Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) Pengalaman Melewatinya

Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) Pengalaman Melewatinya - Lebaran tahun ini saya dan keluarga saya berkesempatan untuk pulang ke kampung halaman saya di jawa tengah, dan kebetulan juga kami sekeluarga berkesempatan untuk melawati tol cipali atau dengan nama lain yaitu tol Cikopo Palimanan ini, dengan sangat senan kami melewati tol ini dengan tujuan agar waktu tempuh perjalanan kami semakin cepat di banding kita melewati jalur pantura.

Tol Cipali (Cikopo-Plimanan) Pengalaman Melewatinya

Pada artikel singkat di blog saya ini, saya ingin membagikan sedikit pengalaman saya dalam melewati salah satu jalur mudik lebaran yaitu tol cipali.

Semoga dengan pengalaman saya ini dapat membantu rekan-rekan yang ingin mudik lebaran atau ingin melewati jalan tol cipali ini.

Singkat mengenai Tol Cipali

Tol yang terbentang sepanjang 116,75 Km ini memghubungkan daerah Cikopo, Purwarkarta dengan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Tol Cipali ini merupakan kelanjutan dari Tol Jakarta-Cikampek yang menghubungkan dengan Tol Palimanan-Kanci, Tol ini rencananya akan menjadi salah satu jalan tol yang menghubungkan dari merak Banten hingga Banyiwangi Jawa Timur, Dengan melewati jalan tol ini kita dapat mempersingkat waktu tempuh sehingga dapat sampai ke tujuan dengan cepat.

Jalan Tol Cipali-Palimanan ini memiliki 8 tempat peristirahatan, dimana tempat peristirahatan tersebut tersebar di beberapa tempat dijalan tol tersebut, Dengan jumlah yang sangat banyak ini kemungkinan dapat mempermudah pengguna jalan tol ini untuk dapat mencari berbagai kebutuhan yang di inginkan selama ada di dalam jalan tol ini.

Lokasi Tempat Peristirahatan Tol Cipali

Dengan tol yang sangat panjang maka kita pasti memerlukan tempat peristirahatan juga kan dimana tempat peristirahanatan tersebut tersebar di beberapa tempat yang ada di jalan tol tersebut, nah berikut ini merupakan lokasi tempat peristirahatan yang terdapat pada jalan tol cipali ini:

Lokasi (KM)ArahTipeSPBUMasjid/MushollaRestoranToilet
86TimurBCheckbox.svgCheckbox.svgCheckbox.svg
86BaratBCheckbox.svgCheckbox.svgCheckbox.svg
102TimurACheckbox.svgCheckbox.svgCheckbox.svgCheckbox.svg
101BaratACheckbox.svgCheckbox.svgCheckbox.svgCheckbox.svg
130TimurBCheckbox.svgCheckbox.svgCheckbox.svg
130BaratBCheckbox.svgCheckbox.svgCheckbox.svg
166TimurACheckbox.svgCheckbox.svgCheckbox.svgCheckbox.svg
164BaratACheckbox.svgCheckbox.svgCheckbox.svgCheckbox.svg
Nah banyak kan lokasi peristirahatannya jadi kita tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari kebutuhan kita dalam perjalanan melewati jalan tol ini heheheh...

Pengalaman melewati jalan Tol Cipali

Tol ini jika kita lewati di siang hari, maka kita akan disuguhi pemandagan persawahan dan perbukitan yang indah, dimana kita akan melewati kota subang dimana kota tersebut merupakan kota dengan banyak perbukitan yang indah, dan juga persawahan yang hijau hehehehe......
Tol Cipali (Cikopo-Plimanan) Pengalaman Melewatinya
sumber:kontan.co.id
Jadi jika kita melewati jalan tol ini di siang hari, kita tidak akan mengalami kebosanan dikarenakan kita akan disuguhi banyak sekali pemandangan yang indah yang dimana di kota jakarta kita tidak akan mendapatkannya, dan sayang sekali jika kita tidak menikmati pemandangan ini. 

Hal negatif yang saya rasakan 

Banyak cerita yang tersebar untuk melewati jalan tol cipali  ini, namun hal negatif yang paling sering melewati jalan ini adalah rasa kantuk yang amat sangat, hal ini dikarenakan jalan tol yang sangat lurus dan jika kita tidak hati-hati maka kita secara tidak sengaja akan menambah kecepatan kendaraan kita, jadi sangat disarankan untuk kita mempertahankan kecepatan kita dan tidak menaikan dan menurunkan kecepatan kita. Kenapa saya tekan kan untuk anda mempertahankan kecepatan anda. karena kita tidak akan merasakan kecepatan kendaraan kita akan tiba-tiba naik dengan sendirinya tanpa kita sadari.
Hal yang paling menyeramkan adalah disaat kita berkendara dimalam hari melewati jalan tol ini, dikarenakan jalan tol ini tidak memiliki lampu untuk setiap jalan maka jalan tol ini sangat berbahaya dan rasa kantuk yang kita akan alami jika kita melewati jalan tol akan menambah rasa bahaya untuk kita, jadi saat kita megalami rasa kantuk yang sangat disarankan untuk kita menepi pada res area dan beristirahat lah sejenak sampai rasa kantuk kita hilang.

Banyak juga hal negatif saat saya melewati jalan tol ini saat libur lebaran tahun ini, dimana saya melihat banyak orang yang ugal-ugalan saat melewati jalan ini. Banyak pengendara yang melewati jalan ini selalu melewati bahu jalan dan ini sangat berbahaya dan juga minim sekali petugas yang beroperasi di jalan tol ini saat malam hari sehingga banyak pengendara yang melewati bahu jalan yang seharusnya jalan tersebut kita gunakan pada saat kendaraan kita mengelami masalah. Hal ini mungkin juga dikarenakan "di jakarta kagak ada jalan lurus jadi pas liat jalan lurus bawaannya pengeng ngebut aja" hahahahaha.

Saat melewati jalan tol Cipali ini, saya juga sering melihat terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan kemacetan, dikarenakan jalan tol ini hanya memiliki dua jalur dan satu bahu jalan, maka jika ada kecelakaan yang terjadi pada jalan tol ini, maka jalan tol ini akan mengalami kemacetan yang sangat panjang pada saat musim pemudik tiba, dengan kata lain berhati-hati lah anda pada saat melewati jalan tol ini dan jaga kecepatan anda.

Tips melewati jalan Tol Cipali

Nah saya akan memberikan sedikit tip agar kita tidak bosan saat kita melewati jalan tol ini, dimana jalan tol ini merupakan salah satu jalan tol yang cukup panjang, pasti kita akan megalami rasa bosan yang amat sangat dan jika kita mengalami kebosanan maka kita akan mengentuk hehehehe


  • Isilah bensin sampai penuh jika kita hendak melewati jalan tol ini. dikarenakan jalan tol ini cukup panjang dan jalan tol tersebut hanya memiliki sedikit SPBU jadi saya sarankan kita untuk mengisi terlebih dahulu bahan bakar kendaraan kita sebelum melewati jalan tol ini
  • Persiapkan kendaraan anda. Anda pasti tidak ingin mengalami hal yang tidak di inginkan saat melewati jalan tol ini bukan, nah saya sarankan anda untuk mengecek kendaraan anda sebelum anda melewati jalan tol ini.
  • Sediakan makanan yang cukup. rasa lapar merupakan musuh setiap pengendara jadi sediakan makanan dan minuman yang cukup
  • Siapkan mental. nah ini tidak kalah penting, siapkan mental anda untuk melewati jalan tol ini hehehehe.
  • Jangan gunakan bahu jalan, nah ini nih yang sering saya lihat, banyak sekali pengendara yang melewati bahu jalan, hal ini sangat berbahaya, jadi saya harap jangan menggunakan bahu jalan, jika anda bisa baca maka ada tulisan "Bahu jalan hanya untuk keadaan darurat".
  • Siapkan kamera. Pemandangan pada jalan tol ini cukup bagus jadi sayang untuk anda lewatkan begitu saja.


Nah demikian sedikit cerita saat saya melewati jalan tol Cipali atau dengan kata lain jalan tol Cikopo-Palimanan dimana nantinya jalan tol ini akan menghubungkan kita dari ujung jawa barat sampai ujung jawa timur, sehingga dapat memberikan kemudahan kita untuk mengunjungi saudara kita yang ada di jawa ini.

Nah demikian artikel saya yang membahas mengenai pengalaman saya dalam melewati jalan tol cipali selama hari raya lebaran idul fitri kemarin dengan judul Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) Pengalaman Melewatinya.

Semoga dengan pengalaman saya kali ini dapat membantu para pengendara yang ingin melakukan perjalanan mudik lebaran pulang kampung ke kampung halaman rekan-rekan sekalian. salam dan terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) Pengalaman Melewatinya"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya