-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Cara Mendapatkan e-FIN Dan Aktivasi e-FIN Untuk e-Filing Dan Lapor Pajak Secara Online

Cara Mendapatkan e-FIN Dan Aktivasi e-FIN Untuk e-Filing Dan Lapor Pajak Secara Online - Agar memudahkan kita untuk melakukan lapor pajak online atau efiling pajak SPT tahunan orang pribadi, maka Dirjen Pajak membuat sebuah sistem yang dapat digunakan oleh semua wajib pajak secara online untuk lapor pajak secara online.

Cara Mendapatkan e-FIN Dan Aktivasi e-Fin Untuk e-Filing Wajib Pajak Secara Online


Sistem ini wajib di gunakan oleh setiap wajib pajak untuk melaporkan penghasilan mereka dan saking mudahnya sistem ini di harapkan semua wajib pajak bisa melaporkan seluruh pendapatan tahunan mereka dengan menggunakan sistem ini.

Baca Juga
Cara Mengatasi Pesan Error eFIN Pesan Kesalahan REG015 Anda Belum Terdaftar 

efin pajak adalah?

efin pajak (Elecronic Filing Identification Number) adalah merupakan nomor indentitas yang di terbitkan oleh Direktorat Jendral Pajak (DJP) untuk semua wajib pajak agar melakukan transaksi Online dengan DJP. Dengan menggunakan eFIN maka memungkinkan setiap wajib pajak orang pribadi dapat melaporkan SPT tahunannya dengan cara lapor pajak pribadi secara online dan terenkripsi dengan aman dan rahasia.

Cara mendapatkan eFin

Cara mendapatkan efin pajak bisa kamu dapat langsung ke lokasi KPP terdekat dengan kota anda namun jangan khawatir jika tempat lokasi pembuatan NPWP kamu berbeda dengan lokasi tempat kamu tinggal sekarang. Dengan sistem online, sekarang kamu bisa lapor pajak tahunan kamu dengan lebih mudah.

Cara laporan pajak tahunan dengan menggunakan eFIN bisa di bilang sangat efektif dan sangat efisien karena kita bisa melaporkan pajak tahunan kita dengan cara yang lebih mudah.



Cara Mendapatkan e-FIN Dan Aktivasi e-Fin Untuk e-Filing Wajib Pajak Secara Online

Sebelum mendapatkan efin kamu wajib terlebih dahulu download folmulir e-FIN terlebih dahulu sebelum kamu berangkat ke KPP terdekat dengan tempat tinggal kamu.

Namun jika link di atas tidak bisa di akses, maka kamu bisa mendownload folmulir e_FIN dengan mengunjungi langsung link berikut ini. Download folmulir e-Fin di SINI.

Setelah kamu download dan isi setiap form yang ada di folmulir yang sudah kamu download tadi namun jika kamu menemukan ada tanda kutip form tersebut di isi oleh pihak KPP.

Persyaratan e-FIN

Untuk kamu yang ingin mengambil nomor e-FIN, kamu jangan sampai lupa untuk membawa persyaratan-persyaratan untuk mengambil nomor e-FIN dan untuk mengambil nomor e-FIN ini tidak bisa di wakilkan oleh siapapun.

Cara Mendapatkan e-FIN Dan Aktivasi e-Fin Untuk e-Filing Wajib Pajak Secara Online


Sedangkan bagi karyawan suatu perusahaan, bisa mengajukan permohonan eFIN secara kolektif. dan berikut ini persyaratan yang wajib kamu bawa saat kamu mengambil nomor eFIN.

  • Formulir aktivasi EFIN pajak yang sudah dilengkapi 
  • Alamat email aktif
  • Fotokopi dan asli KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA
  • Fotokopi dan asli NPWP
Setelah mendapatkan efin kamu wajib untuk menjaga kerahasiaan nomor eFIN untuk menghindari pengunaan yang tidak di inginkan oleh orang lain.

Untuk kamu yang ingin mengajukan nomor efin kolektif kamu bisa mengajukannya dengan memenuhi persyaratan di bawah ini.

  • Karyawan yang mengajukan permohonan EFIN pajak harus lebih dari 20 orang. 
  • Nama karyawan tercantum pada laporan SPT PPh 21.
  • Perusahaan yang mengajukan permohonan harus menyediakan tempat dan peralatan yang dibutuhkan untuk mengaktivasi EFIN pajak.
  • Karyawan yang mengajukan permohonan aktivasi EFIN pajak harus hadir saat pengaktifan EFIN.
Baca juga
Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak Secara Online Pada Aplikasi E-Nofa Online

 

Aktivasi E-FIN

Setelah kamu mendapatkan nomor efin dari petugas KPP di kota kamu, sekarang kamu harus mengaktifkannya langsung dengan cara daftar efin online ke website DJP : https://djponline.pajak.go.id/resendlink

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi password sementara. Silahkan klik tautan tersebut dan ganti dengan password yang kita inginkan.

Langkah selanjutnya adalah kamu melakukan pengisian e-filing yang bisa kamu ikut langkah-langkahnya di Panduan lengkah cara isi efiling

Nah di atas merupakan cara daftar efin dan cara kamu bisa mendapatkan e-FIN agar kamu bisa melakukan aktivasi e-FIN dengan mudah.

Semoga dengan tutorial Cara Mendapatkan e-FIN Dan Aktivasi e-Fin Untuk e-Filing Wajib Pajak Secara Online ini bisa membantu rekan-rekan sekalian yang ingin melaporkan pajak pribadi secara online

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mendapatkan e-FIN Dan Aktivasi e-FIN Untuk e-Filing Dan Lapor Pajak Secara Online"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel