kita akan mendapatkan peringkat satu pada mesin pencari google ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek Kecepatan Loading Blog Agar Blog Cepat Terindex Google"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel