Cara Mematikan AutoRun / AutoPlay Untuk Mencegah Virus Masuk Ke Windows Anda


Cara Mematikan AutoRun / AutoPlay Untuk Mencegah Virus Masuk Ke OS Windows - Pernahkan anda bertanya darimana virus komputer yang berbahaya masuk ke komputer/laptop kesayangan anda?

Jika anda pengguna setia sistem operasi windows dari windows 7, windows 8.1 dan sekarang windows sudah masuk ke seri windows 10 (windows 9nya kemana ya kira-kira, ada yang tau?). Pasti sudah sering mengalamai dimana komputer atau laptop kesayangan kita tanpa diketahui telah terjangkit virus yang berbahaya.

Jika virus tersebut bekerja dan hanya menyembunyikan data kita saja itu tidak masalah, namun bagaimana jika virus tersebut ternyata bekerja dan menghapus data-data penting kita yang ada pada komputer atau laptop kesayangan kita. Wah itu pasti masalah bukan.....

Cumakan komputer saya telah saya pasang dengan banyak anti virus. Masak masih bisa terkena virus?

Baca : 

Pertanyaannya sekarang adalah apakah anda selalu rajin mengupdate data base anti virus anda?

Jika anda mempergunakan internet yang unlimited mungkin anda tidak akan mengalami masalah untuk selalu mengupdate database dari anti virus yang ada pada komputer atau laptop anda. Namun bagaimana jika anda hanya memiliki fasilitas internet dengan paket kuota yang terbatas.

Nah pasti jalan satu-satunya kita harus mencari jalan lain untuk mencegah virus komputer yang banyak bertebaran masuk ke komputer kita ya kan.

Nah salah satu jalan masuk virus komputer memasuki komputer kita adalah dengan cara masuk melalui media USB atau yang lebih kita kenal dengan flashdisk.

Bisa saja kita mematikan port usb tersebut agar virus tidak masuk ke komputer kita. Namun bagaimana jika kita memerlukan data dan data tersebut hanya ada pada flashdisk dan tidak dapat di pindahkan dari media lainnya.

Cara satu-satunya adalah mencegah virus komputer masuk ke komputer kita adalah dengan mematikan atau menonaktifkan fasilitas autorun / autoplay yang terdapat pada komputer/laptop yang kita miliki.

Cara Menonaktifkan fasilitas Autorun/Autoplay pada windows 8 /windows 10

Nah pada artikel saya kali ini saya akan menjelaskan bagaimana menonaktifkan atau mematikan fasilitas autorun atau autoplay yang ada pada sistem operasi windows yang kita miliki. Namun pada kesempatan kali ini saya mempergunakan sistem operasi windows 8 dan cara ini juga dapat dipergunakan juga jika kita mempergunakan sistem operasi windows 10. dan berikut ini langkah-langkahnya

Silahkan masuk ke start pada sistem operasi windows yang anda miliki atau kita dapat menekan tombil kombinasi "windows+w" secara bersamaan untuk membuka kotak pencarian setting dan kita dapat mengetikkan "autoplay".

Cara Mematikan AutoRun / AutoPlay Untuk Mencegah Virus Masuk Ke Windows Anda
Klik pada icon auto play yang ada pada layan komputer kita.

Cara Mematikan AutoRun / AutoPlay Untuk Mencegah Virus Masuk Ke Windows Anda
Selanjutnya hapus centang yang ada pada "Use AutoPlay for all media and devices" lalu tahap selanjutnya tekan tombol save untuk menyimpan settingan milik kita tersebut.

Cara Mematikan AutoRun / AutoPlay Untuk Mencegah Virus Masuk Ke Windows Anda

Baca : 

Cara mematikan autorun atau autoplay pada windows 7

Jika kita mempergunakan windows 7 maka kita dapat mengetikkan "autoplay" pada search yang anda pada jika kita menekan tombol start (tombol windows) - ketik autoplay. seperti gambar dibawah ini.

Cara Mematikan AutoRun / AutoPlay Untuk Mencegah Virus Masuk Ke Windows Anda

Cara mematikan fitur autorun / autoplay dari registri windows

Nah cara berikutnya merupakan cara kita mematikan fitur autorun/autoplay pada sistem operasi windows dengan langsung mematikannya dari registri milik windows sendiri. Cara ini sangat berbahya jika kita tidak berpengalaman dalam mempergunakan fasilitas ini jadi saya sarankan anda untuk membackup registri dari windows milik anda terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan yang satu ini.

Untuk mematikan fitur autorun/autoplay pada sistem operasi windows milik anda dari sistem registri maka kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik start atau gambar windows lalu ketikkan "regedit"
  • Jika anda mendapatkan peringatan maka anda dapat mengklik yas untuk segera membukanya
  • Mauk ke "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows
  • \CurrentVersion\Policies\Explorer"
  • Jika folder di atas tidak ada maka kita dapat membuat folder tersebut.
  • Pada panel sebelah kanan selanjutnya kita dapat membuat DWORD baru jika DWORD dengan nama NoDriveTypeAutorun  tidak ada, Lalu kita dapat mengisinya dengan value sebagai berikut


Cara Mematikan AutoRun / AutoPlay Untuk Mencegah Virus Masuk Ke Windows Anda


  1. 1 drives of unknown type
  2. 4 removable drives
  3. 8 fixed drives
  4. 10 network drives
  5. 20 CD-ROM drives
  6. 40 RAM disks
  7. 80 drives of unknown type
  8. FF all kinds of drives

  • Selanjutnya simpan dan restart komputer yang kita miliki.


Jika berhasil maka jika setiap falsdisk atau media penyimpanan lainnya masuk ke komputer kita melalui media USB port, Maka secara otomatis fasilitas autorun / autoplay tidak akan berjalan dan ada kemungkinan virus komputer yang berada pada flasdisk tidak akan menjangkit ke komputer ke sistem operasi pada komputer milik kita.

Nah cukup sekian dulu tutorial terbaru mengenai Cara Mematikan AutoRun / AutoPlay Untuk Mencegah Virus Masuk Ke Windows Anda. Semoga artikel pada blog saya dengan nama tutorial ngeblog terbaru di www.nbcdns.com ini dapat membantu rekan-rekan sekalian. Salam dan terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mematikan AutoRun / AutoPlay Untuk Mencegah Virus Masuk Ke Windows Anda"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya