Cara Membuat Wireless Bridge Dengan Router TP-LINK

Wireless Distribution System atau yang lebih kita kenal dengan singkatan WDS ini, merupakan sebuah sistem yang dapat menghubungkan kedua buah koneksi wireless tanpa memerlukan koneksi dengan mempergunakan kabel backbone, sistem ini sudah diperkenalkan pada sistem access poin IEEE 802.11. Dengan kita mempergunakan sistem ini, kita sebagai seorang administrator jaringan dapat dengan mudah memperluas area terjangkau nya jaringan kita tanpa perlu kita menarik-narik kabel jaringan lagi.

Kemudahan yang didapatkan

Dengan mempergunakan sistem ini, kita dapat memperluas koneksi jaringan kita tanpa harus mempergunakan kabel jaringan sebagai sebuah backbone. Sistem ini cukup mudah untuk di pergunakan kita hanya memerlukan 2 buah atau lebih access poin dan access point tersebut dapat kita hubungkan dengan mempergunakan koneksi wireless atau wifi agar jaringan kita dapat terhubung dan ter koneksi dengan baik.

Sistem ini dipergunakan

Sistem ini dapat kita pergunakan untuk menghubungkan jaringan kita yang kemungkinan terpisah dengan jarak, seperti antara gedung utama dengan gedung lain yang berjarak bersebelahan namun memerlukan kabel jaringan yang sangat panjang untuk dapat menjangkau lantai yang ada. dengan mempergunakan sistem ini kita dapat dengan mudah menghubungkan jaringan tersebut tanpa harus mempergunakan kabel jaringan sebagai medianya.

Alat yang diperlukan

Untuk dapat mempraktekkan sistem ini, kita memang memerlukan beberpa alat, dan nantinya alat tersebut dapat kita pergunakan untuk menghubungkan jaringan kita yang terhubung dengan internet dengan jaringan kita yang lain yang hanya terhubung dengan wireless atau wifi.

Koneksi Internet

Jelas ini penting, bukan hanya untuk hiburan tapi juga untuk mempraktekkan apakah jaringan kita telah terhubung atau belum (hehehehe )

2 buah Access Poin atau Router AP

Untuk menghubungkan kedua buah jaringan kita memerlukan AP atau access poin atau kita dapat mempergunakan Router wifi.

Kopi

Kopi kita pergunakan jika kita mengalami kebosanan yang luar biasa dalam membaca artikel saya ini hehehe

Jika semua hal di atas sudah tersedia maka selanjutnya kita dapat mempraktekan bagaimana cara menghubungkan kedua buah access poin kedalam 1 jaringan dengan mempergunakan koneksi wireless atau wifi

Cara kita mengejakan

Sebelumnya mungkin ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu gambar dibawah ini untuk lebih mudah kita dalam memahami apa yang akan kita kerjakan.
Pada gambar diatas saya akan menghubungkan kedua buah router TP-Link seperti gambar di atas dan saya berencana untuk membuat jembatan atau bridge dengan mempergunakan koneksi wireless, dalam mencoba hal ini saya telah mempergunakan router yang berbeda yaitu deliberant dan juga router cisco, dan yang harus kita perhatikan adalah router ke 2 kita atau router dengan ip address 192.168.1.2 tersebut memiliki fasilitas WDS pada sistem nya. untuk sistem WDS router TP-LINK telah memilikinya pada sistem mereka.

Sebagai contoh disini saya mempergunakan 2 buah AP dari TP-Link yaitu TD-8960N yang terhubung dengan internet dan TL-WR741ND. Pada Router pertama yaitu TD-W8960N kita setting chanel yang kita akan pergunakan, disini saya mempergunakan Chanel 1 dan kita dapat mensettingnya dengan masuk ke halaman management pada TP-LINK TD-W8960N dan masuk ke Wireless -> Advanced untuk merubah chanel dari access poin kita tersebut lalu tekan save.

Tahap selanjutnya kita dapat masuk ke Wireless -> Security lakukan setting keamanan yang dibutuhkan seperti gambar berikut ini


Nah selesai sudah konfigurasi yang kita lakukan pada access point TD-W8960N, namun setiingan kita masih berlanjut, selanjutnya kita akan melakukan setting pada AP TL-WR741ND yang kita hubungkan dengan AP TD-W8960N dengan mempergunakan media wireless bridge.

Sebelumnya kita akan mengakses terlebih dahulu halaman management dari TL-WR741ND, lalu kita masuk ke menu DHCP server dan kita akan mendisablekan fasilitas DHCP server tersebut. Hal ini kita lakukan dikarenakan fasilitas DHCP server sudah ada pada access point TD-W8960N, jika kita sudah mendisable fasilitas DHCP server tersebut pada tahap selanjutnya kita akan melakukan save untuk menyimpan setingan kita tersebut, dan jika router atau ap yang kita pergunakan meminta kita untuk mereboot router atau ap kita tersebut maka kita dapat melakukannya.


Pada tahap berikutnya kita masuk ke menu Wireless -> Wireless Settings pilih chanel yang sama dengan AP TD-W8960N yaitu chanel 1 dan kita aktifkan pilihan pada Enable WDS lalu kita dapat mencari AP TD-W8960N dengan menekan tombol search atau survey yang ada seperti gambar berikut ini.


Kita pilih Bssid yang sesuai dengan AP  TD-W8960N lalu tekan tombol connect untuk menghubungkan kedua buah AP kita tersebut, kita pilih key type dan masukkan password yang sesuai dengan yang kita masukkan pada AP  TD-W8960N sebelumnya.

Pada tahap terakhir yang perlu kita lakukan adalah merubah ip dari AP TL-WR741ND dengan ip yang kita pergunakan dengan menekan tombol Network -> LAN


Jika sudah kita setting ip tersebut selanjutnya kita diharuskan untuk mereboot AP TL-WR741ND untuk menyimpan settingan kita yang telah kita masukkan pada router TP-LINK tersebut.

Cara cek kita sudah terkoneksi

Kita dapat melakukan pengecekan untuk dapat mengetahui apakah settingan kita berhasil atau tidak, kita dapat melakukan PING pada Kedua buah AP pada fasilitas CMD yang ada pada komputer kita masing-masing dan melakukan ping kepada kedua buah AP yang telah kita setting tersebut.


Nah dengan begini berarti settingan kita telah berhasil dan sekarang kedua buah router atau ap tersebut telah berhasil terhubung dengan mempergunakan wireless bridge atau dengan mempergunakan Wireless Distribution System atau lebih kita kenal dengan singkatan WDS.

Sampai disini dulu penjelasan saya mengenai bagaimana cara kita dapat menghubungkan 2 buah router atau AP dengan fasilitas wireless bridge dan tanpa harus kita menarik-narik kabel yang panjang hanya untuk dapat menghubungkan jaringan kita dari tempat yang satu ke tempat yang lain, dengan mempergunakan fasilitas wireless bridge kita dapat menghemat tenaga dan juga biaya kita. sekian dan salam newbie code news



Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Membuat Wireless Bridge Dengan Router TP-LINK"

  1. Good artcile, but it would be better if in future you can share more about this subject. Keep posting. Best wireless router

    ReplyDelete
  2. gan saya ngubungin tiga router di rumah, satu router zte(indihome) dua lagi tp-link yang saya beli. nah setelah saya sambungin semua berhasil gan wifi dan LAN di tp-link bisa tapi kok di router zte(indihome) cuman bisa wifi gan, sedangkan LAN nya malah RTO.. mohon bantuan nya gan

    ReplyDelete

Jangan lupa komentar ya