-->

Cara Install Sertifikat Elektronik eFaktur Pajak Di Komputer

Cara Install Sertifikat Elektronik eFaktur Pajak Di Komputer  - Dijaman yang sudah canggih saat ini kita dapat melakukan segalanya secara online seperti berbelanja atau membeli barang yang butuhkan termasuk juga membayar pajak.

Saat ini kita dapat melakukan pelaporan pajak kita secara online dengan menggunakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh pihak Dirjen Pajak yang dapat kita pergunakan secara online selama internet yang kita pergunakan berjalan dengan lancar.



Sertifikat Elektronik E-faktur

Sertifikat elektronik Menurut SE-20/PJ/2014 merupakan sebuah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat tanda tangan elektronik dan identitas yang menunjukkan status sebjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh penyelenggara sertifikat elektronik. 

Dalam kasus ini pihak penyeleggara sertifikan elektronik pajak adalah Direktorat Jendral Pajak itu sendiri.

Sertifikat elektronik ini diberikan kepada pengusaha kena pajak (PKP) sebagai sebuah bukti otentifikasi penguna layanan pajak secara elektronik berupa:

  1. Layanan permintaan nomor seri faktur pajak melalui halaman website yang ditentukan dan atau disediakan oleh Direktorat Jendral Pajak; dan
  2. Penggunaan aplikasi atau sistem elektronik yang di tentukan dan atau disediakan oleh Direktorat Jendral Pajak untuk pembuatan Faktur Pajak berbentuk elektronik.

Cara mendapatkan sertifikat elektronik

Setelah kita menerima pembaritahuan melalui email yang sudah kita daftarkan pada saat kita mendaftarkan diri untuk menggunakan aplikasi efaktur pajak bahwa Sertifikat Elektronik PKP sudah disetujui oleh pihak DJP, maka pihak pkp dapat melakukan login ke halaman e-Nofa online menuju ke menu Download Sertifikat Digital.

Cara Install Sertifikat Elektronik eFaktur Pajak
Setelah kamu berhasil masuk maka tahap selanjutnya adalah menekan tombol download maka kamu akan medownload sebuah file dengan nama 2342421342424242423.pt2, klik dua kali file tersebut dan silahkan masukkan passphrase pada form password lalu klik next.

Cara Install Sertifikat Elektronik eFaktur Pajak
Jika kata sandi passphrase yang kamu masukkan tepat maka proses intall sertifikan elektronik di sistem operasi yang komputer atau laptop kamu pergunakan telah selesai.



Untuk tahap selanjutnya kamu dapat membuka google chrome yang ada di komputer kamu saat ini.

Browser google chrome akan secara otomatis mendeteksi sertifikat elektronik yang telah kamu install di sistem operasi komputer kamu.

Untuk meminta nomor seri faktur pajak secara online dengan menggunakan aplikasi e-Nova, maka kamu bisa membacanya pada artikel Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak Secara Online Pada Aplikasi E-Nova Online

Nah itu dia sedit penjelasan mengenai Sertifikat Elektronik dan Cara Install Sertifikat Elektronik eFaktur Pajak di komputer kita.

Semoga artikel saya dapat membantu kamu yang saat ini sedang menggunakan aplikasi efaktur dan ingin menginstall Sertifikat Elektronik di komputer kamu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Install Sertifikat Elektronik eFaktur Pajak Di Komputer "

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel