Alasan Kenapa Kapasitas Kartu Memori MicroSD Dan Flasdisk Berbeda Dari Kemasan


Alasan Kenapa Kapasitas Kartu Memori MicroSD Dan Flasdisk Berbeda Dari Kemasan - Flashdisk dan Memori Card sekarang ini merupakan sebuah barang yang tidak asing lagi bagi pengguna handphone ataupun para pengguna komputer.

Alasan Kenapa Kapasitas Kartu Memori MicroSD Dan Flasdisk Berbeda Dari Kemasan

Biasanya sebuah flashdisk dan kartu memori bisa kita pergunakan untuk menyimpan data penting dan foto dalam jumlah yang banyak sehingga kita bisa membawa ke mana saja foto dan juga data tersebut dan membukanya di tempat yang membutuhkan.

Sekarang ini flashdisk dan juga memory card saat ini sudah banyak yang memiliki kapasitas yang jauh lebih besar. Contoh saja sekarang sudah ada microSD dan juga flashdisk yang memiliki kapasitas 32Gb atau 64Gb.

Dengan kapasitas sebesar itu kita bisa menyimpan banyak data dan juga foto dalam jumlah ratusan bahkan ribuan. Kita juga bisa menggunakan microSD dalam jumlah yang cukup besar sehingga bisa kita gunakan untuk menyimpan banyak foto dan juga video.

Baca Juga 

Namun ada kalanya kita merasa kenapa ukuran kapasitas microSD dan juga flashdisk kita berbeda dengan ukuran yang ada di dalam kemasan yang kita beli. 

Misalnya saat kita membeli MicroSD dan flashdisk dengan kapasitas 32 Gb namun yang kita dapatkan malah kepasitas penyimpanan dengan ukuran kurang dari 32 Gb yaitu sebesar 29 Gb saja yang kita dapatkan.

Sebelum kamu mengaggap flasdisk atau microSD yang sudah kamu beli itu merupakan barang palsu lebih baik kamu menyimak sedikit penjelasan kenapa kapasitas flashdisk dan microsd yang kamu dapatkan berbeda dengan yang ada di dalam kemasan.

Ternyata saat kita membeli sebuah flashdisk atau media penyimpanan lainnya kita mendapatkan kapasitas yang tidak sesuai dengan kenyataan seperti saat kita membeli flashdisk dengan kapasitas 32 GB ternyata kita dapat hanya 29 Gb terus yang 3 Gb itu kemana??????

Dari pada kamu penasaran newbie akan memberikan penjelasannya sedikit.

Untuk langkah awal kita harus menerima kenyataan jika kapasitas flashdisk yang kita beli tidak akan sama dengan yang ada di kemasan kenapa karena pemahaman komputer dengan kita berbeda.

Seperti jika kita menganggap 1 KB adalah 1000 bit, 1 MB adalah 1000 KB atau 1 gb adalah 1000 MB namun tidak demikian dengan sebuah perangkat komputer. Komputer membaca memori dalam hitungan biner yang dimana 1 KM adalah 1024 bit, 1 MB adalah 1024 KB dan 1 GB adalah 1024 MB

Kita ambil sebuah contoh sebuah microsd dengan kapasitas 32 GB yang mendapatkan banyak komplainan karena kapasitas yang di dapat tidak sebesar itu.

Jadi jika kita memiliki flashdisk 32 GB maka kita hitung dengan hitungan = 32 x 1024 x 1024 x 1024 = 34.359.738.368 bit

Baca Juga 

Namun kita tidak mendapatkan angka tersebut nah selisihnya dinama kita coba hitung dengan seksama 32.000.000.000 - 34.359.738.368 = 2.359.738.368

Nah ketemu dah angka yang kita dapatkan adalah 2.359.738.368 dan jika kita bulatkan akan mendapat angka 3 GB

Jadi jika kita membeli flashdisk atau kartu memori MicroSD dengan kapasitas 32 Gb kita akan mendapatkan selisih 3 Gb dan angka yang terbaca adalah 29 Gb

Nah ketemukan akhirnya misteri alamsemesta sudah kita pecahkan selamat deh.

Lalu kemana sisanya. Sisanya digunakan oleh sistem untuk digunakan sebagai sistem penyimpanan sementara pada saat kita memindahkan data yang ada di komputer.

Nah sekian dulu ya artikel kali ini dengan judul Alasan Kenapa Kapasitas Kartu Memori MicroSD Dan Flasdisk Berbeda Dari Kemasan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan newbie

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan Kenapa Kapasitas Kartu Memori MicroSD Dan Flasdisk Berbeda Dari Kemasan"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya