-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

5 Cara Bergabung Ke MetaVerse

Metaverse merupakan istilah dimana kamu bisa bermain dan bisa melakukan segala macam aktivitas di dunia metaverse layaknya di kehidupan nyata dengan menggunakan teknologi canggih.

5 Cara Bergabung Ke MetaVerse

Nama Metaverse mulai banyak di kenal orang banyak setelah Mark Zuckerberg mengumumkan nama perusahaan facebook berubah menjadi Meta yang terinspirasi dari nama jagal semesta maya baru.

Apa itu metaverse?

Bagaimana cara kerja Metaverse?

Dan apa saja contoh-contohnya?

Lalu apakah dengan adanya Metaverse, dunia teknologi akan semakin maju menuju puncak kejayaan?

Apa itu Metaverse?

Metaverse adalah dunia komunitas virtual yang di bangung saling terhubung satu sama lain, Dimana orang yang ada di metaverse bisa bertemu, bekerja, dan bermain. Bahkan di dunai metaverse kamu juga bisa melakukan transaksi jual-beli seperti yang ada di dunai nyata. 


Hal ini bisa terjadi berkat bantuan teknologi Augmented reality (AR) dan virtual reality (VR)

Metaverse sendiri sudah sering kita lihat di beberapa film yang sudah tayang di dunia, salah satu film yang kita kenal adalah Ready Player One.

Konsep dunia semacam ini sebenarnya bukan hal baru karena dengan muncul dan berkembangnya Internet dari tahun 1990an, beragam komunitas online bermunculan melalui beberapa platform media sosial yang eksis saat itu, contohnya itu yahoo messenger yang disini kita bisa chat sambil bermain.

Semakin berkembangnya internet yang semakin pesat sehingga bermunculan berbagai game-game berbasis dunia virtual, salah satunya yang pertama kali muncul adalah World of Warcraft yang berjawa di tahun 2000an sampai sekarang ini.

Saat ini, dunai virual semakin besar dan menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan manusia, mulai dari belanja online dari situs-situs e-commerce, membuat karya seni, bahkan hingga kamu bisa menonton konser secara virtual.

Di dunia virtual online sendiri mulai muncul teknologi yang menggabungkan augmented reality, virtual reality, avatas holografik 3D, dan sarana komunikasi lainnya.

Hal ini yang bisa membuat metaverse akan memasukkan seluruh unsur kehidupan manusia kedalam dunia internet.

Di sini kamu bisa belanja, liburan, membeli baju, hingga media sosial. Semua ini akan di satukan ke dalam metaverse yang membuat kamu bisa menjalani rutinitas virtual seperti di kehidupan kamu sehari-hari.

Cara Kerja Metaverse Crypto?

Seperti pada penjelasan di atas, cara kerja metaverse sama seperti masuk ke dunia virtual seperti di dalam anime summer war.

Kamu bisa menemukan banyak sekali unsur kehidupan yang sama persi seperti di dunia nyata.

Semua ini di dukung oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih, terutama pada jaringan internet yang semakin cepat dan juga semakin kompleks dari tahun ke tahun.

Tentu saja karena namanya juga dunia virtual, metaverse takkan penah bisa lepas dari internet sebagai akses utamanya.

Cara kerja metaverse didukung perangkat yang sangat mempuni, yakni headphone/headset dan kacamata AR atau VR.

Mengingat metaverse sepenuhnya menggunakan dunia AR dan 3 dimensi sehingga keberadaan perangkat ini adalah sebuah kewajiban mutlak jika ingin eksis di metaverse.

Tidak hanya itu, nantinya di ramalkan jika aneka produk yang mendukung augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) akan semakin banyak berada di pasaran, contoh seperti sarung tangan VR, kacamata VR dengan teknologi tinggi, sampai perangkat lunaknya.

Cara Masuk ke Metaverse

Penasaran bagaimana cara untuk masuk kedunia metaverse? Dengan sedikit penjelasan di atas pasti kamu ada yang penasaran.

Newbie akan memberikan kamu beberapa langkah cara masuk ke ke metaverse di bawah ini

  • Pilih platform untuk masuk ke platform metaverse
  • Pastikan kamu sudah menyiapkan headphone/headset dan juga kacamata VR
  • Daftar untuk masuk ke platform metaverse
  • Masuk kedunia metaverse

Untuk cara masuk ke dunia metaverse kamu cukup 4 langkah di atas dan kamu sudah siap untuk menjalani kehidupan virtual yang terasa nyata.

Metaverse dan ekonomi virtual

Pertumbuhan metaverse yang semakin besar saat ini sudah di lirik oleh pra investor yang sejak awal tertarik untuk melakukan investasi aset dalam jumlah yang cukup besar.

Secara khusus nantinya cryptocurrency dan non-fungible token (NFT) akan di klim bakal menjadi salah satu alat pembayaran bagi orang-orang di masa depan.

Hal ini bisa membuat orang-orang tidak akan lagi melakukan pembayaran menggunakan uang konvensional yang berbeda antar negara dan sering memiliki kurs yang berbeda.

Kemungkinan di metaverse, orang-orang akan sibuk untuk membeli baju-baju terbaik untuk setiap karakter avatar yang ada di dunia maya, atau memilih dekorasi unik di rumah virtual.

Hal ini yang akan membuat prosepek metaverse akan nampak menjanjikan di masa depan. Harapannya, nantinya umat manusia takkan lagi terpisahkan oleh jarak. Sebaliknya, nanti semua akan menyatu dalam satu semesta.

Cara bergabung ke metaverse

Metaverse sendiri terbagi menjadi dua jenis yang semuanya bisa kita temukan dan ada di sekitar kita. Yang pertama adalah metaverse yang memungkinkan seseorang untuk membangung lingkungannya dari tingkat dasar atau 0

Metaverse jenis ini menggunakan sistem ekonomi virtual yang belakangan ini sudah terintergrasi dengan baik, yakni cryptocurrency dan non-fungible token (NFT).

Saat ini cukup banyak pengguna NFT yang menggunakan platform Decentrealand dan juga The Sandbox sebagai wadah untuk berkereasi sekaligus untuk menjual karya seni mereka kepada pembeli virtual.

Metaverse yang kedua adalah metaverse yang lebih mudah di temukan. Hal itu disebabkan konsepnya yang sudah tertanan di berbagai jenis game online, seperti Roblox, Animal Crossing, bahkan Fortnite.

Meskipun para developer tidak mendefinisikan game garapan mereka sebagai metaverse, tapi mereka menggunakan prinsip-prinsip yang sama persis seperti yang ada di dalam metaverse.

Hal ini karena di dalam game ini kamu bisa bertemu dan beraktivitas bersama dalam game hingga melakukan transaksi jual beli secara virtual.

Decentraland

Detentraland adalah game blockchain pertama yang sukses menunjukkan potensi NFT dan mata uang kripto sebagai salah satu penggerak ekonomi dalam permainan game.

Game ini menawarkan dua virtual yang bisa di huni dan dikembangkan oleh para pemain game online ini.

The Sandbox

Game metaverse dari The Sandbox memungkinkan pemain untuk membeli tanah, membangun gedung di atasnya dan menjualnya melalui marketplace NFT. 

Bahkan kamu di dalam game bisa kamu gunakan untuk merancang game kamu sendiri.

Axie Infinity

Axie infinity adalah satu satu peloper game metaverse dengan popularitas terbesar saat ini. Game NFT yang di kembangkan oleh para developer asal negara Vietnam akan mengajak kamu untuk mengumpulkan peliharaan dan mengembang biakkan monster bernama Axie. Nah, Axie ini bisa di jual dengan harga yang cukup mahal dalam bentuk NFT.

Illuvium

Illuvium sendiri adalah game RPG open-world tentang alien yang di sebut Illuvials. Di dalam metaverse ini kamu bisa mengumpulkan, menggabungkan, dan melakukan pertarungan untuk mendapatkan token ILV atau bahkan NFT jika kamu beruntung.

SecondLive

Game SecondLive menghadirkan metaverse yang di kemas layaknya sebuah convention. Kamu bisa melihat berbagai komunitas dan platform kripto, serta kamu bisa bertemu dengan para pemain lain secara virtual.

Di atas merupakan cara agar kamu bisa bergabung dan juga bermain ke dalam dunia metaverse.

Sekian dulu tutorial newbie kali ini dengan judul 5 Cara Bergabung Ke MetaVerse

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Bergabung Ke MetaVerse"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel