-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Cara Install Microsoft Visio dan Microsoft Project Dengan Office365

Cara install Microsoft Visio dan Microsoft Project di office365 bisa di bilang sangat membingungkan bagi yang tidak mengetahui langkah-langkahnya.

Cara Install Microsoft Visio dan Microsoft Project Dengan Office365

Cara Install Microsoft Visio Dengan Office 365 Di Laptop Atau Komputer - Microsoft Visio dan juga microsoft project merupakan prouduk microsoft office yang bisa kita pakai di komputer kita namun untuk pembeliannya terpisah dengan lisensi dari microsoft office.

Hal ini di lakukan karena kemungkinan dari permintaan dari kedua aplikasi ini yang cukup tinggi sehingga penjualan aplikasi ini di pisahkan dari aplikasi office pada umumnya.

Saat ini sudah banyak para pengguna microsoft office yang juga menggunakan aplikasi Microsoft visio dan juga Microsoft project.

Namun apasih keguaan dari kedua aplikasi di atas.

Perbedaan Microsoft Visio dan Microsoft Project

Walau sama-sama merupakan produk dari microsoft office, namun kedua aplikasi di atas memiliki perbedaan dalam penggunaannya.

Perbedaan microsoft visio dan microsoft project bisa kamu ketahui pada penjelasan di bawah ini

Microsoft Project

Microsoft Project merupakan produk perangkat lunak manajemen proyek, dikembangkan dan dijual oleh Microsoft. 

Aplikasi ini dirancang oleh microsoft untuk membantu para manajer proyek dalam melakukan pengaturan jadwal, menetapkan sumber daya untuk tugas-tugas, melacak kemajuan, mengelola anggaran, dan menganalisis beban kerja.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi Microsoft Project di pc atau laptop mereka untuk membantu pekerjaan yang mereka kerjakan.

Itu adalah bagian dari keluarga Microsoft Office, tetapi belum pernah dimasukkan dalam suite Office. Ini tersedia saat ini dalam dua edisi, Standar dan Profesional. Format file milik Microsoft Project adalah .mpp.

Microsoft Visio

Microsoft Visio adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering kita pergunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan yang di buat oleh perusahaan Microsoft Corporation. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya.

Visio aslinya bukanlah buatan Microsoft Corporation, melainkan buatan Visio Corporation, yang diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 2000. 

Versi yang telah menggunakan nama Microsoft Visio adalah Visio 2002, Visio 2003, Visio 2007, Visio 2013, dan Visio 2016 yang merupakan versi terbaru. 

Visio 2007 (,atau lebih baru) Standard dan Professional menawarkan antarmuka pengguna yang sama, tetapi seri Professional menawarkan lebih banyak pilihan template untuk pembuatan diagram yang lebih lanjut dan juga penataan letak (layout). 

Selain itu, edisi Professional juga memudahkan pengguna untuk mengoneksikan diagram-diagram buatan mereka terhadap beberapa sumber data dan juga menampilkan informasi secara visual dengan menggunakan grafik.

Nah sekarang kamu sudah mengetahui apa perbedaan dari aplikasi Microsoft Visio dan juga Microsoft Project buatan dari perusahaan Microsoft

Namun kamu juga wajib mengetahui apa perbedaan dari Microsoft Office dan juga Microsoft 365 yang sekarang ini sering banget kita dengar saat kita ingin membeli produk microsoft office

Perbedaan Microsoft Office 2021 dan Microsoft Office 365

Terdapat dua paket dari aplikasi microsoft office yaitu microsoft Office 2021 dan juga Microsoft Office 365.

Namun terdapat perbedaan dari dua versi microsoft office yang satu ini selain terdapat nomor tahun di belangkannya.

Office 365

Office 365 merupakan layanan langganan yang memastikan kamu akan memiliki produk terupdate dari microsoft office.

Paket microsoft 365 sendiri ada untuk pengguna rumahan dan pribadi, bisnis kecil dan menengah, perusahaan besar, sekolah dan nirlaba.

Paket Microsoft Office 365 mencakup aplikasi desktop seperti Wird, PowerPoint, dan Excel. Kita juga bisa mendapatkan fitur penyimpanan online yang bisa kita pergunakan secara realtime yaitu onedrive.

Microsoft Office 2021

Microsoft Office 2021 di jual sebagai pembelian satu kali yang berarti kamu hanya perlu membayar di muka untuk mendapatkan aplikasi microsoft office untuk 1 komputer.

Pembelian ini tidak termasuk update jika terdapat update microsoft office terbaru tidak seperti jika kita menggunakan aplikasi Microsoft Office 365.

Jadi pastikan kamu mengetahui spesifikasi minimal office yang akan kamu pergunakan sebelum kamu membelinya.

Bagi kamu yang ingin menggunakan Microsoft Office 365 dan ingin menginstall aplikasi microsoft visio.

Pasti akan mengalami kesulitan karena kita mendapatkan aplikasi microsoft visio dalam berupa installer .msi atau juga .exe.

Jadi kita perlu trik tersendiri untuk install aplikasi microsoft visio dan juga project agar kita bisa menggunakannya dengan Office 365.

Untuk hal ini newibe sudah mempersiapkan langkah-langkah yang bisa kamu gunakan agar kamu bisa install microsoft visio dan juga microsoft project bersaam dengan office 365.


Cara install microsoft visio dan microsoft project di office 365

Bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi microsoft visio atau microsoft project bersamaan dengan aplikasi microsoft office 365.

Maka kamu wajib banget untuk mengetahui trik mudah yang satu ini agar kamu bisa install aplikasi yang kamu inginkan.

Untuk melakukannya kamu cukup ikuti langkah-langkah yang sudah newbie siapkan di bawah ini.

Untuk langkah pertama kamu bisa download terlebih dulu aplikasi Office Deployment Tool (ODT) 

Setelah kamu download kamu cukup install ke komputer yang sedang kamu menemukan beberapa hal aneh di bawah ini


Setelah kamu melihat ada hal aneh seperti gambar di atas maka langkah selanjutnya kamu bisa buka configuration-Office365-x64.xml dengan menggunakan notepad.

Kenapa configuration-Office365-x64.xml karena di sini saya ingin install microsoft visio di komputer saya yang sudah terinstal microsoft office 365 64 Bit.

Kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dulu apakah di komputer kamu terinstall Office 365 32 bit atau 64 bit di windows kamu.

Jika kamu memutuskan menggunakan microsoft visio 32bit atau 64bit maka kamu bisa hapus file .xml yang tidak terpakai lainnya agar gak bingung.

Silahkan ganti <Product ID="O365ProPlusRetail"> Menjadi <Product ID="VisioStdXVolume"> untuk produk ID bisa kamu sesuaikan dengan microsoft visio yang sudah kamu miliki.

Selanjutnya kamu bisa masukkan PIDKEY yang sudah kamu dapatkan dari pembelian Microsoft Visio Atau Project hingga menghasilkan script di bawah ini

<Configuration>
  <Add OfficeClientEdition="64" >
    <Product ID="VisioStdXVolume" PIDKEY="69WXN-MBYV6-22PQG-3WGHK-RM6XC">
        <Language ID="en-us" />
     </Product>
   </Add>  
</Configuration>


Untuk daftar ID untuk install visio dan juga project bisa kamu lihat di bawah ini




Misalkan kamu mendapatkan microsoft visio 2021 lalu bagaimana cara installnya karena di atas IDnya tidak ada.

Untuk perbedaannya hanya di standard dan juga professional

Kamu bisa bertanya ke tempat kamu beli office apakah microsoft visio atau project yang kamu beli merupakan versi standard atau professional.

Jika kamu mendapatkan versi standart kamu bisa gunakan ID ProjectStdXVolume untuk project dan VisioStdXVolume

Begitu juga jika kamu mendapatkan versi Professional maka kamu bisa gunakan ID yang satunya.

Selanjutnya kamu bisa simpan settingan .xml yang sudah kita rubah tadi 

Langkah selanjutnya kamu bisa simpan file tadi ke dalam Partisi D kamu agar mudah untuk mencarinya.

Selanjutnya buka Command Promp (CMD) dan silahkan masuk ke dalam folder yang berisi installer dan script .xml yang sudah kamu buat tadi.

Misalkan script ini ada di partisi D maka kamu bisa kettikan script di bawah ini 


Penjelasan script di atas adalah

  • D: di sini saya pindah ke partisi D yang ada di komputer saya. Jika partisi yang kamu gunakan adalah F maka kamu bisa kettikan F:
  • cd officevisiotry saya gunakan untuk masuk ke dalam folder officevisiotry karena script yang sudah kita saya buat ada di dalam ini.
  • Dir merupakan printah untuk melihat isi dari dalam folder officevisiotry



Untuk langkah selanjutnya kamu bisa ketikkan setup.exe /download configuration-Office365-x64.xml yang berguna untuk mendownload visio yang cocok dengan office 365 ke kekomputer kamu.


Nanti di dalam folder yang sudah kita buat akan ada folder baru dengan nama Office secara otomatis.

Tunggu hingga proses download selesai dan kamu bisa lanjutkan dengan mengetikkan perintah setup.exe /configure configuration-Office365-x64.xml untuk menginstall aplikasi microsoft visio dan juga microsoft project ke komputer kamu.

Silahkan tunggu hingga proses instal microsoft visio dan juga microsoft project yang kamu ingin install selesai.

Untuk proses install aplikasi tambahan office jika kamu menggunakan aplikasi Microsoft Office 365 memang akan melalui proses yang bisa di bilang cukup sulit.

Berbeda jika kamu membeli aplikasi microsoft office biasa yang cukup tinggal klik installernya maka aplikasinya sudah terpasang di dalam komputer kamu.

Namun langkah-langkah di atas bisa di bilang sangat mudah dan bisa membuat kamu terlihat keren di depan teman-teman kamu.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Install Microsoft Visio dan Microsoft Project Dengan Office365"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel