-->

Cara mengatasi error lock the administration directory pada /var/lib/dpkg/ di ubuntu

Cara mengatasi error lock the administration directory pada /var/lib/dpkg/ di ubuntu - Apakah Anda pernah mengalami error seperti dibawah ini saat ingin menginstall aplikasi yang terdapat pada laptop atau pc yang terinstall linux ubuntu. bentuk error-nya adalah sebagai berikut:
Cara mengatasi error lock the administration directory pada /var/lib/dpkg/ di ubuntu
sumber:usnewsuniversitydirectory.com
$ sudo apt-get install openvpn
E: Could not get lock /var/lib/dpkg/lock - open (11: Resource temporarily unavai                                                                                        lable)
E: Unable to lock the administration directory (/var/lib/dpkg/), is another proc
Jika iya berarti permasalahannya Anda sama dengan saya, permasalahan ini sering saya jumpai saat menggunakan operating system linux dengan distro apa saja, dari distro ubuntu sampai distro linux yang paling kecil sekalipun, permasalahan ini cukup sederhana dan mudah mengatasinya. Untuk dapat mengatasinya anda cukup tanya kepada google.com maka anda akan mendapatkan jawabannya, jika tidak tidak mungkin Anda diberikan link oleh google ke blog saya ini hhehehe.

Apa yang terjadi?

Jika anda bertanya apa yang sebenarnya terjadi, hal ini terjadi jika pada saat Anda menginstal aplikasi dengan menggunakan terminal pada ubuntu linux atau menggunakan aplikasi manager yang terdapat pada distro linux, aplikasi yang Anda install tersebut mengalami kegagalan dalam proses instalasi, jika hal ini terjadi maka OS akan menganggap bahwa ada user lain yang sedang memakai aplikasi tersebut dan Anda tidak dapat memakai aplikasi tersebut.

Apa yang harus dilakukan saat hal ini terjadi?

Ada beberapa cara untuk mengatasi hal seperti ini, jika anda menggunakan aplikasi os windows maka anda cukup membuka task manager pada os windows tersebut, namun bagaimana dengan linux dimanakah task manager milik linux ??????.

Salah satu cara untuk mengatasi hal di atas adalah dengan melakukan restart pada operating system linux Anda dengan cara

$ sudo reboot

Maka  komputer anda akan langsung restart dengan sedirinya, namun bagaimana jika komputer anda merupakan komputer server yang harus menyala 7x24 jam, pasti Anda bingung, Namun ada cara lain untuk mengatasi hal tersebut seperti halnya cara di bawah ini.

$ ps aux | grep apt

Perintah di atas dipergunakan untuk melakukan pengecekan proses yang berjalan pada komputer yang sedang anda kerjakan, pada saat saya mengetik-kan perintah di atas maka jawaban yang diberikan oleh komputer saya adalah sebagai berikut.

avahi      909  0.0  0.2   2940  1088 ?        Ss   11:16   0:00 avahi-daemon: r                                                                                        unning [pc-laptop.local] 
root      6653  0.0  0.2  23960  1264 pts/0    S+   14:01   0:02 apt-get install                                                                                         libc6 
root      9445  0.3  1.9  15300  9832 ?        S    16:27   0:00 /usr/bin/python                                                                                         /usr/sbin/aptd
pc       9489  0.0  0.1   3040   864 pts/1    S+   16:28   0:00 grep --color=au      

diatas merupakan proses-proses yang terdapat pada komputer yang sedang saya kerjakan, kebetulan saya sedang menjalankan apt-get alias saya mencoba untuk menginstall sebuah aplikasi kedalam komputer saya, dan pada tengah jalan komputer saya mengalami permasalahan yang menyebabkan terjadi permasalahan ini. 

untuk mematikan proses yang berjalan saya mengetik-kan perintah sebagai berikut ini.

$ sudo kill 6653

keterangan di atas adalah saya ingin mematikan proses apt-get install dengan nomor proses 6653 jadi saya memerintahkan komputer saya untuk mematikan proses tersebut dengan perintah kill. Setelah perintah tersebut dikerjakan oleh komputer saya dan berhasil maka saya dapat melakukan perintah apt-get install kembali.

Kemungkinan artikel saya kali ini sangat membingungkan bagi Anda, kebetulan juga saya lagi bingung juga ingin menulis artikel apa jadi se-jadinya saya membuat artikel ini. jika anda mengalami kesulitan dalam mencerna artikel ini anda bisa memberikan komentar dibawah artikel ini, dan semoga artikel yang saya tulis dengan hati yang sedang gundah ini dapat membantu rekan-rekan sekalian dalam mengatasi permasalahan yang rekan-rekan hadapi sekarang ini heehe.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara mengatasi error lock the administration directory pada /var/lib/dpkg/ di ubuntu"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel