-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Apa itu SEO (Search Engine Optimization)

Kita pasti telah mengenal apa itu SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah serangkaian upaya yang kita lakukan sebagai seorang webmaster pada sebuah blog atau situs yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dari website yang dikelola agar mampu bersaing pada mesin pencari. Halaman yang akan muncul pada mesin pencari google pasti akan berpeluang untuk mendapatkan pengunjung potensial yang terus menerus.

Sebagai contohnya adalah disaat kita mengetikkan sebuah kata paga mesin pencari google, maka kita akan diberikan list halaman dari banyak website yang berhubungan dengan kata yang kita masukkan  pada mesin pencari tersebut. halaman dari sebuah website dan blog yang teroptimasi dengan baik akan berada pada urutan paling atas dan biasanya akan mudah untuk mendapatkan pengunjung dibandingkan dengan website yang berada pada tempat paling bawah.

baca juga  Apa Itu Domain Authority dan Page Authority dan Kegunaan pada SEO

Search engine optimization saat ini mulai sangat terkenal di kalangan blogger atau web master namun apakah SEO tersebut, SEO atau lebih dikenal dengan Search Engine Optimization merupakan cara untuk mengoptimasi atau meningkatkan peringkat dari sebuah blog atau web dimata mesin pencari atau search engine, fungsi melakukan SEO adalah untuk mendapatkan pengunjung atau visitor ke website atau blog melalui berbagai macam mesin pencari atau search engine seperti google, yahoo dan bing.
Apa itu SEO (Search Engine Optimization)
sumber:google.com

semakin baik ranking blog atau website dimata mesin pencari atau search engine, maka semakin banyak pengunjung yang akan mengunjungi blog atau website anda. itulah sebabnya kita sebagai blogger harus mempelajari SEO ini, agar blog atau website anda dapat bersaing dan dapat ditemukan pada urutan pertama mesin pencari atau search engine.

Manfaat SEO?

Menggunakan SEO pada blog kita memiliki banyak manfaat, SEO dapat kita pergunakan untuk meningkatkan frekuensi pengunjung pada blog atau website yang kita kelola, lalu apa manfaat dari SEO tersebut:

Manfaat SEO untuk Mendatangkan trafik ke website kita.

Halaman website yang teroptimasi dengan baik dengan SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari, contonhya google. semakin baik posisin halaman website anda di google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung potensial akan semakin besar.

Para pengguna google biasanya mengetikkan kata kunci unik ketika mereka mencari artikel yang mereka butuhkan, atau mencari informasi bermanfaat untuk memberikan solusi pada masalah mereka.


Apa saja yang dilakukan dalam kegiatan SEO?

Ada 2 macan teknik SEO yaitu SEO on page dan SEO off page, apa itu SEO on page dan apa itu SEO off page kita akan bahas dibawah ini.

Teknik SEO On Page

Teknik SEO On Page adalah strategi yang diterapkan oleh para pemilik website atau blogger dengan melibatkan elemen pada halaman dan rekayasa konten ke website atau blog anda. Optimasi SEO On Page dapat kita lakukan dengan menambahkan beberapa script kode pada website atau blog kita sendiri seperti memilih nama domain, membuar artikel yang tidak copy paste atau asli dan berkualitas, menambahkan keyword yang tepat sesuai dengan tema blog Anda.

Teknik SEO on page dapat dengan mudah kita praktekkan dengan melakukan hal-hal yang sangat sederhana seperti memilih nama domain yang sesuai dengan isi dari blog kita atau nama domain yang sesuai dengan banyak pencarian yang dilakukan oleh pengguna google. misalnya anda ingin membuat blog dengan isi artikel yang berhubungan dengan binatang peliharaan seperti kucing, anjing atau burung jadi saya sarankan usahakan menggunakan nama domain yang berhubungan dengan isi dari blog yang ingin anda buat. jika anda ingin membuat blog mengenai kucing dan cara memelihara dan merawatnya coba buat nama domain dengan memasukkan unsur eleman yang berhubungan dengan kucing.

Teknik SEO Off Page

Teknik ini merupakan kebalikan dari teknik SEO on page, teknik SEO Off Page kita lakukan diluar website atau blog kita, kita dapat melakukan SEO Off Page seperti mengirimkan URL artikel baru kita ke search engine, submit link ke direktory web, bergabung dengan forum, mencari backlink dari website atau blog yang memiliki tema sama seperti website atau blog kita, membagikan artikel ke sosial media, mengiklankan website atau blog anda, hal tersebut yang dimaksud dengan teknik seo off page yang bisa kita lakukan untuk mengoptimasi website yang kita kelola dan juga dapat membantu kita untuk menambahkan pengunjung yang ingin berkunjung pada blog yang kita kelola.

Kesimpulan

dapat disimpulkan bahwa SEO on page sangat berpengaruh dimata search engine seperti google, yahoo dan bing, untuk artikel atau isi dari blog kita sendiri, dan SEO off page bisa dikatakan berlaku sementara sampai blog kita populer dan memiliki banyak penggemar.

Demikian artikel mengenai Apa itu SEO (Search Engine Optimization), semoga artikel saya dapat membantu rekan-rekan sekalian untuk dapat mengoptimasi blog rekan-rekan sekalian. dalam Video dibawah ini dapat juga dijelaskan mengenai SEO



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu SEO (Search Engine Optimization)"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel