4 Cara Mengatasi Perangkat USB Tidak Terdeteksi Di OS Windows

4 Cara Mengatasi Perangkat USB Tidak Terdeteksi Di OS Windows - Mungkin teman-teman newbie code news pernah mengalami hal seperti ini, yaitu dimana tiba-tiba port usb yang berada pada komputer atau laptop yang kita miliki tidak dapat bekerja sama sekali.

Kebetulan kasus di tempat saya adalah dimana port usb di salah satu komputer client saya tidak dapat mendeteksi hardware apapun, termasuk juga perangkat komputer seperti mouse usb, keyboard usb dan juga flasdisk.

4 Cara Mengatasi Perangkat USB Tidak Terdeteksi Di OS Windows

Pasti dengan kejadian seperti di atas secara otomatis pemilik dari pc atau laptop tersebut tidak dapat bekerja untuk mengerjakan pekerjaannya ya kan.

Nah itulah yang pernah saya alami.

Saat itu saya telah mencoba berbagai cara untuk memperbaiki dan menyelesaikan permasalahan usb tidak terdeteksi oleh sistem operasi windows.

Dan jika hal ini teidak cepat terselesaikan maka pengguna pc tidak dapat mengerjakan pekerjaannya dikarenakan flashdisk tidak terbaca oleh sistem operasi windows tersebut.

Ada sempat kepikiran juga untuk melakukan install ulang sistem operasi yang client tersebut pergunakan.

Dan akhirnya saya tidak jadi melakukan install ulang komputer client yang di pergunakan tersebut.

Jika kamu mendpatkan permasalahan yang sama dengan komputer atau laptop yang kamu pergunakan saat ini, dimana komputer atau laptop kamu tidak dapat mendeteksi hardware yang ditencapkan pada port usb.

Kamu jangan melakukan tindakan install ulang sistem operasi kamu terlebih dahulu.

Jika anda ingin mencoba untuk melakukan setting email gmail anda untuk di hubungkan dengan aplikasi email client seperti microsoft outlook, maka artikel saya dengan judul Cara Terbaru Setting Email Gmail Pada Aplikasi Email Client Microsoft OutLook Di Windows dapat membantu anda untuk melakukan setting aplikasi tersebut ke akun gmail anda.

Cara memperbaiki port usb yang tidak mendeteksi hardware.

Saat kejadian client yang port usb pcnya tidak mendeteksi hardware yang terpasang pada port usbnya tersebut sedang melakukan printing dokumen namun di tengah jalan tiba-tiba saja terhenti dan semua hardware yang terpasang pada port usb tidak bekerja sama sekali.

Untuk mengatasi hal di atas kita dapat melakukan tindakan sebagai berikut ini.

  • Hapus semua file oem*.inf
  • Untuk menghapus file oem*.inf ini kita dapat melakukannya dengan cara
  • Klik tombol Start > Run > Silahkan Ketikkan perintah “cmd” (tanpa tanda kutip yaaa)
  • Pada saat  Command Line atau CMD terbuka silahkan anda ketik baris perintah berikut (tanpa tanda kutip) dan akhiri dengan [ENTER] pada tiap akhir perintah:
“cd \windows\inf” [ENTER]
“ren infcache.1 *.old” [ENTER]
“ren oem*.inf *.old” [ENTER]
“del C:\windows\setupapi.log” [ENTER]

  • Sampai di sini file oem*.inf sudah terhapus.

Jika sudah melakukan langkah di atas selanjutnya coba kamu melakukan restart komputer yang kamu pergunakan saat ini. dan apakah hardware seperti mouse atau keyboard usb yang anda pergunakan saat ini sudah terdeteksi dengan baik dan jika sudah maka selamat anda tidak perlu untuk melakukan langkah berikutnya.

Namun jika belum anda dapat mengikuti langkah-langkah berikutnya!

Tahap selanjutnya yaitu menghapus file registri yang kita miliki, namun untuk cara ini anda harus lebih berhati-hati yaaa

Pada langkah berikutnya kita akan menghapus semua entri registri dalam HKEY_LOCAL_MACHINE/Enum/USB yang dimulai dengan VID.

Dengan cara menghapus entri VID dari registri ini , nantinya  PC akan mendeteksi ulang hardware yang kita miliki dan akan melakukan Restart.

Namun jika saat ini kita sedang mempergunakan keyboard usb dan mouse usb maka ada baiknya kamu tidak menghapus file ini.

Karena jika kamu menghapus file VID untuk perangkat tersebut jika hal ini terjad maka untuk mengenali hardware yang kamu miliki maka kamu harus melakukan restart pc atau laptop kamu.

Untuk menghapusnya kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.


  • Silahkan kamu Klik Start > Run > Ketik “regedit” [ENTER] (tanpa tanda kutip).
  • Jika kamu sudah mengetikkan perintah di atas tersebut maka akan muncul jendela registry
  • Silahkan kamu masuk ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Enum\USB.
  • Pilih dan hapus semua entri VID_


Pada saat kita melakukan penghapusan file yang di awali dengan VID ini dan kita tidak dapat menghapus file tersebut maka kemungkinan windows yang kita miliki masih membatasi permission agar file VID_ tersebut tidak dapat di hapus

Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat melakukan cara berikut ini

  • Klik kanan pada Key yang akan dihapus > Pilih Permissions. Selanjutnya Window Permissions for The VID_… akan muncul.
  • Pilih semua check box dalam sesi Group atau Usename, pilih Allow pada Full Control.
  • Klik Apply dan akhiri dengan [OK]

Jika tahap di atas telah kamu lakukan maka untuk tahap selanjutnya silahkan matikan komputer atau laptop yang kamu miliki saat ini.

Pada saat komputer mati silahkan hubungkan kembali hardware yang kamu miliki ke port usb tadi dan pada saat tersebut windows akan mendeteksi kembali hardware yang kita miliki.


Cara mengatasi windows mengeluarkan pesan “USB Device Not Recognized”

Pada permasalahan selanjunya sistem operasi windows yang kita pergunakan mengeluarkan peringatan “USB Device Not Recognized” pada saat kita mencolokan hardware yang kita miliki ke port usb yang ada pada laptop atau pc kita.

Permasalahan ini sering terjadi pada flasdisk yang kita miliki dan sebabnya adalah listrik statis yang tidak sengaja mengalir pada casing komputer atau pada port usb yang berada pada laptop kita.
Untuk mengatasi permasalahan ini kita dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Matikan dan cabut semua kabel yang menancap pada komputer yang saat ini kamu pergunakan dan diamkan selama 30 menit dan coba untuk menyalakan seperti biasa kembali.

  • Jika cara pertama belum juga berhasil kita dapat mendeteksi kembali hardware tersebut dengan device manager dengan cara klik start > run > ketikkan "devmgmt.msc".

  • Selanjutnya dari menu action, pilih “Scan for Hardware Changes“ pilihan ini akan membuat windows yang kita miliki untuk mendeteksi perangkat usb yang saat ini kita pergunakan.

Jika kita melakukan langkah-langkah di atas namun perangkat usb yang kita miliki tidak berhasil terditeksi juga maka langkah selanjutnya adalah

  • Mendisable fasilitas Power management dari usb hub yang kita miliki. caranya adalah
  • Klik start > run > ketikkan "devmgmt.msc" dan selanjutnya klik ok
  • Silahkan tampilkan semua entri yang ada pada bagian Universal Serial Bus Controller, kemudian ikuti langkah berikut untuk tiap USB Root Hub yang tersedia.
  • Klik kanan USB Root Hub > Klik Properties
  • Klik Tab Power Management yang ada
  • Klik untuk menghilangkan pilihan pada check box “Allow the computer to turn off this device to save power“, akhiri dengan ok.

Cara mengatasi permasalahan pada saat instalasi driver

Hal ini bisa terjadi pada hardware yang kita miliki pada saat kita melakukan instalasi driver pada hardware kita namun terjadi kesalahan dan mengakibatkan kerusakan fatal maka untuk mengatasinyab kita dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.


  • Klik Start > Run > Ketik CMD lalu tekan tombol ok,
  • Selanjutnya ketikan “set DEVMGR_SHOW_DETAILS=1?” (tanpa tanda kutip) Tekan tombol ENTER.
  • Ketikan “set DEVMGR_SHOW_NONPRESENT_DEVICES=1?” (tanpa tanda kutip) ENTER.
  • Ketik “start devmgmt.msc” (tanpa tanda kutip) ENTER.
  • Klik pada menu View > Show Hidden Devices.
  • Pada panel sebelah kiri, Klik tanda “+” untuk melihat isi Imaging devices, Unknown Devices dan USB Devices.
  • Kita menemukan perangkat USB Devices dan perangkat USB tersebut masih berstatus USB Unknown Devices tersebut termasuk yang berwarna abu-abu maka kita dapat klik kanan pada bagian tersebut lalu klik uninstall.


Cara mengatasi usb tidak terditeksi sama sekali dan mendapatkan pesan “USB Device has Malfunctioned“

Untuk permasalahan di atas kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk dapat mengatasi permasalahan yang kita alami tersebut.


  • SIlakan coba ganti kabel usb yang kamu miliki dengan kabel usb yang lebih pendek.
  • Coba tancapkan perangkat USB ke port USB PC di bagian belakang.
  • Sejumlah perangkat USB 2.0 tidak kompatibel dengan port USB 1.1. Cobalah secara bergantian di port USB 1.1 dan USB 2.0 untuk mengetahui apakah ini yang jadi masalah.
  • Coba downgrade semua Port USB dari versi 2.0 ke 1.1, Anda dapat mengubah setting ini lewat BIOS.
  • Jika cara di atas tetap gagal, maka cobalah perangkat USB tersebut di komputer lain untuk mengetahui permasalahan yang kita alami.

Nah itu dia permasalahan yang sering kita dapatkan pada mempergunakan port usb yang ada pada komputer atau laptop yang kita miliki.

Semoga dengan artikel saya yang memiliki judul 4 Cara Mengatasi Perangkat USB Tidak Terdeteksi Di OS Windows ini dapat memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi seputra port USB yang tidak terditeksi oleh sistem operasi windows kita.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Mengatasi Perangkat USB Tidak Terdeteksi Di OS Windows"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya