-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Cara Terbaru Setting Email Gmail Pada Aplikasi Email Client Microsoft OutLook Di Windows

Cara Terbaru Setting Email Gmail Pada Email Client Microsoft OutLook Di Windows - Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai tutorial komputer mengenai cara setting email gmail di aplikasi microsoft outLook pada pc windows 10, windows 8 atau windows 7 kita.

Mungkin rekan-rekan newbie code news bertanya-tenya. Kok sekarang cara untuk mensetting email gmail di aplikasi email clinet microsft outlook sangat susah ya? tidak seperti dulu tinggal next, next, dan next selesai.

Dan saat ini betapa susahnya memasang atau mensinkronkan email gmail yang kita miliki ke aplikasi email client seperti microsoft outlook.

Namun mungkin tidak hanya email client microsoft outlook namun juga ada kemungkinan email client lainnya juga mengalami hal yang saya seperti pada saat kita mempergunakan aplikasi email client microsoft outlook.

Setting pada akun email gmail kita

Ada beberapa cara agar kita dapat dengan mudah melakukan setting email yang kita miliki agar dapat menerima email pada aplikasi email client dan salah satu email client tersebut adalah aplikasi email client microsft outlook.

Untuk langkah-langkah awalnya kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini agar email gmail yang kamu miliki dapat secara mudah menerima update email yang masuk pada setiap aplikasi email client yang kita miliki.

Untuk langkah awal konfigurasi email gmail ke email client microsoft outlook silahkan masuk ke icon gambar kamu yang terdapat pada bagian kanan atas jika kamu masuk ke gmail kamu dan klik my account.

Cara Terbaru Memasang Email Gmail Pada Email Client Microsoft OutLook Dengan IMAP


Pada tahap selanjutnya silahkan anda lihat pada bagian "sing in and security" lalu silahkan klik pada bagian "connected apps & site" jika sudah silahkan cari dan klik tombol yang ada pada bagian "Allow less secure apps" klik tombol yang ada pada sebelah kanan tulisan tadi sampai berubah menjadi "ON".

Cara Terbaru Memasang Email Gmail Pada Email Client Microsoft OutLook Dengan IMAP


Jika anda sudah melakukan hal di atas maka secara otomatis anda sekarang dapat melakukan setting  dan juga setup email gmail kamu ke semua aplikasi email client yang kamu miliki saat ini.

Tidak hanya yang berbayar seperti aplikasi email client seperti microsoft outlook namun aplikasi-aplikasi email client yang gratis juga sudah bisa anda pergunakan saat ini dan dapat disinkronkan ke akun email gmail kamu.

Namun tidak hanya sampai disini saja langkah-langkah setting agar akun email pada gmail kita dapat kita sinkronkan atau kita sambungkan dengan aplikasi email client milik kita.

Cara Set up email gmail dengan aplikasi email client microsoft outlook

Ada beberapa langkah lagi yang harus kita kerjakan agar email gmail kita dapat berjalan pada aplikasi email client milik kita dan kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.


Untuk langkah awal agar email gmail kita dapat kita sinkronkan ke aplikasi email client microsoft outlook atau email-email client lainnya. Maka kita harus melakukan setingan khusus pada email gmail kita terlebih dahulu.

Silahkan masuk ke alamat email gmail milik kamu dan masuk atau klik gambar roda gigi atau gear seperti pada gambar dengan nomor 1 dan selanjutnya pilih menu "Setting" seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Terbaru Memasang Email Gmail Pada Email Client Microsoft OutLook Dengan IMAP

Jika sudah maka kita akan dibawa ke halaman baru dimana disana terdapat banyak tab-tab pegaturan dari email gmail kita.

Pilih pada bagian "Forwarding and POP/IMAP" pada nomor 3 lalu tahap selanjutnya kamu dapat memilih antara mempergunakan  POP atau IMAP seperti pada gambar nomor 4.

Perbedaan antara mempergunakan POP dan IMAP adalah jika kita mempergunakan POP maka email yang ada pada gmail kita akan langsung masuk ke aplikasi email client kita dan email tersebut tidak akan lagi masuk ke akun email gmail kita pada web.

Jika IMAP secara tidak langsung kita hanya terkoneksi dengan email kita jadi apa yang ada pada aplikasi email client kita sama dengan yang ada pada email gmail kita.
Kebetulan disini saya mempergunakan IMAP agar pengaturan di aplikasi email clinet yang ada jadi lebih mudah dan gak ribet hehehe.

Jika kita sudah melakukan langkah-langkah di atas dan untuk dapat mensinkronkan akun email gmail ke aplikasi email client microsoft outlook sangatlah mudah dan tidak akan memakan waktu yang cukup lama. kita dapat mensinkronkan akun email gmail kita tersebut dengan cara

Silahkan buka aplikasi email client anda yang disini saya mempergunakan aplikasi email client microsoft outlook.

Cara Terbaru Memasang Email Gmail Pada Email Client Microsoft OutLook Dengan IMAP

Pada saat awal kita membuka aplikasi email client microsoft outlook akan ada popup dimana kita dapat memasukkan nama dan alamat email gmail kita pada form yang tersedia seperti pada gambar diatas. silahkan masukkan juga password dari email gmail kamu jika kamu lupa dengan password email gmail kamu, maka kamu dapat menggunakan Cara Terbaru Mengganti Password Email Gmail dan jika sudah silahkan klik next

Tunggu sampai proses dibawah ini selelsai dan kita dapat menekan tombol finist untuk menyelesaikan melakukan setting email gmail kita pada aplikasi email client microsft outlook

Cara Terbaru Memasang Email Gmail Pada Email Client Microsoft OutLook Dengan IMAP

Silahkan cek email yang kamu miliki pada aplikasi email client apakah sudah dapat menerima dan melakukan pengiriman email dengan mempergunakan aplikasi tersebut.

Untuk melakukan penyetingan secara manual pada aplikasi email client pada microsft outlook dengan mempergunakan port IMAP maka kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Terbaru Memasang Email Gmail Pada Email Client Microsoft OutLook Dengan IMAP

Pada gambar seperti atas silahkan kita pilih "Manually configure server settings or additional server types" lalu selanjutnya klik tombol next

Pada tahap selanjutnya silahkan kamu pilih "Internet E-mail - Connect to POP or IMAP server to send and receive e-mail messages" lalu selanjutnya klik tombol next

Masukkan data data yang kita miliki sesuai dengan form yang ada pada menu seperti pada gambar dibawah ini

Cara Terbaru Memasang Email Gmail Pada Email Client Microsoft OutLook Dengan IMAP

Pada tahap ini silahkan masukkan nama pada your name dan masukkan email gmail anda contohnya nbcdns@gmail.com email address dan juga pada username,jangan lupa juga silahkan masukkan password dari gmail anda pada bagian password sama seperti pada gambar yang telah saya berikan di atas.

Jika pada saat kita mencoba untuk melakukan pengetesan setingan kita di atas dan ternyata tidak berhasil maka kita dapat merubah pada bagian incoming mail server menjadi "imap.googlemail.com" dan pada outgoing mail server "smtp.googlemail.com" dan selanjutnya kita dapat klik tombol more setting untuk melanjutkan penyetingan pada email gmail yang kita miliki.

Pada tahap selanjutnya silahkan pilih tab "outgoing server" dan cek list pada "My outgoing server (SMTP) requires authentication" dan pilih pada bagian "Use same settings as my incoming mail server" seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Terbaru Memasang Email Gmail Pada Email Client Microsoft OutLook Dengan IMAP


Pada bagian tab advanced silahkan masukkan seperti pada keterangan dibawah ini 

  • Incoming server (IMAP): 993 or 143
  • Incoming server encrypted connection: SSL
  • Outgoing server encrypted connection TLS
  • Outgoing server (SMTP): 25 or 465

Dan setelah kita selesai melakukan penyetingan siperti pada gambar di atas maka kita dapat menekan tombol ok

Jika settingan anda sudah benar maka tahap selanjutnya kita bisa menekan tombol next untuk menyelesaikan penyetingan email gmail yang kita miliki pada aplikasi email client microsoft outlook.

Keuntungan mempergunakan email client pada akun gmail kita

Nah banyak keuntungan yang dapat kita ambil jika kita mempergunakan aplikasi email client dan mempergunakannya pada email gmail milik kita nah keuntungan itu adalah sebagai berikut ini.


  1. Kita akan selalu mendapatkan pemberitahuan jika ada email baru yang masuk ke email milik kita secara langsung
  2. Kita dapat menyimpan email tersebut pada komputer yang terinstall dengan aplikasi email client tersebut.
  3. Kita tidak perlu lagi untuk membuka-membuka email kita secara langsung dari browser yang kita miliki.
  4. Kita dapat menghemat banyak waktu karena kita dapat dengan mudah menerima dan membalas email yang kita terima.

Nah demikian artikel saya yang memiliki judul Cara Terbaru Memasang Email Gmail Pada Email Client Microsoft OutLook Dengan IMAP. Semoga artikel mengenai cara memasang email gmain di aplikasi email client yang kita miliki ini dapat berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekans sekalian.

Terimakasih sudah membaca artikel pada blog saya ini. salam ngeblog dan terimakasih salah newbie code news.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Terbaru Setting Email Gmail Pada Aplikasi Email Client Microsoft OutLook Di Windows"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel