-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id Apa Yang Terjadi?

Pada tanggal 3 september 2015 sore, banyak blogger indonesia di kaget kan dengan adanya pengalihan domain blogspot, yang pada semula blogspot yang kita gunakan menggunakan domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id, nah loh apakah yang terjadi dengan blogspot kita ini?

Pengalihan domain ini memang telah direncanakan oleh pihak google dengan alasan untuk mengontrol kebijakan bahwa blog tidak boleh melanggar kebijakan suatu negara, jika blogspot melanggar kebijakan suatu negara maka domain blogspot untuk negara tersebut akan dihapus.

Dampak dari pengalihan domain ini

Dari pengalihan domain ini banyak dampak yang para blogger rasakan dan salah satunya adalah iklan adsense pada blogger tidak dapat tampil seperti biasanya pada blog yang mereka miliki akibat dari pengalihan domain ini, dan masih ada beberapa dampak yang para blogger rasakan akibat pengalihan domain ini yaitu adalah sebagai berikut.

1. iklan google adsense tidak tampil

Bagi pada Publisher google adsense, iklan yang kita dari google tidak akan dapat tampil, hal ini dikarenakan domain kita yang tadinya blogspot.com beralih menjadi blogspot.co.id, dengan ini berarti domain kita di anggap baru oleh google dan perlu penyesuaian, dan kita di minta untuk menunggu 2x24 jam sehingga iklan yang kita miliki dapat tampil seperti biasa.

Kita juga diharuskan untuk melakukan klaim alamat blog kita yang berakhiran blogspot.co.id sehingga klik terhadap iklan pada domain tersebut dapat di akui, dan untuk memastikan iklan google adsense tampilan pada blog yang kita kelola, kita dapat mengakses blog dengan menggunakan perintah namablog.blogspot.com/ncr

2. Alexa Rank membengkak

Dengan pengalihan tersebut dapat mempengaruhi nilai dari alexa Rank, hal ini dianggap domain baru oleh alexa.

3. Dapat terjadi duplikat content

Kemungkinan dengan perubahan nama domain tersebut dapat terjadi duplikat konten, hal ini dikarenakan jumlah domain yang mempergunakan blogspot bermacam-macam namun masih menuju halaman yang sama. Hal ini masih menjadi perdebatan dan belum ada kepastian.

Mencegah redirect otomatis dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id

Banyak alasan yang dapat kita benarkan untuk mencegah terjadinya redirect pada domain blog yang kita miliki, jika kita kebetulan tidak menginginkan terjadinya hal ini, maka kita bisa mempergunakan script dibawah ini untuk mencegah terjadinya redirect secara otomatis dari domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id

 <script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>
atau bisa juga dengan memasukkan script di bawah ini

<script type="text/javascript">
      var blog = document.location.hostname.split(".");
      if (blog[blog.length - 1] != "com") {
        var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr";
        window.location.replace(ncr + document.location.pathname);</script>

Kita dapat memasang script di atas pada template blogspot anda dengan cara sebagai berikut.

  1. Masuk ke account blogspot anda.
  2. Pada menu bagian kiri pilihlah menu template, kemudian tekan edit html.
  3. Tekan CTRL+F untuk mengaktifkan mode pencarian pada kode template yang terdapat pada blogspot
  4. Kita cari kode <head> dan kita letakkan kode diatas pada bagian bawah kode <head> tersebut


Nah jika anda memang berprofesi menjadi salah satu Publisher google adsense maka berhati-hatilah dalam mempergunakan script di atas, hal ini dikarenakan dengan cara di atas akan berpotensi melanggar pedoman yang diberikan oleh google, namun jika tidak maka kita dapat mempergunakan script redirect diatas pada blog yang memiliki account google adsense.

Sekian dulu pembahasan saya mengenai Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id Apa Yang Terjadi?. semoga artikel saya kali ini dapat membantu rekan-rekan sekalian, salam dan terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id Apa Yang Terjadi?"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel