Cara Backup Dan Restore Database Di Aplikasi E-Faktur Pajak

Cara Backup Dan Restore Database Di Aplikasi E-Faktur Pajak - Pada saat kita menggunakan aplikasi efaktur pajak pasti ada disaat dimana kita di haruskan untuk membackup data efaktur pajak yang sudah kita buat agar data tersebut aman dan tidak hilang.

Cara Backup Dan Restore Database Di Aplikasi E-Faktur Pajak



Kita bisa menggunakan fitur yang ada di aplikasi efaktur pajak yang sudah kita terima dari kantor pajak untuk melakukan backup database efaktur pajak dan menempatkannya di tempat yang aman agar jika sewaktu - waktu komputer yang kita pergunakan untuk mengerjakan pajak dengan menggunakan aplikasi efaktur pajak mengalami kerusakan dan tidak dapat di pergunakan lagi.



Cara backup data pada aplikasi efaktur pajak

Untuk cara membackup data - data kita yang sudah kita masukkan di dalam aplikasi efaktur pajak kita dapat melakukannya dengan cara yang sangat mudah. 

Kamu bisa membackup database efaktur kamu dengan mudah dengan mengikuti langkah - langkah berikut ini.


  • Silahkan masuk ke folder aplikasi efaktur kamu
  • Cari folder dengan nama "db"
  • Tutup terlebih dahulu aplikasi efaktur kamu sebelum membackup database aplikasi efaktur pajak.
  • Copy folder db yang ada di dalam folder aplikasi efaktur kamu dan kompres kedalam bentuk .zip agar data yang ada di dalam folder tersebut tidak rusak.
  • Pindahkan folder db yang sudah kamu kompres dalam bentuk .zip tersebut ke komputer atau flasdisk milik kamu dan simpanlah data tersebut.


Sebenarnya aplikasi efaktur sudah menyediakan folder backup tersendiri yang ada di dalam folder aplikasi efaktur kamu namun kita tidak mengetahui kapan aplikasi efaktur kita melakukan backup tersebut.



Cara restore database efaktur ke aplikasi efaktur pajak

Jika kita sudah melakukan backup database kita dan kita ingin merestore database kita ke aplikasi efaktur pajak yang baru yang saat ini sudah kita install di komputer kita.

Kita dapat melakukannya dengan langkah - langkah berikut ini.


  • Silahkan masuk ke folder aplikasi efaktur kamu
  • Rename folder db yang ada di dalam folder aplikasi efaktur kamu dengan nama db1
  • Pastekan database lama kamu ke folder aplikasi efaktur
  • Silahkan buka kembali aplikasi efaktur pajak kamu
Maka saat membuka aplikasi efaktur pajak kamu data - data kamu yang ada di dalam aplikasi efaktur pajak kamu akan kembali ke tanggal database yang kamu simpan tadi, misalnya jika data base yang kamu simpan pada tanggal 1 maret maka data yang akan muncul akan kembali ke tanggal 1 maret.

Demikian sedikit penjelasan saya mengenai Cara Backup Dan Restore Database Di Aplikasi E-Faktur Pajak. semoga artikel saya kali ini dapat berguna bagi kamu yang sedang mempelajari aplikasi efaktur pajak

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Backup Dan Restore Database Di Aplikasi E-Faktur Pajak"

Jangan lupa komentar ya