-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

3 Cara Daftar BPJS Kesehatan Dengan Mudah

Wajib! 2 Cara Daftar BPJS Kesehatan Dengan Mudah - BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memudahkan kita sebagai rakyat bangsa Indonesia untuk mendapatkan fasilitas kesehatan dengan mudah dan tepat.

Dengan menggunakan fasilitas BPJS kesehatan, siapa saja bisa menjadi peserta BPJS kesehatan asalkan kita mendaftarkan diri dan mematuhi semua aturan-aturan yang berlaku sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, Pasal 5 ayat(1) dan pasal 52.

Berdasarkan aturan-aturan yang telah disebutkan, maka peserta BPJS Kesehatan terbagi menjadi dua kelompok. Yang pertama adalah PBI atau Penerima Bantuan Iuran yang berasal dari kelompok kurang mampu.

Peserta yang kedua adalah mereka yang mendaftar secara individu atau kolektif perusahaan. Kolompok kedua ini dinamakan non-PBI atau mereka yang tidak mendapatkan iuran setiap bulannya. Para peserta BPJS kesehatan kelompok ini akan membayar iuran mereka setiap bulannya sesuai dengan kelas yang telah dipilihnya dari kelas 1, kelas 2, dan kelas 3.

Kegunaan BPJS Kesehatan

kartu BPJS Kesehatan bisa kamu gunakan untuk mendaftarkan diri ke rumah sakit saat kamu sakit dan kamu tidak akan dikenakan biaya apapun bagi kamu yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan

Baca Juga 
Cara Cek Tagihan BPJS Secara Online

3 metode pembayaran BPJS Kesehatan

Sekarang ini terdapat 3 cara daftar bpjs online, yaitu dengan cara online yang bisa lakukan selama komputer atau handphone kita terkoneksi dengan jaringan internet atau dengan cara offline yaitu dengan cara datang langsung ke kantor layanan BPJS Kesehatan.

Selain itu ini juga merupakan cara mendaftar bpjs kesehatan mandiri sehingga untuk kamu yang ingin mendaftarkan diri kamu yang belum bekerja dan ingin mendaftarkan diri maka kamu juga bisa mengikut langkah-langkah di bawah ini

Daftar BPJS secara offline

Untuk kamu yang berniat daftar BPJS kesehatan secara offline. Kamu wajib untuk menyiapkan beberapa persyaratan pendaftaran bpjs kesehatan di bawah ini.
  • fotokopi KK 1 lembar 
  • fotokopi KTP 1 lembar
  • pasfoto 3×4 1 lembar 
  • dan iuran bulan pertama sesuai dengan pilihan calon peserta. Besarnya iuran untuk kelas 1 sebesar Rp80.000,00, kelas 2 sebesar Rp51.000,00, dan kelas 3 sebesar Rp25.500,00.
  • fotokopi NPWP

Untuk Anak maka kita bisa menambahkan
  • Foto Kopi KK yang terdapat nama anaknya
  • Foto Kopi Akte Kelahiran Anak
  • Foto Kopi KTP kedua orang tua
  • Foto Kopi Buku Nikah

Bawa semua foto kopi dokumen yang dibutuhkan di atas ke kantor BPJS Kesehatan terdekat di tempat kamu. Selanjutnya nanti kamu akan di berikan folmulir BPJS yang bisa kamu isi sesuai dengan data diri kamu.

Selanjutnya kamu akan diberikan sebuah virtual account yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di bank yang telah melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Seperti bank Mandiri, BRI, Dan Ban BNI.

Selanjutnya kamu bisa mencetak kartu BPJS Kesehatan secara online atau kamu juga bisa mencetaknya langsung di kantor BPJS Kesehatan tempat kamu mendaftar.

Baca Juga
Gak Perlu Ngantri!! Cara Beli Tiket Bioskop Online Tanpa Ngantri Dengan M-Tix

Daftar BPJS Kesehatan Online

Jika kamu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk datang lansung ke kantor BPJS Kesehatan, ternyata kamu juga bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan dengan cara mendaftar BPJS secara online.

Kamu bisa mendaftar BPJS Kesehatan secara online dengan cara online melalui alamat link berikut ini daftar.bpjs-kesehatan.go.id.

Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah yang nantinya akan diberikan pada link yang sudah saya berikan di atas.

Pada form pendaftaran bpjs online pertama kali kamu bisa cek list persetujuan yang di berikan di sana seperti pada gambar berikut

3 Cara Daftar BPJS Kesehatan Dengan Mudah

Tahap selanjutnya kamu bisa pilih jenis kepersertaan dan kamu bisa memasukkan nomor kartu keluarga kamu di folmulir selanjutnya.

3 Cara Daftar BPJS Kesehatan Dengan Mudah




Nantinya akan tampil data anggota keluarga kamu yang bisa kamu pilih untuk kamu daftarkan atau kamu bisa mendaftarkan semua anggota keluarga kamu

Pada folmulir selanjutnya data dari keluarga kamu akan tampil. Di sini kamu diwajibkan untuk mengisi beberapa data yang wajib kamu isi sendiri

3 Cara Daftar BPJS Kesehatan Dengan Mudah

Selanjutnya kamu akan di minta untuk mengaktifasi dengan cara langsung membayar dana BPJS Kesehatan yang sudah kamu pilih ke Virtual Account pada bank yang sudah terdaftar


3 Cara Daftar BPJS Kesehatan Dengan Mudah

Untuk daftar VA kamu bisa mendownload terlebih dahulu daftar VA dalam bentuk PDF yang bisa kamu gunakan untuk melakukan aktifasi.

Agar daftar VA untuk aktifasi bisa kita download kamu bisa melakukan versifikasi terlebih dahulu pendaftaran kamu ke alamat email yang kamu daftarkan sebelumnya.

Baca Juga 
Daftar Harga MyRepublic Jaringan Internet Murah Dan Terbaik Tanpa Batas

Cara daftar BPJS Kesehatan di HP

Selain menggunakan komputer. Kita bisa daftar BPJS Kesehatan dengan menggunakan handphone android dan juga iOS kita. Selain praktis dengan menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan ini kita juga dapat melihat saldo dan tagihan BPJS yang harus kita keluarkan setiap bulannya.

Untuk kamu yang ingin mencoba aplikasi bpjs kesehatan online di handphone android kamu. Kamu wajib terlebih dahulu download aplikasi JKN Mobile di google paly store dan iTunes di hp dengan sistem operasi iOS.

Selanjutnya kamu tinggal melakukan proses pendaftaran yang langkah-langkahnya sama seperti proses yang sudah saya berikan sebelumnya.

Kamu cukup masuk ke aplikasi JKN Mobile lalu kamu tekan daftar seperti pada gambar di bawah ini

3 Cara Daftar BPJS Kesehatan Dengan Mudah
Kamu bisa melakukan pendaftaran baru dengan aplikasi mobile BPJS kesehatan ini atau untuk kamu yang sudah terdaftar tapi belum memiliki user dan password untuk login. kamu bisa memilih pendaftaran pengguna mobile.

Sekian dulu artikel saya mengenai 3 Cara Daftar BPJS Kesehatan Dengan Mudah. Jangan dipersulit karena pendaftaran BPJS sekarang bisa kita lakukan secara online tanpa perlu harus mengantri di kantor BPJS Kesehatan setempat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Cara Daftar BPJS Kesehatan Dengan Mudah"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel