-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

4 Cara Mengatasi Error Not Enough Memory (RAM) Di Adobe Photoshop

3 Cara Mengatasi Error Not Enough Memory (RAM) Di Adobe Photoshop - Kamu pengguna aplikasi photoshop pasti pernah mengalami dan menerima pesan error "not enough memory". Jika kamu mendapatkan email ini jangan panik dan jangan keburu untuk banting laptop kamu.



Yah dari pada di banting lebih baik sumbangkan ke saya, saya mau kok nerima hehehe......

Sebelum kamu memberikan ke saya (saya ngarep juga) kamu bisa mengikuti beberapa tips yang akan saya berikan berikut ini.

Sebelumnya adobe photoshop memang sudah lama kita kenal sebagai aplikasi pengolah gambar terbaik yang pernah ada di dunia. Saking terkenalnya kita tidak akan puas melihat hasil foto kita sebelum di edit dulu di photoshop.

Namun untuk menggunakan aplikasi photoshop kita juga harus memiliki perangkat yang mempuni. Jika tidak, kita pasti akan merasakan perasaan yang mengganjal di hati kita. Saking mengganjalnya kita bisa marah tiba-tiba karena merasakan lemoot di laptop yang menjalankan aplikasi photoshop ini.

Salah satu masalah yang sering para pengguna adobe photoshop alami selalu berkaitan dengan RAM. Kebanyakan kita sering mendapatkan pesan error ketidak cukupan RAM bahkan untuk melakukan hal sederhana seperti menyimpan file baru di photoshop.

Untuk mengetahui spesifikasi komputer, kamu bisa menggunakan cara mengetahui Spesifikasi Komputer agar kamu bisa menentukan apakah komputer kamu cocok untuk menggunakan aplikasi ini atau tidak

Bila ini terjadi kita pasti akan mendapatkan pesan cinta dengan isi "Could not complate the xxx command because there is not enough memori (RAM)".

Baca Juga 
Cara Melihat Kapasitas Hardisk Di Windows 10

Aplikasi Adobe photoshop sendiri memang membutuhkan memori dalam jumlah yang cukup besar. Untuk photoshop CC versi 2014 ke atas membutuhkan ram lebih dari 2GB RAM dan di rekomendasikan 8GB RAM.

Bebeda dengan adobe photosop versi lawas seperti CS4 yang hanya membutuhkan ram yang cukup kecil yaitu 512MB ram saja.

Lalu kenapa jika ram kita sudah memenuhi syarat namun kita masih menerima pesan cinta dari adobe photoshop tersebut.

Untuk mengatasinya kamu bisa mengikuti tips yang akan newbie berikan berikut ini. Namun jika kamu ingin mendonasikan laptop atau PC kamu bisa langsung hubungi saya ya hehehehee

Setting performances photoshop

Jika laptop dan pc kamu memiliki RAM yang cukup namun kamu masih mendapatkan pesan error 'not enough memory'. mungkin kamu hanya perlu mengatur alokasi memori untuk Photoshop.

Untuk melakukannya kamu bisa masuk ke menu EDIT > Preferences > Performances lalu ubah jumlah memori yang bisa digunakan Photoshop dengan memasukkan jumlah nilai yang lebih besar atau dengan menggeser slider yang ada pada menu tersebut.


Namun cara ini terkadang bisa menimbulkan pesan error bagi beberapa pengguna. Hal ini terjadi pada pengguna versi lama atau kamu yang mengupdate versi Windows ke windows 10 Creator Update.

Gunakan file terpisah

Jika kamu memiliki RAM yang terbatas namun ingin mencoba Photoshop, kamu harus lebih bijak untuk menggunakan RAM yang kamu punya. Beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan adalah

  • Mengedit satu file saja, jangan membuka banyak file di photoshop.
  • Mengedit file dengan resolusi yang lebih kecil. Semakin kecil ukuran resolusi maka semakin kecil juga ukuran filenya. Efeknya photoshop akan memerlukan memerlukan memori yang lebih kecil.
  • Menggunakan Photoshop versi lama yang membutuhkan lebih sedikit memori.
  • Tidak membuka file lain selain file photoshop.

Tambah RAM

Semoga cara di atas bisa membantu kamu. Karena bila kedua solusi di atas tidak bisa membantu kamu maka kemungkinan solusi ini bisa membantu kamu untuk mengatasi error not enough memory di photosop.

Solusi terakhir adalah untuk mengupgrade ram kamu menjadi lebih tinggi atau kamu harus membeli perangkat baru yang lebih bagus lagi.

Baca Juga 
12+ Cara Mengatasi Komputer Lemot, Lambat dan Sering Hang Dengan Mudah

Coba aplikasi lain

Selain itu kamu juga bisa mencoba aplikasi pengolah gambar lain seperti GIMP. GIMP ini merupakan aplikasi pengolah gambar GRATIS yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif dari Photoshop.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengolah gambar dan beberapa menu yang ada dalam aplikasi ini sama persis seperti aplikasi photoshop.

Sekian dulu ya artikel kali ini dengan judul 4 Cara Mengatasi Error Not Enough Memory (RAM) Di Adobe Photoshop. Semoga artikel ini bisa membantu rekan-rekan sekalian

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Mengatasi Error Not Enough Memory (RAM) Di Adobe Photoshop"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel