-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Bahaya Disallow M=1 Dan M=0 Pada Robots.txt Atau Algoritma Google Mobile Tidak Akan Merayapi Blog Versi Mobile Anda

Baru-baru ini blog yang saya kelola ini mendapatkan email cinta dari google, waktu itu saya mengharapkan mendapatkan email dari google adsense, namun bukan email dari google adsense yang saya terima melainkan email yang menyatakan bahwa Googlebot for smartphones cannot access http://www.nbcdns.com/ yang artinya robot google untuk smartphone tidak dapat merayapi website saya yang untuk versi mobile T_T waduh bukan email dari google adsense kok malah email yang kayak gini ya.

email googlebot for smartphone
Waduh pas mendapatkan email seperti ini di google saya kebingungan, kira-kira cara untuk memperbaiki hal ini seperti bagaimana caranya.Namun sebelum saya memberitahukan cara untuk memperbaiki hal seperti ini saya akan sedikit menceritakan dampak dari kita mendisalow m=1 dan m=0. 

Bagi kita yang menginginkan blog atau website kita lebih seo friendly, maka banyak di antara kita membuat robots.txt yang ada pada website kita atau blog kita tersebut dengan settingan untuk mendiaslow m=1 dan m=0, hal ini memang dulu baik untuk di terapkan pada blog kita dengan tujuan agar tidak ada duplikat conten pada blog kita, namun dengan adanya algoritma baru dari google maka hal ini sudah tidak dapat diterapkan lagi. Jika hal tersebut masih anda terapkan maka google akan mengirimkan email surat dimana robot dari google tidak dapat mendeteksi website versi mobile anda.

Banyak kerugian yang akan kita dapatkan jika situs atau blog yang kita kelola tidak mendukung fitur mobile friendly yang nantinya akan diditeksi oleh robot dari google, ada kemungkinan situs yang kita kelola atau blog tersebut akan turun peringkat dari hasil pencarian yang telah ada sekarang atau mungkin blog kita tidak akan diditeksi oleh mesin pencari google, jadi sebaiknya kita dapat mempergunakan settingan blog atau situs yang kita kelola tersebut menjadi lebih mobile friendly.

Dampak dari menggunakan settingan ini

Blog kita tidak mobile friendly

Blog kita tidak akan diditeksi mobile friendly oleh robot google dikarenakan settingan tersebut mencegah robot google untuk mendeteksi setting dari mobile friendly blog anda. Untuk melakukan pengecekan kita dapat mengunjungi salah satu tools dari google yang dapat mendeteksi apakah situs kita mobile friendly atau tidak dengan mengunjungi alamat dibawah ini
https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/
Coba cek situs anda di sana apakah sudah mobile friendly atau belum. Jika situs anda belum mobile friendly maka kita tidak akan mendapatkan peringatan jika blog kita tidak mobile friendly, namun jika blog kita sudah mobile friendly maka kita akan mendapatkan pesan seperti dibawah ini.

www.nbcdns.com mobile

Hilangnya meta deskripsi artikel di pencarian mobile 

Hilangnya meta deskripsi artikel kita pada pencarian mobile dari handphone kita dikarenakan setingan dari robots.txt kita mencekal bot dari google untuk merayapi situ kita. nah biasanya jika kita masih menerapkan settingan seperti ini pada blog kita maka pada deskripsi situs kita pada pencarian mobile akan mendapatkan pesan  "Deskripsi untuk hasil ini tidak tersedia karena robots.txt situs tersebut".

Meta deskripsi ini sangat diperlukan sebagai cuplikan untuk halaman atau postingan blog atau situs kita pada page google. dengan kata-kata pada meta deskripsi tersebut yang nantinya akan ditebalkan dan akan muncul pada saat pencarian pada google. Hal ini memberikan petunjuk pada mesin pencari google dan membuktikan bahwa situs yang kita kelola relevan termasuk dengan deksripsi yang kita pergunakan, dan jika deskripsi tersebut hilang, maka akan dipandang buruk oleh search engine google.

Dapat menurunkan peringkat kita

Nah dengan adanya algoritma baru dari google yaitu mobilegeddon, maka setiap blog atau situs yang ada sekarang diwajibkan sudah harus mobile friendly. jika tidak maka situs kita akan terdepak dari mesin pencari google tersebut. Jika hal ini diteruskan sudah dipastikan peringkat yang sudah kita perjuangkan dengan niat dan tekat kita tersebut akan hilang dan tergantikan oleh situs yang sudah mempergunakan settingan situs yang mobile friendly.

Cara mengatasinya

Nah pernahkah kita mempergunakan settingan robots.txt kita seperti yang pernah saya sampaikan pada postingan saya sebelumnya yaitu Setting Robots.txt Khusus Blogger Dan Penjelasannya dimana pada postingan saya tersebut ada salah satu settingan dimana saya memblok mesin pencari google untuk merayapi situs saya yang versi mobile dengan tujuan untuk mencegah duplikasi konten. seperti inilah settingannya
User-agent: Mediapartners-Google

Disallow:

User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0
Disallow: /*/*/*.html?showComment=*
User-agent:*
Allow: /
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0
Disallow: /*/*/*.html?showComment=*
Sitemap: https://webanda/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
Nah jika anda mempergunakan settingan tersebut pada blog atau situs anda, maka saya sarankan untuk merubah-nya menjadi seperti pada settingan blog saya berikut ini.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Pada settingan robots.txt tersebut kita membolehkan robot dari google untuk mendeteksi seluruh isi konten yang ada pada blog atau situs yang kita kelola, dengan begini situs kita tidak akan mendapatkan email cinta selain email dari google adsense yang memberitahukan bahwa blog anda sudah diterima sepenuhnya oleh google adsense tersebut hehehehe T_T.

Nah jika sudah dirubah maka kita dapat melakukan pengecekan melalui alat yang sudah saya sampaikan pada awal tadi yang kita dapat pergunakan untuk mengecek apakah website atau blog kita sudah mobile friendly atau belum. Jika kita mendapatkan pembertahuan pada saat kita melakukan tes pada blog kita yang menyatakan bawah blog yang kita kelola sudah mobil friendly maka settingan kita pada blog yang kita kelola sudah benar dan berhasil.

Nah cukup sekian dulu penjelasan saya mengenai Bahayanya mendisallow M=1 dan M=0 pada setingan robos.txt dari blog atau situs kita, semoga artikel yang saya telah sampaikan ini dapat bermanfaat khususnya bagi rekan-rekan sekalian yang memang menyukai dunia blog ini. Sekian dulu dan selamat hari minggu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bahaya Disallow M=1 Dan M=0 Pada Robots.txt Atau Algoritma Google Mobile Tidak Akan Merayapi Blog Versi Mobile Anda"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel