-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Cara Membuat Tooltip Terbaru Pada VB.NET Dengan Mudah

Tooltip pada aplikasi pemrograman vb.net, merupakan sebuah menu yang ada pada toolsbox visual basic .net(VB.NET) yang dapat kita pergunakan untuk menampilkan text yang digunakan untuk memberitahukan user pada saat crusor dari mouse menyentuh  textbox atau tombol yang memang kita sediakan pada saat kita membuat aplikasi yang di inginkan. dengan cara terbaru yang lebih mudah ini kita dapat membuat tooltip yang sederhana dan membuat aplikasi yang kita buat akan terlihat lebih profesional di mata para client kita, dan dapat mempermudah user yang mempergunakan aplikasi yang kita buat untuk dapat mempergunakan aplikasi tersebut dengan baik dan benar.

Langkah awal

Untuk cara membuat tooltip terbaru ini kita terlebih dahulu harus membuat projek baru yang namanya anda dapat menentukannya sendiri. atau anda dapat membuat sesuai dengan bentuk gambar yang ada pada artikel saya ini.

Cara Membuat Tooltip Terbaru Pada VB.NET
cara pasang tooltip pada vb.net
Silahkan tambahkan tombol button yang di perlukan pada aplikasi yang hendak kita buat ini sesuai dengan keinginan kita.

Cara memasang tooltip

Langkah selanjutnya kita akan mempergunakan tooltip untuk menambahkan pemberitahuan kepada user agar user tersebut dapat dengan mudah mengetahui kegunaan dari tombol-tombol yang kita pergunakan tersebut.

Cara Membuat Tooltip Terbaru Pada VB.NET
cara memakai tooltip vb.net


  1. Tarik tooltip yang ada pada bagian toolbox ke dalam layar dari aplikasi pemrograman vb.net yang telah kita buat sebelumnya hingga ada menu tooltip berada pada bawah aplikasi yang telah kita buat tersebut.
  2. Setelah kita drag and drop tooltip yang berada pada menu toolbox tersebut kita dapat melakukan setting seperlunya pada bagian tooltip tersebut.
  3. Arahkan crusor mouse anda ke tombol jabatan hingga Propertis dari tombol jabatan tersebut terbuka seperti pada gambar pada nomor 4
  4. Tarik ke bagian akhir dari propertis tersebut dan kita akan melihat tooltip on tooltip1. Isikan pada form di sebelah nya dengan kata-kata yang ingin kita berikan kepada user yang mempergunakan aplikasi kita.
Coba jalankan aplikasi yang telah anda buat tadi dengan menekan tombol run lalu arahkan crusor mouse kita ke tombol jabatan yang telah kita berikan tooltip. maka pada tombol tersebut akan ada layar yaitu tooltip yang berisi kata yang telah kita masukkan sebelumnya pada bagian tooltip on tooltip1 sebelumnya.

Cukup mudah bukan cara memasang tooltip ini pada aplikasi yang kita buat dengan mempergunakan bahasa pemrograman visual basic .net ini. Saya kira cukup sekian dulu tips and trik mempergunakan vb.netnya semoga artikel yang saya tulis ini dapat berguna bagi rekan-rekan sekalian yang sedang belajar bahasa pemrograman visual basic .net ini. cukup sekian dan terimakasih.

Video tutorial cara membuat tooltip pada visual basic .net https://youtu.be/o8S7UdSawJs

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Tooltip Terbaru Pada VB.NET Dengan Mudah"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel