-->

12 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Di Hp Android

Kadang kala kita pernah mengalami dimana kita tidak bisa menginstall aplikasi apapun dari google play store di handphone android. 

9 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Di Hp Android

Saat kita ingin menginstall aplikasi yang di perlukan dan tidak dapat menginstal aplikasi karena google play tidak bisa install aplikasi di hp android kita pasti kita akan merasa kesal.

Tidak Bisa Install Aplikasi Di Hp Android - Memang kadang kesal saat kita mencoba untuk meninstall aplikasi yang kita perlukan tapi di saat itu juga kita tidak dapat menginstall di hp kita karena google play tidak bisa install aplikasi.

Hal ini memang sering terjadi apalagi untuk kamu yang memiliki handphone tua yang kapasitas internal memorinya kecil.

Alasan kenapa tidak bisa menginstal aplikasi adalah salah satunya karena semakin lama aplikasi yang ada di google play store akan memakan RAM hp yang cukup tinggi dan juga akan memakan memori internal yang besar juga.

Biasanya saat kita install aplikasi hp android. Kita cukup install langsung di google play store. Namun semua menjadi masalah saat dimana kita install aplikasi di hp android dan mendapatkan pesan aplikasi tidak terpasang.

Baca Juga
Cara Paling Mudah Download Film Iflix Di Hp Android


Kenapa tidak bisa menginstal aplikasi?


Ada beberapa penyebab yang menyebabkan kenapa tidak bisa menginstal aplikasi di handphone android? 

Mungkin salah satu alasan kenapa tidak bisa menginstal aplikasi yang menyebabkan kamu tidak bisa menginstall aplikasi hp android kamu.

Memori Tidak Cukup

Penyebab umum kenapa google play tidak bisa install aplikasi di hp android dari google play store adalah memori tidak cukup.

Kita harus terlebih dulu memastikan bahwa HP masih memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup. Kalau tidak, maka aplikasi tidak akan bisa terinstall.

Jika hal ini terjadi biasanya kalau di google play store, biasanya ada tambahan pesan "Insufficient storage space".

Kesalahan dalam penginstalan

Alasan kenapa tidak bisa menginstal aplikasi biasanya terjadi saat hp android kamu sudah di root. Aplikasi yang seharusnya terinstall di direktori tertentu, namun ini tidak. Efeknya akan muncul pesan "Incorrect apk install location"

Error pada sistem

Alasan selanjutnya kenapa tidak bisa menginstal aplikasi bisa saja sistem android yang kamu gunakan error. Apalagi handphone kamu digunakan untuk keperluan tertentu.

Dampak tidak dapat menginstal aplikasi adalah di antaranya bisa menyebabkan kesalahan dalam proses instalasi aplikasi.

Aplikasi tidak mendukung

Penyebab kenapa tidak bisa menginstal aplikasi karena ada beberapa aplikasi yang bisa kamu install dari luar google play store. 

Namun kamu harus mengetahui apakah aplikasi yang ingin kamu install di dukung oleh os hp android kamu.

Misalkan ada beberapa aplikasi yang ingin kamu install namun aplikasi tersebut tidak ada di google play store. 

Saat hal itu terjadi kamu pasti akan mencoba untuk menginstall aplikasi yang kamu cari dari sumber luar.

Jika kamu paksakan ada kemungkinan kamu mendapatkan pesan aplikasi tidak kompitible atau lebih parah lagi ada kemungkinan handphone kamu hang.

Mungkin pertanyaan kenapa aplikasi tidak bisa di instal di atas bisa menjawab pertanyaan kamu yang masih memiliki pertanyaan kenapa tidak bisa menginstall aplikasi di play store.


Baca Juga 
21 Cara Dapat Banyak Like Di Instagram


Cara Mengatasi Kenapa Tidak Bisa Menginstall Aplikasi di hp android

Newbie kali ini akan memberikan beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi kenapa tidak bisa menginstal aplikasi pada hp android kamu.

Biasanya beberapa aplikasi yang tidak bisa di install itu merupakan aplikasi ecommers salah satunya kita tidak bisa install tokopedia di hp android.

Saya sendiri kebetulan pengguna handphone android versi lama jadi saya sering menerima beberapa permasalahan seperti tidak bisa install aplikasi di hp android.

Dan dengan menggunakan tips yang saya akan berikan berikut ini saya jamin kamu bisa lagi menginstall aplikasi dari google play store.

Solusi tidak bisa install aplikasi di hp android yang akan saya berikan ini bisa kamu gunakan di semua handphone android seperti Samsung, OPPO, Xiaomi, Asus, Vivo, Lenovo, Huawei, dan lain sebagainya.

Untuk langkah-langkah bisa kamu simak berikut ini dan kemungkinan permasalahan kenapa aplikasi tidak bisa di install dari aplikasi di play store bisa terjawab

1. Restart Handphone kamu

Kita bisa mencoba untuk menggunakan metode sederhana dulu untuk mengatasi kenapa aplikasi tidak bisa di install di hp android. 

Yaitu restart handphone android kamu dan kamu coba untuk install aplikasi baru dari google play store.

Saat kamu merestart handphone android kamu. Beberapa aplikasi yang berjalan di belakang akan terhenti. Dan dengan hal ini kita bisa langsung install aplikasi yang kamu inginkan.

Untuk caranya tinggal tekan tombol power lalu ketik tombol reboot atau restart dan kemudian tunggu sampai sistem di muat ulang.

2. Aktifkan Unknown resource

Kamu tidak akan bisa install aplikasi mentah di luar google play store. Untuk bisa menginstallnya kamu bisa aktifkan terlebih dulu fitur sumber tidak dikenal (Unknown Resources).

12 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Di Hp Android



Untuk mengaktifkannya kamu bisa ikut langkah-langkah di bawah ini.
  • Kamu bisa masuk ke setelan lalu masuk ke keamanan.
  • Kemudian cari dan centang pengaturan sumber tidak dikenal (Unknown Resource)
  • Selanjutnya kemu cukup untuk restart handphone android kamu.

Selanjutnya kamu cukup install kembali aplikasi yang tidak bisa di install, Jika sudah normal, jangan lupa untuk mengembalikan pengaturan Unknown Resources menjadi nonaktif yaaa.

Cara ini merupakan satu-satunya cara menginstal aplikasi yang di sebabkan tidak bisa menginstal aplikasi sehingga kita memerlukan aplikasi yang bisa kita download di internet.

Kamu bisa menggunakan cara mendownload aplikasi tidak bisa di instal di hp android dengan cara ini.

Karena jika tidak di aktifkan maka kamu tidak akan bisa install aplikasi di hp android di luar dari yang kamu download adari google play store.

Atau kamu bisa untuk terus mengaktifkan fitur ini agar yang merupakan Cara agar HP tidak bisa instal aplikasi.

3. Beri izin memori internal

Sebagian besar hp android jika ada aplikasi yang baru saja di install pasti akan di masukkan kedalam memori internal.

Untuk kamu yang memiliki hp android dengan versi 5.0 ke atas, terdapat fitur yang bisa membuat memori bisa di akses ketikda sudah mendapatkan izin dari pengguna.

Karena itu, coba periksa atau setting kembali pengaturan ijin memori internal kamu. Agar tidak mengalami masalah google play tidak bisa instal aplikasi.

Untuk langkah-langkahnya bisa dengan cara
  • Buka setelan android dan buka menu aplikasi
  • Cari aplikasi google play store
  • Masuk ke menu izin lalu aktifkan izin penyimpanan
Jika kamu menginstall aplikasi dalam bentuk APK. coba cek pengaturan pemasangan paket dengan cara
  • Buka setelan android
  • masuk ke menu aplikasi dan cari aplikasi pemasangan paket
  • Buka menu izin lalu aktifkan izin penyimpanan.
  • Selanjutnya tinggal kamu restart saja handphone android kamu dan install aplikasi kembali.

4. Menghapus cache Google Play Store

12 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Di Hp Android

yang terdapat pada penyimpanan google playstore bisa kita coba untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa terpasang di android.

Cara mengatasi kenapa aplikasi tidak bisa di install di hp android ini bisa dikatakan sangat ampuh, terutama jika kamu menemukan masalah ini saat menginstall aplikasi melalui playstore.

Untuk langkahnya bisa kamu ikuti di bawah ini.
  • Buka setelan android dan buka menu aplikasi
  • Cari dan buka aplikasi playstore
  • Masuk ke menu penyimpanan
  • Ketuk tombol hapus cache yang ada di sana.

Selain itu, kamu juga bisa klik uninstall pembaruan.  dan kamu selanjutnya bisa mencoba untuk menginstall aplikasi yang tadi ingin kamu install.

5. Cek Memori Internal

Ukuran yang terdapat di semua aplikasi pasti berbeda-beda. Ada yang hanya beberapa MB saja dan ada juga yang mencapai hingga beberapa GB.

12 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Di Hp Android


Oleh karena itu, yang perlu kita ketahui adalah kita harus memastikan bahwa terdapat penyimpanan yang cukup sesuai dengan ukuran dari aplikasi yang akan diinstall.

Banyak dari pengguna handphone android yang tidak sadar dengan sisa ruang penyimpanan yang ada di handphone android mereka.

Bisa jadi kenapa aplikasi tidak bisa di install di hp android kamu adalah merupakan salah satu hal berikut ini

Untuk cara melihatnya kamu cukup buka aplikasi file manager. Nanti di dalam aplikasi akan terdapat rincian sisa kapasitas memori internal, berapa yang sudah di pakai, dan berapa sisa ruang yang tersedia.

Agar kapasitas memori internal kamu semakin bertambah kamu sebaiknya coba untuk mencari dan menghapus saja data yang tidak diperlukan lagi. Misalkan video, dokumen, atau foto yang tidak penting.

6. Memeriksa kompatibilitas versi aplikasi

Kompabilitas sistem akan berpengaruh dengan berjalannya fungsi aplikasi, apakah aplikasi tersebut bisa berjalan normal atau tidak.

Contonya seperti saat menginstall aplikasi versi lama di OS android versi baru atau sebaliknya.

Kamu bisa terlebih dulu cek versi aplikasi berserta kompabilitasnya silahkan kamu cek dan sesuaikan atau kamu bisa install versi yang terbaru.

7. Hapus aplikasi yang jarang di pakai

untuk mengatasi google play tidak bisa instal aplikasi kamu bisa hapus app android jarang di pakai makin lama akan semakin banyak dan menumpuk di memori internal kamu.

Dan hal inilah yang membuat handphone kamu tidak dapat menginstall aplikasi baru dan aplikasi lain yang kamu butuhkan.

Solusinya adalah untuk menghapus aplikasi yang tidak kamu butuhkan dan memakan memori internal yang cukup banyak.

Untuk caranya bisa dengan cara
  • Buka setelah dan masuk ke menu aplikasi
  • Kemudian kamu bisa cari aplikasi yang jarang kamu pakai lalu kamu bisa hapus aplikasi tersebut.

Setelah kamu hapus kamu bisa restart handphone kamu sebelum kamu menginstall aplikasi yang kamu inginkan.

Baca Juga 
TAKUT HILANG!!! Cara Backup Percakapan Chat Di WhatsApp


8. Reset ulang hp

Jika cara mengatasi kenapa aplikasi tidak bisa di instal di hp android paling akhir adalah dengan cara reset hp android.

Cara ini merupakan cara terakhir jika cara di atas tidak bisa membantu kamu untuk bisa menginstall aplikasi di hp android kamu. Kamu bisa melakukan cara yang satu ini.

Namun cara ini tidak di sarankan karena cara ini memiliki efek samping salah satunya adalah kamu akan kehilangan semua data kamu yang ada di memori intenal.

Sebelum melakukannya sebaiknya kamu membackup data yang ada di handphone android kamu terlebih dulu.

Untuk cara resetnya bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka setelan dan masuk ke menu cadangan dan setel ulang
  • Kamu bisa melakukan reset handphone android kamu di sana.

Setelah itu semua setingan akan hilang dan handphone kamu akan kembali seperti pada saat kamu membeli handphone tersebut.

9. Install Custom ROM

Custom ROM merupakan sistem android yang sepenuhnya bukan bawaan dari handphone android kamu.

Cara ini merupakan cara terakhir jika kamu tidak mendapatkan solusi dari cara saya di atas.

Proses untuk menggunakan custome ROM memang cukup sulit namun masalah aplikasi yang tidak bisa di install dan tidak bisa terpasang akan hilang.

Kamu bisa melihat tutorial cara pasang Custome ROM sesuai dengan tipe handphone android kamu. Dan selanjutnya kamu cukup untuk mengikuti tutorial yang ada di sana.


Kadang kala google play tidak bisa instal aplikasi di hp android sehingga kita tidak bisa menggunakan aplikasi dari google play yang kita butuhkan.

10. update play store

Salah satu penyebab kamu tidak bisa install aplikasi di hp android adalah salah satunya kamu belum update play store.

Play store sendiri wajib banget untuk selalu kamu update.

Karena jika tidak maka update aplikasi di handphone android kamu juga tidak akan terupdate.

Dan hal ini yang menjadi salah satu hal kamu tidak bisa install aplikasi di hp android.

Coba cek kembali apakah google play store di hp kamu sudah terupdate dengan yang paling baru atau belum.

Bisa jadi kenapa aplikasi tidak bisa di instal aplikasi di hp android salah satunya merupakan penyebabnya

11. Bersihkan cache Aplikasi

Cara selanjutnya kamu bisa lakukan dengan cara membersihkan file sampah yang ada di semua aplikasi di handphone android kamu.

12 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Di Hp Android


Untuk hasil yang lebih bagus, gunakan aplikasi cleaner yang sudah di install di handphone android kamu.

Aplikasi cleaner sangat berguna untuk kamu pakai menghapus file sampah dari aplikasi yang tidak kamu pergunakan lagi.

12. Bersihkan data google play store

Jika kamu mendapatkan permasalahan saat menginstall aplikasi dari google play store, maka salah satu kemungkinan besar masalahnya ada di aplikasi google play store.

Masalah ini banyak hadir di para pengguna android yang mengalami masalah di google play store dan menjadi salah satu alasan kenapa aplikasi tidak bisa di instal, mulai dari error, macet, tidak bisa install aplikasi, gagal mengunduh aplikasi dan lain sebagainya.

Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan cara menghentikan dan menghapus data google play store yang ada di hp android kamu.

Namun kamu jangan panik dulu karena masalah tidak bisa install aplikasi google play bisa kamu atasi dengan langkah-langkah di atas.

Banyak alasan kenapa tidak bisa menginstal aplikasi di hp android dan bisa jadi salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan langkah-langkah di atas.

Sekian dulu tutorial newbie kali ini yang membahas mengenai google play tidak bisa instal aplikasi di hp android.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "12 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Di Hp Android"

  1. Gimana yah yang Kayak aku,Penyimpanan Masih 1,8 Gb Tapi Ngupdate Google Drive Gak bisa.Tulisannya "Terjadi Kesalahan,Silahkan Coba lagi".Mungkin Google Playstorenya Yang Rusak.Padahal 1 Bulan lalu masih bisa Donlod Apk,Kalau yang tau Cara Agar Bisa Ngupdate Apk Di Google Playstore balas Komenku Yaa😢

    ReplyDelete
  2. kemungkinannya google playstorenya minta di update dulu atau seri dari android di hp agan sudah tidak di dukung.
    Selain itu coba cek kapasitas minimal dari hp agan, walau masih ada space kemungkinan itu untuk sistem jadi ga bisa nambah aplikasi

    ReplyDelete
  3. Saya baru update android k versi 12 setelah itu ada satu aplikasi yang hilang mendadak ketika saya mau download lagi tidak bisa,ap karena aplikasi tidak suport dengan versi android 12,mohon bantuan ny

    ReplyDelete

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel