Cara Memasang Facebook Open Graph Agar Blog Kamu Tampil Di Facebook

Facebook open graph merupakan salah satu kode dari meta tag html yang dapat kita pergunakan disesuaikan dengan standar yang diberikan oleh facebook. Kode yang diberikan oleh facebook ini merupakan sebuah kode yang diberikan oleh facebook yang menyimpan informasi khusus yang dapat dibaca atau dikenali oleh plugin facebook. Kode ini merupakan kode yang harus kita pergunakan untuk mengatasi situs atau blog yang tidak dapat tampil pada media sosial facebook, maka dengan mempergunakan kode meta tag html facebook graph ini maka blog kita dapat dikenali dan dapat tampil pada media sosial facebook.

Jika blog yang kita kelola memiliki tombol sharing ke media sosial khususnya facebook maka kode facebook graph akan sangat berguna bagi blog kita, kenapa saya bilang seperti itu?, hal ini dikarenakan kode dari facebook graph tersebut akan membaca dan mengenali setiap informasi yang ada pada blog atau situs miliki kita pada saat pengunjung atau kita melakukan sharing artikel pada blog kita ke media sosial facebook.

Beberapa template yang ada dan dapat kita pergunakan pada blog khususnya blogger atau situs kita kemungkinan sudah memiliki kode facebook open graph tersebut. Namun jika template yang kita pergunakan pada blog kita belum memiliki kode meta html facebook open graph maka kita harus menambahkan nya secara manual pada template yang kita pergunakan.


Alasan kita harus memasang kode facebook open graph

Pada saat pengunjung datang ke blog milik kita dan membaca artikel yang kita buat dan pengunjung kita merasa bahwa artikel yang sedang kita buat tersebut bagus lalu pengunjung kita tersebut ingin melakukan sharing artikel yang kita buat ke media sosial facebook, maka pengunjung tersebut akan melakukan sharing ke media sosial facebook dengan tombol sharing yang ada pada blog kita dan tampilan yang akan tampil pada saat dia akan sharing kira-kira akan seperti ini.

 
Nah pada saat pengunjung kita melakukan sharing artikel kita, maka facebook graph akan menyesuaikan artikel yang di sharing pengunjung kita dengan konten yang kita buat seperti judul artikel, gambar, deskripsi dan url blog kita.

Pada saat kita tidak memasang kode facebook graph pada blog kita maka ke empat elemen tersebut tidak akan tampil seperti judul, gambar, deskripsi dan artikel pada saat pengunjung melakukan sharing artikel dari blog kita yang memiliki konten yang sangat menarik untuk dibagikan oleh mereka.
Nah lebih menarik yang mana pasti lebih menarik jika kita membagikan sebuah artikel yang sangat berguna yang memiliki gambar, judul dan juga deskripsi artikel bukan.

Cara memasang kode facebook open graph

Jika kita memasang tombol facebook sharing pada setiap artikel yang kita buat maka kita harus juga memasang kode facebook open graph ini dan untuk memasang kode facebook open graph ini sangat lah mudah dan tidak ribet loooo. Kita hanya cukup untuk mengikuti langkah-langkah yang saya berikan dibawah ini.


  1. Silahkah masuk ke template blog anda dengan cara masuk ke template>edit html 
  2. Cari kode html </head> dengan cara menekan CTRL+F lalu cari kode yang ada tersebut.
  3. Masukkan kode dibawah ini diatas kode </head>
<!--facebook open graph-->
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<meta content='nbcdns' property='fb:admins'/>
<b:if cond='data:blog.url'>
<meta expr:content='data:blog.url' property='og:url'/>
</b:if>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:site_name'/>
<b:if cond='data:blog.pageName'>
<meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/>
</b:if>
<meta content='website' property='og:type'/>
<b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postImageThumbnailUrl' property='og:image'/>
<link expr:href='data:blog.postImageThumbnailUrl' rel='image_src'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' property='og:description'/>
</b:if>
</b:if>

Kode yang saya berikan ini akan secara otomatis akan melakukan generate gambar, judul dan juga deskripsi artikel yang kita buat pada saat pengunjung blog kita melakukan sharing artikel yang kita miliki. dan jangan lupa ganti kata nbcdns yang diberikan warna merah dengan nama url id facebook anda. untuk mendapatkan alamat ini anda dapat masuk ke profil dari facebook anda dan melihat pada alamat url yang ada.

jika saya memiliki alamat url seperti:
https://www.facebook.com/nbcdns
atau bisa juga memiliki alamat url facebook seperti
https://www.facebook.com/123423423423429993459

Kita dapat memasukkan kata yang diberi tanda merah tersebut ke kode facebook open graph tadi dan maka secara otomatis maka facebook akan mengenali artikel yang kita sharing ke media sosial yang paling besar tersebut.

Untuk melakukan pengetesan apakah kode yang kita tadi sudah terpasang dengan benar maka kita dapat melakukan pengetesan dengan mempergunakan tools yang ada pada alamat berikut ini https://developers.facebook.com/tools/debug/

Cukup sekian dulu artikel saya kali ini yang membahas mengenai Cara Memasang Kode Facebook Open Graph Agar Blog Kamu Tampil DI Facebook. Semoga artikel yang saya berikan ini dapat berguna dan dapat membantu rekan-rekan para blogger yang pernah mengalami masalah yang sama dengan saya yaitu artikel tidak tampil pada saat kita melakukan sharing artikel pada media sosial facebook tersebut.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasang Facebook Open Graph Agar Blog Kamu Tampil Di Facebook"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya