1000% Ampuh, 10+ Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot


Paling Ampuh, Cara Ini Bisa Mengatasi Laptop Kamu Yang Lemot - Laptop lemot merupakan sebuah momok yang paling membuat para user pengguna leptop kesal. Apalagi jika kita sedang di kejar dengan tugas yang menumpuk dan sangat penting.

cara mempercepat kinerja laptop, cara mengatasi laptop lemot, cara membuat laptop tidak lemot


Berbeda dengan PC, laptop memang lebih praktis dan sangat portable bisa di bawa ke mana saja namun tidak menutup kemungkinan jika laptop yang kita gunakan akan tiba-tiba saja lemot sama seperti di komputer.

Laptop lemot bisa menghambat setiap pekerjaan kita, selain itu laptop lemot dapat menggantu setiap aktivitas kita yang biasa kita kerjakan di laptop kita menjadi sangat terganggu. contohnya saat kamu main game di laptop, sedang asik-asiknya tiba-tiba laptop kamu hang sehingga kamu jadi AFK dan di omelin oleh tim kamu.

Kamu pasti tidak ingin setiap pekerjaan dan kesenangan kamu menjadi terganggu akibat laptop kamu menjadi lemot namun cara mengatasi laptop lemot yang akan nbcdns.com berikan ini bisa kamu gunakan agar laptop kamu berjalan kecang seperti mobil formula 1

Cara mempercepat kinerja laptop

Banyak cara mempercepat kinerja laptop namun tidak semua cara yang ada di internet dapat berhasil dan membuat laptop kamu berjalan kembali dengan sangat kencang.

Cara mempercepat kinerja laptop yang akan saya berikan kali ini dapat kamu gunakan untuk mempercepat kinerja laptop asus, hp, dell, lenovo atau bahkan laptop lain yang menggunakan sistem operasi windows, mac os bahkan linux.

Baca Juga
Macam Arti Bunyi Beep Di Komputer Di Sesuaikan Dengan Tipe Bios

 

Mengganti hard disk dengan ssd

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat kinerja laptop kamu adalah dengan menganti hdd kamu dengan ssd. Alasannya adalah kecepatan membaca data yang ada di harddisk lebih lambat ketimbang dengan menggunakan SSD

Kamu bisa mengetahuinya dengan membaca perbedaan hdd, shdd dan ssd. Perbedaan yang kamu rasakan adalah pada saat laptop kamu booting karena hasil booting laptop dengan HDD berbeda sangat jauh jika kamu menggunakan SSD.

Upgrade ram 

Biasanya pada saat kita membeli laptop, kita akan mendapatkan laptop dengan ram yang standar. biasanya kita akan mendapatkan laptop dengan ram 2GB dengan kecepatan 10600. Disarankan kamu menambah ram kamu disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi atau software yang kamu gunakan di laptop kamu.

Misalkan aplikasi yang kamu pergunakan untuk bekerja memerlukan ram 4 GB maka sebaiknya kamu upgrade ram kamu menjadi 8 GB agar kamu bisa menggunakan aplikasi lain saat kamu sedang bekerja.

Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi laptop kamu yang lemot.

Rawat laptop kamu seperti bagian dari tubuh kamu

Banyak orang yang melupakan hal ini. Agar performa laptop kamu tatap bagus kamu wajib melakukan perawatan rutin. Disarankan untuk melakukan perawatan laptop kamu secara rutin satu tahun sekali seperti melakukan pembersihan kipas, motherboard, hingga penggantian thermal paste.

Menggunakan sistem operasi yang ringan

Sistem operasi juga sangat mempengaruhi kinerja laptop kamu. Kenapa karena semakin tinggi sistem operasi yang kamu gunakan. maka laptop kamu akan semakin lemot. Misalkan sewaktu kamu membeli laptop kamu menggunakan sistem operasi windows 7. selanjutnya kamu upgrade ke windows 10.

Biasanya saat kamu menggunakan windows 10 kamu akan merasakan laptop kamu semakin lemot dan kadang hang. Jika hal ini terjadi maka di sarankan untuk mendowngrade sistem operasi kamu ke windows 7 atau windows xp agar kinerja laptop kamu tetap bagus seperi saat beli baru.

Full scan dengan antivirus

Biasanya laptop yang terkena banyak virus akan memiliki kinerja yang sangat lemot. Banyak virus yang menjalankan aplikasi yang berat di belakang karena memang mereka di buat untuk menjalankan tugas di belakang yang tidak sesuai dengan standar yang diberikan oleh windows.

Salah satu mengatasi virus yang terdapat pada laptop adalah dengan melakukan full scan dengan antivirus gratis yang ada dan terpercaya.

Uninstall sofrware yang tidak di pakai

Banyak dari kita akan menginstall aplikasi-aplikasi yang tidak kita perlukan ke dalam laptop kita. Setelah memakainya beberapa kali kita lupa untuk menguninstall aplikasi tersebut sehingga aplikasi itu membuat laptop kita menjadi lemot.

Disarankan agar laptop kamu bisa berjalan dengan sangat lancar agar kamu menguninstall aplikasi-aplikasi yang tidak kamu pergunakan. Cara unistall software ini ternyata cukup ampuh dapat membuat kinerja laptop kamu berjalan dengan lancar dan tidak lemot.

Memakai software versi lama

Semakin kamu menggunakan aplikasi-aplikasi atau software versi terbaru maka kinerja laptop kamu akan semakin berkurang bahkan dapat membuat laptop kamu semakin lemot. Disarankan kamu untuk menggunakan aplikasi yang sama namun memiliki versi yang paling rendah.

Kebanyakan aplikasi yang kamu butuhkan sering melakukan update namun beberapa update tersebut memerlukan resource dari laptop kamu yang tinggi dan hal ini yang membuat laptop kamu lamot. Dengan menurunkan versi dari aplikasi yang kamu gunakan dapat membuat kinerja laptop kamu kembali normal bahkan lebih kencang.

Gunakan software mempercepat kinerja

Kamu bisa menggunakan sofware aplikasi cleaner terbaik yang bisa kamu temukan di internet. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mempercepat kinerja laptop kamu karena kegunaan aplikasi ini adalah menghapus semua data cache yang tidak berguna dan tidak digunakan lagi yang biasa membuat HDD kamu penuh sehingga laptop kamu menjadi lemot.

Banyak aplikasi cleaner gratis yang bisa kamu pergunakan seperti ccleaner, dan lain sebagainya yang bisa kamu gunakan dan kamu download di internet. Cara di atas merupakan salah satu cara mengatasi laptop hang karena masalah software yang tidak cocok dengan komputer kamu.

Ganti hardware bermasalah

Hardware bermasalah juga bisa membuat kinerja laptop kamu menjadi lemot dan hal ini bisa sangat mengganggu kamu pada saat kamu menggunakan laptop kamu. Disarankan untuk melakukan pengecekan kinerja hardware kamu agar kamu dengan cara cek hdd atau kinerja ram apakah masih sama atau sudah berkurang dan cek juga apakah laptop panas sehingga laptop kamu juga sering mati tiba-tiba dan membuat laptop mati total.

Install ulang laptop kamu

Jika semua hal di atas tidak berhasil maka di sarankan untuk melakukan install ulang komputer kamu. sebaiknya cara install windows di lakukan oleh orang yang memang sudah biasa melakukan install ulang windwos. 

Hal ini dikarenakan jika terjadi kesalahan kemungkinan besar data-data penting kamu akan hilang dan tidak bisa kamu pergunakan lagi. 

Install ualang windows merupakan langkah terakhir karena hal ini diperlukan untuk memperbaiki semua sistem yang hilang atau korup akibat dari virus atau uninstall aplikasi yang tidak sesuai.

Sebelum kamu melakukan install ulang sistem operasi windows kamu, ada baiknya untuk kamu melakukan backup dengan cara backup data di pc

Beli laptop baru

Cara mengatasi laptop lemot yang satu ini sangat ampuh untuk kamu terapkan. Selain install ulang laptop kamu, kamu juga bisa mengatasi laptop lemot dengan cara membeli laptop baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi sehingga mendukung sofware yang saat ini kamu gunakan.

Biasanya kebanyakan aplikasi yang hadir sekarang merupakan aplikasi yang bisa digunakan di komputer atau laptop baru yang memiliki performa yang sangat tinggi sehingga pada saat menggunakan aplikasi tersebut kamu tidak akan merasa lemot.

Banyak cara membuat laptop tidak lemot namun 10 cara di atas merupakan cara yang paling ampuh untuk kamu gunakan untuk mengatasi laptop lemot. akhir kata saya ucapkan terimakasih karena telah membaca artikel saya dengan judul 1000% Ampuh, 10+ Cara Ampuh Untuk Mengatasi Laptop Yang Lemot

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "1000% Ampuh, 10+ Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya