-->

Gak Bisa Eject USB Drive di Windows 10/11? Jangan Panik! Coba Solusi Ini!

Kadang cara eject flashdisk yang benar sudah kita lakukan namun flashdisk dan jug harddisk external masih tetap tidak bisa di lepas dari komputer yang kita pergunakan.

Gak Bisa Eject USB Drive di Windows 10/11? Jangan Panik! Coba Solusi Ini!


nbcdns - Gak Bisa Eject USB Drive di Windows 10/11? Jangan Panik! Coba Solusi Ini! - Flashdisk dan harddisk external memang sangat kita perlukan agar kita bisa memindahkan data-data dari komputer kita untuk di buka di komputer lain.

Namun kadang saat usb flashdisk kita terpasang di komputer lain, kita tidak bisa eject flashdisk ataupun hdd external kita.

Biasanya pesan error yang muncul adalah "This device is currently in use. Close any program or windows that might be using the device and then try again."

Pesan error tidak bisa eject flashdisk di atas akan terus keluar pada saat kamu ingin melepas flashdisk kamu dengan cara yang benar.

Kamu di sarankan untuk menggunakan cara mencabut flashdisk yang benar dan tidak yang mencabutnya secara paksa, karena hal ini akan berakibat data yang ada di flashdisk tidak tersimpan atau bahkan corrupt.


Kenapa harus mencabut flashdisk dengan benar?

Mungkin kamu akan bertanya-tanya kenapa kamu harus mencabut flashdisk kamu dengan cara yang benar 

Agar flashdisk atau hdd external tidak cepat rusak

Salah satu alasan kenapa kamu kamu harus mencabut flashdisk kamu dengan benar adalah agar flashdisk atau hardisk yang sedang kamu gunakan tidak cepat rusak.

Jadi jika cara eject hdd external atau flashdisk kamu dengan cara paksa atau mencabut tanpa melakukan eject.

Kemungkinan besar hdd external dan flashdisk kamu akan cepat rusak dan data yang ada di dalamnya tidak bisa kamu pergunakan.

Data corrupt

Jika kamu mencabut paksa flashdisk atau harddisk external yang terpasang di komputer, maka bisa jadi data kamu bisa corrupt.

Hal ini karena terdapat arus listrik yang mengalir di flashdisk atau hdd external agar kedua benda tersebut terbaca di komputer.

Akibat dari mematikan paksa arus listrik tersebut maka data yang kamu simpan bisa saja corrupt karena perbedaan arus listrik saat menyimpan data.

Nah jadi beberapa alasan di atas bisa menjadi dasar bagi kamu menggunakan cara eject usb dengan benar.

Alasan kenapa flashdisk tidak dapat di eject

Jadi ternyata terdapat beberapa hal yang menyebabkan flashdisk dan harddisk external tidak dapat di eject malahan kamu mendapatkan pesan error "This device is currently in use. Close any program or windows that might be using the device and then try again."

Untuk beberapa alsan flashdisk tidak bisa di eject kamu bisa cek di bawah ini kemungkinan salah satunya terjadi pada flashdisk kamu.

Ada data yang masih terbuka

Pastikan untuk menutup semua data yang ada di dalam flashdisk kamu agar flashdisk dan harddisk external dapat di lepas dari komputer.

Flashdisk masih di scan antivirus

Biasanya antivirus memiliki fasilitas untuk melakukan scan otomatis usb yang terpasang di komputer. Bisa jadi flashdisk kamu masih di scan oleh antivirus jadi gak bisa di eject

Diskceck

Tanpa sadar dikarenakan hdd atau flashdisk yang sudah lama. Komputer kamu melakukan disk check pada flashdisk yang terpasang di komputer.

Copy data

Melakukan copy data dari falshdisk atau hdd external ke penyimpanan di komputer kamu memang membutuhkan waktu. Jadi pastikan untuk menyelesaikan proses ini agar flashdisk bisa di lepas.

Di atas merupakan beberapa hal yang wajib kamu ketahui karena beberapa hal di atas merupakan hal yang terjadi jika flashdisk kamu tidak bisa di eject.

Windows explorer

Biasa jadi windows explorer masih membaca flashdisk yang sedang kamu pergunakan. Jadi pastikan kembali apakah masih ada data yang terbuka saat kamu ingin mencabut flashdisk kamu


Cara mengatasi flashdisk tidak bisa di eject


Jika kamu sudah memeriksa dan mengecek beberapa kemungkinan flashdisk kamu tidak bisa di eject di atas namun tidak menemukan solusinya.

Maka kamu bisa menggunakan beberapa solusi yang akan nbcdns.com berikan di bawah ini

Pastikan kamu untuk menyimak beberapa solusi yang saya berikan agar flashdisk kamu dapat dengan mudah di lepas.

Restart Windows Explorer

Ada kemungkinan windows explorer masih mengakses usb drive dan mencegah kamu untuk melepas flashdisk kamu.

Pada kasus ini kamu bisa  merestart windows explorer agar flashdisk kamu bisa di lepas dengan mudah dengan cara di bawah ini

Gak Bisa Eject USB Drive di Windows 10/11? Jangan Panik! Coba Solusi Ini!



  • Klik kanan di taskbar dan pilih Task Manager. atau bisa menekan kombinasi shorcut keyboard Ctrl + Shift + Esc.
  • Pada tab proses, klik kanan pada windows explorer
  • Dan restart

Cek antivirus

Antivirus yang memiliki fitur pengecekan apapun yang terpasang pada port usb kamu bisa jadi salah satu penyebab flashdisk kamu tidak bisa di lepas.

Jalankan fitur windows hardware and divice troubleshooter


Jika terdapat masalah di sistem operasi windows 10 atau windows 11, langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah melakukan troubleshooting.

Ada banyak pilihan cara untuk melakukan troubleshooting dan salah satunya bisa memperbaiki masalah flashdisk tidak bisa di eject

Gak Bisa Eject USB Drive di Windows 10/11? Jangan Panik! Coba Solusi Ini!



  • Pada langkah awal kamu bisa menekan kombinasi shortcut Win + R
  • Ketikan cmd dan klik ok
  • Pada command promt windows, ketikkan msdt.exe -id DeviceDiagnostic dan tekan enter
  • Pada hardware dan device troubleshooter windows, klaik Advanced > applay repairs automatically
  • Klik OK untuk menjalankan troubleshooting

Cek apakah ada program yang jalan dari flashdisk

Sistem operasi windows mungkin gagal melepas hdd yang terpasang di USB karena ada program yang masih jalan pada usb yang kamu gunakan.

Misalkan kamu menjalankan aplikasi portable langsung dari flashdisk maka pastikan untuk menutup aplikasi tersebut sebelumnya.

Atau cek juga dokumen, foto, video apakah masih kamu buka atau sudah kamu tutup

Jika kamu tidak menemukan aplikasi yang masih kamu buka dari flashdisk maka kamu bisa menggunakan kombinasi Ctrl + Shift + esc untuk membuka task manager.

Lalu cek kembali apakah ada aplikasi yang masih terbuka atau masih kamu gunakan sehingga flashdisk bisa kamu lepas dari komputer.

Gak Bisa Eject USB Drive di Windows 10/11? Jangan Panik! Coba Solusi Ini!

Baca Juga 4 Cara Mengatasi Perangkat USB Tidak Terdeteksi Di OS Windows

Gunakan Tool safely remove hardware


Jika kamu gak bisa unmount flashdisk dari windows explorer atau dari icon task bar, maka kamu bisa melepasnya menggunakan tools safely remove hardware.

Gak Bisa Eject USB Drive di Windows 10/11? Jangan Panik! Coba Solusi Ini!


  • Jalankan kolom run dengan menekan Win+R
  • ketikkan RunDll32.exe shell32.dll,Control_RunDLL hotplug.dll dan klik OK
  • Pada bagian list Hardware Devices, pilih flashdisk atau hdd yang ingin kamu eject
  • klik stop

Eject flashdisk menggunakan disk management

Pada windows 10, kamu bisa menggunakan Disk Management untuk melihat flashdisk atau hdd external yang terhubung ke komputer.

Gak Bisa Eject USB Drive di Windows 10/11? Jangan Panik! Coba Solusi Ini!



Untuk melepasnya kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini

  • Masuk ke file explorer
  • Klik kanan This PC dan pilih manage
  • Pada panel bagian kiri, masuk ke Storage > Disk Management
  • Klik kanan pada external drive dan pilih eject

Cek kembali hdd atau flashdisk

Flashdisk atau hdd external kemungkinan mengalami masalah yang mengakibatkan flashdisk tidak bisa di lepas dari komputer.

Kamu bisa memeriksanya apakah flashdisk dan hdd external kamu baik-baiks aja dengan menggunakan beberapa tools cek harddisk

Flashdisk dan hdd external merupakan salah satu alat yang membantu kita untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.

Namun kadang flashdisk tidak bisa di eject dikarenakan ada beberapa data yang masih berjalan pada flashdisk tersebut sehingga kamu akan mendapatkan pesan error "This device is currently in use. Close any program or windows that might be using the device and then try again."

Sekian dulu artikel nbcdns.com kali ini dengan judul Gak Bisa Eject USB Drive di Windows 10/11? Jangan Panik! Coba Solusi Ini!


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gak Bisa Eject USB Drive di Windows 10/11? Jangan Panik! Coba Solusi Ini!"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel