-->

4 Cara Merubah Format Partisi dari GPT ke MBR

Untuk merubah format partisi dari GPT ke MBR atau sebaliknya yaitu dari MBR ke GPT tanpa menghapus data bisa banget kamu lakukan.



Belajar it online 4 Cara Merubah Format Partisi dari GPT ke MBR - Merubah partisi dari GPT ke MBR biasanya kita lakukan ketika pengguna windows 7 ingin mengupgrade OSnya ke windows 8 atau windows 10.

Biasanya kamu akan mendapatkan pesan error gagal karena partisi di komputer kamu masih menggunakan format GPT.

Hal ini memang memusingkan karena cara satu-satunya untuk merubah format GPT ke MBR adalah dengan cara memformat dan mendelete partisi yang ada di dalamnya.

Pada kesempatan kali ini newbie sendiri akan memberikan kamu langkah-langkah yang bisa kamu lakukan agar format partisi di komputer kamu bisa berubah tanpa harus kehilangan data.

Akan tetap walau tidak hilang, ada baiknya untuk berjaga-jaga. Kamu terlebih dulu membackup data penting yang ada di komputer kamu untuk jaga-jaga.

Baca Juga Cara Main Game Android di PC Tanpa Emulator Dengan Google Play Game Di PC


Tujuan merubah partisi GPT ke MBR

Sewaktu kita masih menggunakan sistem operasi windows 7 ke bawah kita hanya kenal dengan partisi berformat MBR.

Lalu sejak kemunculan windows 8 dan windows 10, maka barulah kita kenal dengan format partisi baru dengan nama GPT yang jika format partisi kamu sudah GPT maka kamu bisa install windows 8 dan 10 namun untuk windows 7 tidak bisa.

Namun bagi kamu yang memiliki laptop versi terbaru dan ingin menginstall windows 10 dengan format partisi GPT. 

Jika kamu ingin downgrade ke windows 7 maka kamu wajib untuk merubah partisi menjadi MBR karena windows 7 tidak mengenal istilah partisi GPT.

Saat kamu ingin melakukan install ulang windows, Saat berada di BIOS kita hanya perlu untuk memilih mana UEFI/EFI atau lagacy atau tidak ada tulisan selain bootable windows saja maka pilih EFI/UEFI untuk GPT dan lagacy untuk partisi MBR.

Perbedaan partisi GPT dan MBR

Untuk yang masih bingung apa perbedaan partisi GPT dan MBR kamu bisa mengetahuinya dari infromasi di bawah ini

  • MBR dapat menggunakan penyimpanan maksimal 2 TB, sedangkan GPT bisa menggunakan penyimpanan sampai 9 ZB.
  • MBR hanya bisa membuat 4 primary partition, sedangkan GPT bisa membuat 128 primary partition.
  • Informasi dari file system MBR disimpan hanya dalam satu lokasi saja, sedangkan GPT mampu membuat beberapa file system untuk disimpan di beberapa lokasi.

Cara rubah partisi GPT ke MBR

Untuk merubah partisi GPT ke MBR bisa kamu lakukan namun di sarankan untuk selalu membackup data penting kamu terlebih dulu sebelum melakukannya.

Rubah partisi GPT ke MBR dengan install ulang windows

Untuk cara yang pertama bisa kamu lakukan dengan cara menghapus seluruh partisi yang ada di komputer kamu pada saat install ulang windows.

Cara ini tidak di sarankan jika kamu masih memiliki data penting yang belum kamu backup di komputer yang ingin kamu install ulang.

Tapi cara ini bisa di bilang paling mudah dan paling aman di lakukan jika kamu ingin merubah format partisi dari GPT ke MBR.


Dengan menggunakan aplikasi pihak ke tiga

Untuk cara selanjutnya kamu bisa lakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ke tiga dengan nama mini tool partition wizzard atau AOMEI partition wizard.

Saat ini saya akan memberikan tutorial cara merubah partisi GPT ke MBR dengan langkah-langkah di bawah ini


Untuk langkah-langkahnya bisa di bilang cukup mudah kamu cukup pilih partisi atau harddisk yang ingin kamu rubah dari GPT ke MBR.

Setelah kamu pilih, kamu bisa bisa geser mouse kamu ke pilihan menu convert GPT to MBR disk dan tunggu proses selesai.

Setelah selesai kamu sekarang sudah bisa menginstall ulang drive yang sudah kamu rubah ke MBR tadi dengan sistem operasi windows 7.


Dengan CMD

Kamu juga bisa merubah dengan menggunakan CMD dengan langkah-langkah seperti pada gambar di bawah ini.


Setelah itu kamu bisa mengecek kembali


Dengan Disk Management

Untuk pengguna windows 10 ada cara mudah agar kamu bisa merubah tipe partisi kamu dari GPT ke MBR dengan langkah-langkah di bawah ini

  • Pertama-tama silahkan masuk ke disk management dengan cara klik kanan pada This PC lalu klik Manage
  • Setelah itu pilih disk management 
  • Pada disk management kamu bisa pilih harddisk yang ingin kamu rubah ke MBR dan klik kanan hingga muncul pilihan convert to MBR Disk seperti pada gambar di bawah ini


Hapus seluruh partisi pada saat install ulang windows

Selain cara di atas, untuk merubah format harddisk dari GPT ke MBR, bisa kamu lakukan dengan cara menghapus seluruh partisi yang ada di penyimpanan harddisk kamu.

Dikarenakan menghapus seluruh partisi maka termasuk juga dengan semua data yang ada di dalam hardisk yang ada di komputer kamu.

Di karenakan hal ini menyangkut tempat penyimpanan data yang ada di komputer kamu, maka pastikan untuk selalu melakukan backup data sebelum kamu merubah format partisi dari GPT ke MBR.

Baca Juga 3 Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark


Kesimpulan

Bagi kamu yang memiliki permasalahan saat install ulang windows dimana kamu mendapatkan pesan error dari windows Windows Cannot be Installed to This Disk.

Maka kamu bisa melakukannya dengan langkah-langkah di atas, kamu cukup pilih salah satu metode yang ingin kamu gunakan.

Pastikan juga agar kamu melakukan backup data penting kamu terlebih dulu sebelum melakukan perubahan ini pada hardisk komputer yang kamu pergunakan

Sekian dulu artikel tutorial belajar it online kali ini dengan judul  4 Cara Merubah Format Partisi dari GPT ke MBR


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Merubah Format Partisi dari GPT ke MBR"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel