-->

Cara Sharing Printer Di Windows 10

Cara Sharing Printer Di Windows 10 - Di artikel sebelumnya saya pernah mensharing sebuah artikel cara sharing printer, namun pada artikel sebelumnya itu saya menggunakan sistem operasi windows 7 dan windows 8.1 untuk melakukan sharing printer.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sebuah artikel cara sharing printer di windows 10 dan cara sharing di sistem operasi terbaru dari windows ini sama namun ada beberapa langkah yang sedikit berbeda.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu melakukan sharing printer kamu, yang paling utama adalah hemat biaya karena dengan cara ini kamu tidak perlu lagi membeli printer untuk setiap komputer yang ada di rumah atau kantor kamu.

Cukup dengan 1 printer yang di share maka setiap pc yang ada di sana bisa mencetak dokumen-dokumen mereka dari mana saja selama mereka terkoneksi dengan jaringan lan kantor atau rumah kamu.

Jika kamu pengguna sistem operasi windows 10 dan masih bigung bagai mana cara sharing printer, maka kamu wajib untuk mengikuti langkah-langkah sharing printer berikut ini.

Cara sharing printer

Untuk melakukan sharing printer ada langkah-langkah yang harus kamu lakukan terlebih dahulu yaitu mensharing printer yang ingin kamu share agar printer tersebut terbaca di semua komputer yang ingin mencetak dokumen mereka.

Cara Memulihkan Data Dari Partisi Harddisk Raw Di Komputer

Untuk mensharing printer di jaringan lan atau wifi dan menggunakan windows 10 maka pertama kali pada pc server kamu harus menghubungkan printer ke pc atau laptop yang ingin kamu pergunakan sebagai printer server.

Setting printer di pc printer server

Setelah kamu memasang printer pada pc yang kamu jadikan printer sever, maka kamu bisa mengkuti  langkah-langkah sharing printer berikut ini.

Pada pc yang kamu jadikan print server kamu bisa tekan tombol start > setting


Setelah ada jendela baru muncul kamu bisa menekan Device


Pilih printer yang ingin kamu share dan pastikan jika printer yang ingin kamu share sudah terinstall dan terditeksi seperti pada gambar di bawah ini lalu kamu bisa tekan tombol manage untuk menuju tahap selanjutnya melakukan sharing printer.


 Ditahap selanjutnya kamu bisa menekan "Printer propertis" lalu pilih tab sharing dan berikan cek di "share this printer"

Dengan langkah-langkah sharing printer di atas maka kita sudah siap untuk melakukan sharing printer di jaringan yang kamu kelola.

Namun masih ada langkah-langkah sharing printer yang harus kita lakukan pada komputer client agar printer yang telah kita install di pc yang kita jadikan print server ini dapat terbaca dan dapat di gunakan oleh komputer client yang ingin menggunakan printer itu.

 

Cara setting printer di pc client

Langkah-langkah setting printer sharing di pc atau komputer client sangat mudah namun pastikan bahwa semua komputer yang ada di tempat kamu telah terkoneksi dengan jaringan LAN atau WIFI.

Jika tidak maka kita tidak dapat menggunakan cara ini untuk mencetak dokumen dengan menggunakan metode printer client server ini.

Jika client kamu menggunakan windows 7 maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah sharing printer yang sudah pernah saya berikan sebelumnya di Cara Sharing Printer Pada Jaringan Kantor Atau Rumah Dengan Mudah.

Untuk pengguna windows 10 maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah-langkah sharing printer di pc client sama seperti cara setting printer di pada printer server yang sudah saya jelaskan di atas.

Namun cara sharing printer di pc client akan saya ulangi langkah-langkahnya jadi kamu tidak akan bingung dalam mensetting printer di pc client kamu.

Untuk langkah pertama kamu bisa klik tombol start terus masuk ke setting atau tombol GIR yang ada seperti pada gambar di bawah ini.


Selanjutnya masuk ke menu "Devices" seperti pada gambar di bawah ini


Akan muncul layar baru dan disini kita bisa pilih "Add Printer And Scanner"


Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "The Printer That Isn't Listed" lalu kamu klik

Tahap selanjutnya kamu bisa memilih "select a shared printer by name" dan kamu bisa memasukkan nama komputer yang kamu jadikan printer server



Kebetulan saya disini menamakan komputer printer sever tersbut dengan nama estate-12 jadi kamu bisa memasukkanya dengan format \\namapc\namaprinter contoh "\\ESTATE-12\Canon iP2700 series" atau kamu juga bisa menggunakan IP dari komputer yang kamu jadikan printer sever dengan format "\\192.1.1.1\namaprinter" tergantung ip komputer yang kamu dapatkan selanjutnya kamu bisa tekan next.

Jika saat kamu menekan tombol next kamu di minta username dan juga password maka kamu bisa memasukkan username dan juga password pc yang kamu jadikan printer server.

Lalu tunggu beberapa saat sampai proses selesai dan kamu bisa menekan tombol finist dan kamu bisa mengecek apakah printer yang ingin kamu akses telah terdaftar di komputer kamu.

Untuk cara melihatnya kamu bisa mengeceknya dengan cara masuk ke setting > devices pada windows 10 atau pada windows 7 kamu bisa melihatnya di "devices & printer"

Bagaimana cara sharing printer di sistem operasi windows 10 cukup gampang kan, mungkin saat ini cukup sekian dulu ya artikel dari saya.

Terimakasih karena telah membaca artikel saya dengan judul Cara Sharing Printer Di Windows 10.

Semoga artikelnya sangat bermanfaat


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Sharing Printer Di Windows 10"

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel