-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Cara Mudah Instal Windows Di Qemu

Cara Mudah Instal Windows Di Qemu - Bagi kamu yang ingin menginstal sistem operasi lain di komputer kamu mungkin kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi virtual mechine yang satu ini.

Qemu merupakan salah satu aplikasi virtual mechine yang free alias gratis yang sama penggunaanya seperti kamu menggunakan aplikasi Virtual Box atau dengan menggunakan VMWare.

Qemu bisa kamu gunakan untuk menginstall sistem operasi lain di komputer kamu dan menggunakan sistem operasi tersebut selayaknya kamu menginstalnya di komputer atau di laptop kamu.

Berbeda dengan Virtual mechine yang lain yang membutuhkan memori yang tinggi, qemu terkenal sangat ringan dan bisa kamu pergunakan di komputer kamu yang memiliki spesifikasi yang minimal.

Sebelum kamu menginstal sistem operasi lain di komputer kamu dengan menggunakan qemu, maka kamu di haruskan untuk menginstal qemu di komputer yang akan kamu pergunakan untuk menjalankan aplikasi qemu.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di dalam artikel Cara Install Emulator Qemu Di Windows. untuk menginstall qemu di komputer kamu.

Dan setelah kamu berhasil menginstall qemu di komputer kamu maka tahap selanjutnya adalah mensetting qemu agar komputer atau laptop kamu bisa di install sistem operasi lain yang dapat berjalan di komputer kamu.

Cara install windows di qemu

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini agar kamu bisa menginstall dua sistem operasi di dalam komputer kamu dan menjalankan sistem operasi itu secara bersamaan.

Untuk langkah pertama setelah kamu menginstall qemu dan qemu manager 7 di komputer kamu adalah untuk menambahkan virtual mechine baru yang ingin kamu install di qemu dengan menekan tanda + seperti pada gambar di bawah ini.


Cara Mudah Instal Windows Di Qemu

Masukkan nama yang ingin kamu gunakan sebagai virtual mechine kamu contohnya adalah windows xp karena saat ini saya akan menginstall sistem operasi windows xp di komputer saya.

Dan pilih sistem operasi yang kamu inginkan jika kamu ingin install windows xp ya kamu pilih windows xp.

Namun jika kamu ingin menginstall linux seperti ubuntu atau yang lainnya maka kamu bisa memilih untuk menginstall sistem operasi unix atau linux.

Cara Mudah Instal Windows Di Qemu

Pilih memori dan kapasitas harddisk yang ingin kamu pergunakan pada sistem operasi yang ingin kamu install di qemu.

Di sini karena saya ingin menginstall sistem operasi windows xp maka saya hanya memasukkan jumlah ram sebesar 256 saja dengan kapasitas harddisk berjumlah 10 G

Cara Mudah Instal Windows Di Qemu

Di tahap selanjutnya kita pilih Default aja ya

Cara Mudah Instal Windows Di Qemu

Setelah kamu membuat virtual mechine dengan langkah di atas tahap selanjutnya kamu bisa masuk ke tab driver dan klik pada CD-ROM hingga keluar jendela baru seperti berikut ini.

Cara Mudah Instal Windows Di Qemu

Selanjutnya pilih cd instalasi windows yang kamu miliki. Karena saya di sini menggunakan .iso windows xp yang saya miliki maka saya akan memilih tempat di mana .iso windows xp saya berada dengan nemenkan tombol (...) lalu klik ok.

Cara Mudah Instal Windows Di Qemu

Kamu juga bisa memeriksa spesifikasi virtual mechine kamu apakah sudah sesuai dengan keinginan kamu dengan menekan tab hardware.

Cara Mudah Instal Windows Di Qemu

Jika sudah kamu bisa menekan tombol play seperti pada gambar di bawah ini untuk siap menjalankan mesin virtual kamu untuk menginstall sistem operasi windows di dalam sistem operasi windows.

Cara Mudah Instal Windows Di Qemu

Jika semua berjalan dengan baik maka penampakan qemu manager akan seperti pada gambar di bawah ini.


Cara Mudah Instal Windows Di Qemu

Jika proses install windows kamu berhasil maka selanjutnya kamu bisa menggunakan sistem operasi yang telah kamu install di dalam qemu untuk kamu pergunakan.


Saat saya mencoba menginstall sistem operasi lain dengan menggunakan qemu, saya meninstall qemu di dalam komputer saya yang menjalankan sistem operasi windows 10 dan juga windows 7. 


Tidak hanya di windows saja ternyata Qemu juga bisa berjalan dengan lancar di sistem operasi lain seperti linux ubuntu dan juga sistem operasi berbasis linux lainnya.

Dengan menggunakan qemu kamu juga bisa menjalankan dan menginstall mikrotik os dan juga sistem operasi lain seperti linux ubuntu, Fedora dan turunannya.

Jika kamu mencari virtual mechine yang ringan maka qemu bisa menjadi pilihan kamu dan kamu bisa belajar mengotak-atik sistem operasi kamu tanpa harus takut sistem operasi utama yang kamu pergunakan mengalami kerusakan.

Sekian dulu artikel nbcdns.com yang membahas mengenai Cara Mudah Instal Windows Di Qemu.

Semoga artikel saya ini dapat berguna dan dapat membantu kamu.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Instal Windows Di Qemu"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel